PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) PADA MATA PELAJARAN DASAR – DASAR MANAJEMEN PERKANTORAN DAN LAYANAN BISNIS BERBASIS KONTEKSTUAL

Putri Sefi Anggraini, Meylia Elizabeth Ranu

Sari


Peningkatan kualitas pendidikan bertujuan menciptakan sumber daya manusia yang unggul dan mampu bersaing di abad ke-21. Kurikulum "Merdeka Belajar" hadir sebagai solusi untuk menghadapi persaingan ini, dengan dukungan bahan ajar yang efektif seperti buku ajar, modul, dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), baik cetak maupun elektronik, untuk meningkatkan keterampilan dan kemampuan abad ke-21 dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) pada mata pelajaran Dasar-Dasar Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis berbasis kontekstual untuk meningkatkan keterampilan dan kemampuan abad ke-21. Dengan menggunakan model pengembangan dari Thiagarajan et al. (1974), penelitian dilakukan terhadap siswa kelas X-MPLB 1 di SMK Negeri Mojoagung. Instrumen yang digunakan meliputi lembar telaah dan validasi ahli, lembar respon siswa, serta lembar soal pretest dan posttest. Hasil analisis menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan sangat layak menurut para ahli dengan nilai validasi 91,87%, respon siswa juga sangat baik dengan nilai 95,84%, dan uji efektivitas menunjukkan nilai N-Gain 0,79 yang masuk kategori efektivitas tinggi. Dengan demikian, LKPD ini dinyatakan layak dan efektif sebagai bahan ajar untuk mata pelajaran tersebut.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Etistika Y W, Dwi A S, & Amat N. (2016). Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan.

Jurnal Pendidikan, 1, 263–278. http://repository.unikama.ac.id/840/32/263-278 Transformasi

Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia di Era Global

.pdf. diakses pada; hari/tgl; sabtu, 3 November 2018. jam; 00:26, wib.

Farhana, S., Zawawi, I., & Suryanti, S. (2022). Pengembangan LKPD berbasis masalah kontekstual

untuk meningkatkan kemandirian belajar peserta didik , bawean. 13(3), 527–536.

Filahanasari, E. (2023). Pengembangan Lkpd Berbasis Kontekstual Berorientasi Kemampuan

Berpikir Kreatif Siswa Materi Program Linear Eka Filahanasari Pendidikan Matematika , FKIP ,

Universitas Dharmas Indonesia , Sumatra Barat , Indonesia. 4(1), 331–337.

Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, W., Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). Relevansi

Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era

Society 5.0. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3011–3024.

https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2589

Nurzazili, N., Irma, A., & Rahmi, D. (2018). Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (Lks) Berbasis

Problem Based Learning (Pbl) Untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah

Matematis Siswa Di Sma Negeri 10 Pekanbaru. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan

Matematika, 2(1), 172–179. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.43

Purnama, S. Y., & Wulandari, S. S. (2021). Pengembangan Modul Administrasi Perkantoran pada

Mata Pelajaran Administrasi Humas dan Keprotokolan Kelas XI APK di SMK Muhammadiyah 1

Lamongan Pengembangan Modul Administrasi Perkantoran pada Mata Pelajaran …. 9, 454–

Putriani, J. D., & Hudaidah, H. (2021). Penerapan Pendidikan Indonesia Di Era Revolusi Industri 4.0.

Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 831–838.

https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/407

Rochmad. (2012). Desain Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika. Jurnal

Kreano FMIPA UNNES, 3, 59–72.

Sari, D. K., & Ranu, M. E. (2019). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis

Kontekstualpada Mata Pelajaran OTK Kepegawaian Kelas XII Di SMKN Mojoagung. Jurnal

Pendidikan Administrasi Perkantoran, 07(03), 66–72.

Sripatmi, S., Azmi, S., Junaidi, J., Wulandari, N. P., & Lu’luilmaknun, U. (2021). Kriteria Buku

Referensi Media Pembelajaran Matematika Yang Diperlukan Bagi Guru-Guru SMP Di

Mataram. Mandalika Mathematics and Educations Journal, 3(2), 115–124.

https://doi.org/10.29303/jm.v3i2.3103

Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I. (1974). Instructional Development for Training

Teachers of Exceptional Children. Indiana University.

Yunitasari. (2013). Penelitian Pembelajaran berbasis SETS (science, environment, technology, and

society) dalam pendidikan sains. Universitas indraprasta PGRI.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v5i2.14920

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.