PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA DAN SELF EFFICACY SISWA

Fathimah Nurul Azizah, Asep Amam, Ai Tusi Fatimah

Sari

Latar belakang penelitian ini yaitu pembelajaran matematika yang tidak efektif berdampak terhadap rendahnya kemampuan berpikir kritis matematis siswa dan self efficacy siswa. Adapun tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran think pair share (TPS) terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa dan self efficacy siswa. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuasi eksperimental dengan desain yang digunakan Non-equivalent PretestPosttest Control Grup Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di SMAN 1 Baregbeg. Adapun sampel pada penelitian menggunakan 2 kelas yaitu kelas X IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 2 sebagai kelas kontrol dengan pengambilan sampel secara purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah pretest-posttest kemampuan berpikir kritis matematis dan angket self efficacy. Data yang diperoleh pada penelitian ini dianalisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji perbedaan dua rata-rata, dan effect size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis matematis siswa dan self efficacy siswa antara kelas eksperimen yang menerapkan model pembelajaran think pair share (TPS) dengan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran langsung. Hasil penelitian juga membuktikan bahwa model pembelajaran think pair share (TPS) berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa dan self efficacy siswa.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Ayudya, M. S., & Rahayu, T. S. (2020). Efektivitas Model Problem Based Learning Dan Think Pair Share Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas 5 Dalam Pelajaran Matematika Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(1), 272-281.

https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/458.

Fatimah, A. T. (2020). Karakteristik kemampuan pemahaman dan penalaran matematis siswa smk pada tugas matematis berbasis kompetensi keahlian ditinjau dari tingkat kemampuan awal matematis.

Hari, L. V., Zanthy, L. S., & Hendriana, H. (2018). Pengaruh Self Efficacy Terhadap Kemampuan.

(3), 435–444. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.435-444

Karim, N. (2018). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Model JUCAMA Di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2, 793–801.

Naim, A., Ilmi, N., & Belajar, H. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Tipe Think Pair Share ( TPS ) Terhadap Hasil Belajar Pembelajaran Matematika Siswa Sekolah Dasar Kelas Lima di Kabupaten Polewali Mandar. 2(5), 175–182.

Nurseha, S. M., & Apiati, V. (2019). Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Dengan Self Efficacy Siswa Melalui Pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik. Prosiding Seminar Nasional, 539–546.

Nuyami, N. M. S., Suastra, I. W., & Sadia, I. W. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share terhadap Self-Efficacy Siswa SMP Ditinjau dari Gender. EJournal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Prodi IPA, 4, 1–11.

Rahayu, P., & Setiyadi, D. (2022). Upaya Meningkatkan Self Efficacy dan Prestasi Siswa Menggunakan Metode Saintifik Di Kelas IV SD Kota Tangerang. 5(2), 127–137. https://doi.org/10.31949/jee.v4i1.4246

Rohani, R., Ahmad, M., Lubis, I. S., & Nasution, D. P. (2022). Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(1), 504. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i1.4408

Sari, S. P., & Madio, S. S. (2013). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatipe Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 37–54.

Sianturi, A., Sipayung, T. N., & Argareta, M. (2015). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMPN 5 Sumbul. P2M STKIP Siliwangi, 2(1), 91. https://doi.org/10.22460/p2m.v2i1p91-97.168

Siswono, T.Y.E. 2018. Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan dan Pemecahan Masalah.

Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sopiah, P., Erlin, E., & Amam, A. (2022). Hubungan self confidence dengan kemampuan komunikasi matematis siswa 1,2,3. 3(2), 476–482.

Wicaksono, B., Sagita, L., & Nugroho, W. (2017). Model Pembelajaran Group Investigation (Gi) Dan Think Pair Share (Tps) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Aksioma, 8(e-ISSN 2579-7646), 1–8.

Yuliyani, R., Handayani, S. D., & Somawati. (2017). Peran Efikasi Diri ( Self Efficacy ) Dan Kemampuan Berpikir Positif Terhadap Kemampuan Pemecahan. 7(2), 130–143.

Zulfantry, Z., Mulyono, M., & Sinaga, B. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatife Tipe Think-Pair-Share Berbantuan Media Software Autograph Terhadap Kemampuan Self-Efficacy Siswa Di Sma Negeri Unggul Subulussalam. Paradikma: Jurnal Pendidikan Matematika, 14(2), 22–29. https://doi.org/10.24114/paradikma.v14i2.31642

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.