PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RESEARCH BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM MENINGKATKAN CRITICAL THINKING SKILL SISWA KELAS XI 3B SMA N 2 SUKOHARJO

Diana Kusumastuti, Soetarno Joyoatmojo

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk untuk menganalisis pengaruh penerapan research based learning yang dipadukan dengan pendekatan saintifik terhadap peningkatan kemampuan critical thinking skill peserta didik kelas XI 3B SMA N 2 Sukoharjo. Model pembelajaran research based learning yang dipadukan dengan pendekatan saintifik memiliki  sintaks yakni merumuskan pertanyaan umum dan kegiatan mengamati, mendefinisikan pertanyaan. tinjauan literatur dan kegiatan menanya, menjelaskan metode riset, melakukan analisis data dan kegiatan berpikir logis, interpretasi dan pertimbangan hasil, laporan hasilPenelitian ini menggunakan jenis metode penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas merupakan penelitian yang dilakukan oleh pengajar di kelas dalam aktivitasnya sebagai seorang pendidik dan bertujuan memperbaiki pembelajaran. Penelitian ini memiliki empat langkah yang harus dilaksanakan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi.Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI 3B SMA N 2 Sukoharjo. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan research based learning yang dipadukan dengan pendekatan saintifik terhadap peningkatan kemampuan critical thinking skill peserta didik kelas XI 3B SMA N 2 Sukoharjo. Peningkatan tersebut muncul secara perlahan pada siklus pertama dan signifikan pada siklus kedua tindakan

Kata Kunci


Critical Thinking Skill; Model Pembelajaran; Pendekatan Saintifik; Research Based Learning

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alsaleh, N. J. (2020). Teaching critical thinking skills: literature review. Turkish Online Journal of Educational Technology-TOJET, 19(1), 21-39 https://eric.ed.gov/?id=EJ1239945

Ansari, N. M. S. (2021). Critical thinking and scientific approach in efl context: a literature review. CaLLs (Journal of Culture, Arts, Literature, and Linguistics), 7(2), 145-160.

http://dx.doi.org/10.30872/calls.v7i2.5617

Bana, R. A., Florentinus, T. S., & Haryono. (2021). Analysis of process of executing a learning program with a saintific approach at 5 Senior High School kupang. Innovative Journal, 10(147), 43–50. https://journal.unnes.ac.id/

Choeisuwan, V. (2015). Effects of research-based instruction in health system subject of nursing students, the royal thai navy college of nursing. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 191, 948–952. doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.04.322

Daryanes, F., Ririen, D., Fikri, K., & Sayuti, I. (2023). Improving students’ critical thinking through the learning strategy “students as researchers”: research based learning. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(5), 2374–2382. . .https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i5.2345

Fitriyah, K. (2020). Profil kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran ekonomi melalui pembelajaran berbasis riset. Heritage, 1(1), 111–124. https://doi.org/10.35719/hrtg.v1i1.6

Ilya, I. (2022). Analisis berpikir kritis siswa dalam pembelajaran sejarah kebudayaan islammin 3 pontianak. Social: Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 2(3), 113-119. https://doi.org/10.51878/social.v2i3.1531

Istiningsih, A. Chamdani, M. Rokhmaniyah (2016). Penerapan model research based learning dengan pendekatan saintifik untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa mata pelajaran ips kelas iv sd negeri 1 tambakagung tahun ajaran 2015/2016. Kalam Cendekia Pgsd Kebumen, Vol 4(4.1).

Liana, Y., & Basuki, Y. (2023). A literature review of scientific and steam approach in 2013 and merdeka curriculum. LinguA-LiterA: Journal of English Language Teaching Learning and Literature, 6(1), 30-38. . https://jurnal.stkippgritrenggalek.ac.id/

Mahardini, T., Khaerunisa, F., Wijayanti, I. W., & Salimi, M. (2018). Research based learning (RBL) to improve critical thinking skills. Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series, 1(2), 466-473. . https://doi.org/10.20961/shes.v1i2.26816

Mulyati, S., Suryani, Y., & Setiawan, I. (2019). Pengaruh penerapan model pembelajaran open ended terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dengan variabel moderator motivasi belajar. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 16(02), 123–132. https://doi.org/10.25134/equi.v16i02.2174

Nor, H. M., & Sihes, A. J. (2021). Critical thinking skills in education: a systematic literature review. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 11(11), 1–14. http://dx.doi.org/10.6007/IJARBSS/v11-i11/11529

Novianti, R., Rusyana, A., & Yulisma, L. (2021). Pengaruh model problem based learning melalui classroom terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada sub materi pencemaran lingkungan di SMA Negeri 1 Kawali. J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan), 2(3), 213-220. http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v2i3.6332

Rahman, L. L., Rusyana, A., & Yulisma, L. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery learning Berbasis LKS Tipe Word square terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan), 2(1), 33-38. http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v2i1.4814

Rahmawati, M., Ruslan, A., & Bandarsyah, D. (2021). The era of society 5.0 as the unification of humans and technology: a literature review on materialism and existentialism. Jurnal Sosiologi Dialektika, 16(2), 151. . https://doi.org/10.20473/jsd.v16i2.2021.151-162

Siswono, T. Y. E., & Setianingsih, R. (2023). Proses berpikir kreatif siswa SMA dalam menyelesaikan masalah kontekstual materi barisan aritmetika. Pendidikan Dan Pembelajaran, 4, 1999–2010. . https://doi.org/https://doi.org/10.52060/mp.v8i2.1510

Supriyatno, T., Susilawati, S., & Hassan, A. (2020). E-learning development in improving students' critical thinking ability. Cypriot Journal of Educational Sciences, 15(5), 1099-1106. https://doi.org/10.18844/cjes.v15i5.5154

Susiani, T. S., Hidayah, R., & Salimi, M. (2019, June). Research based learning (rbl): how to improve problem solving skills?. In 3rd International Conference on Current Issues in Education, Vol 468, 411-417. https://doi.org/10.2991/iccie-18.2019.71

Triwulandari, S., & Supardi. (2022). Analisis inteligensi dan berpikir kritis. Utile: Jurnal Kependidikan, 8(1), 50–61. https://doi.org/10.37150/jut.v8i1.1618

Wahab, G., & Rosnawati. (2021). Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. Adanu Abimata; Indramayu

Wicaksono, A. G. (2020). Systematic review pengaruh pendekatan saintifik terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa. Profesi Pendidikan Dasar, 1(1), 65–76. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i1.10822




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v5i3.15597

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##