Upaya Pemberdayaan Keterampilan Literasi Membaca Siswa SDN Gemah Dalam Mendukung Keberhasilan Gerakan Literasi Nasional
Sari
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Doriza, N. R., Yusro, N., & Ristianti, D. H. (2023). Implementasi Program Kokurikuler Tahsin Dalam Meningkatkan Minat Dan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Rejang Lebong. Jurnal Literasiologi, 10(1), 89–109. https://doi.org/10.47783/literasiologi.v10i1.566
Fauziyah, R., & Kurniawan, K. (2021). Meningkatkan Minat Baca Siswa Melalui Literasi Digital Sebagai Upaya Memaksimalkan Pembelajaran Daring. Seminar Internasional Riksa Bahasa, 439–442. http://proceedings2.upi.edu/index.php/riksabahasa/article/view/1379
Imanugroho, S., & Ganggi, R. I. P. (2018). Program Gerakan Literasi Sekolah Dalam Menumbuhkan Minat Baca Peserta Didik SDN Kuripan Lor 01 Kota Pekalongan. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 7(2), 71–80. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/22894/20929
Mantu, K. S. (2021). Pengelolaan Sudut Baca Dalam Menumbuhkan Minat Baca Siswa Kelas III SD Negeri 04 Popayato Barat. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(3), 877. https://doi.org/10.37905/aksara.7.3.877-884.2021
Naja, A., Nivia, B., Ramadhani, P., & Pangestika, E. D. (2023). Sistematic Literature Review : Pembiasaan Budaya Literasi Pada Siswa Sekolah Dasar Kelas Rendah. Eminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian, 2123–2132.
Navida, I., Rasiman, Prasetyowati, D., & Nuriafuri, R. (2023). Kemampuan Literasi Membaca Siswa Pada Muatan Bahasa Indonesia Kelas 3 di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 1034–1039. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4901
Nudiati, D. (2020). Literasi Sebagai Kecakapan Hidup Abad 21 Pada Mahasiswa. Indonesian Journal of Learning Education and Counseling, 3(1), 34–40. https://doi.org/10.31960/ijolec.v3i1.561
Patriana, W. D., Sutama, S., & Wulandari, M. D. (2021). Pembudayaan Literasi Numerasi untuk Asesmen Kompetensi Minimum dalam Kegiatan Kurikuler pada Sekolah Dasar Muhammadiyah. Jurnal Basicedu, 5(5), 3413–3430. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1302
Pratiwi, S. H. (2021). Upaya Meningkatkan Literasi Membaca Di Masa Pandemi Melalui Kegiatan Seminggu Sebuku. FITRAH: International Islamic Education Journal, 3(1), 27–48. https://doi.org/10.22373/fitrah.v3i1.835
Sadana, A. D., Khafidin, D., & Ulya, H. (2022). Pengaplikasian PMRI Dengan Soal HOTS Guna Meningkatkan Kompetensi Literasi Numerasi Dalam Asesmen Kompetensi Minimum. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SNAPMAT), 0(0), 138–148. https://conference.umk.ac.id/index.php/snapmat/article/view/191
Sari, M. K., Rulviana, V., Suyanti, S., Budiartati, S., & Rodiyatun, R. (2021). Budaya Literasi Sebagai Upaya Pengembangan Karakter pada Siswa di Sekolah Dasar Muhammadiyah Bantul Kota. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 5(1), 112. https://doi.org/10.30651/else.v5i1.6382
Saryono, D., Ibrahim, G. A., Muliastuti, L., Akbari, Q. S., Hanifah, N., Miftahussuri, Nento, M. N., & Efgeni. (2017). Materi Pendukung Literasi Baca Tulis: Gerakan Literasi Nasional. In Kemdikbud (pp. 1–39). https://repositori.kemdikbud.go.id/11625/1/cover-materi-pendukung-literasi-baca-tulis-gabung.pdf
Setiawan, A. A., & Sudigdo, A. (2019). Penguatan Literasi Siswa Sekolah Dasar Melalui Kunjungan Perpustakaan. Prosiding Seminar Nasional PGSD, 2015, 24–30. https://core.ac.uk/download/pdf/230386992.pdf
Setiawati, S. (2019). Analisis Higher Order Thinking Skills (HOTS) Siswa Sekolah Dasar dalam Menyelesaikan Soal Bahasa Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan KALUNI, 2, 552–557. https://doi.org/10.30998/prokaluni.v2i0.143
Sidiq, U., & Choiri, Moh, M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9). http://repository.iainponorogo.ac.id/484/1/Metode Penelitian Kualitatif Di Bidang Pendidikan.pdf
Simanjuntak, K., & Siregar, R. S. (2022). Perkembangan Kognitif Siswa dan Implementasi dalam Kegiatan Pembelajaran. Jurnal Riyadhah: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 111–124.
Tim GLN Kemdikbud. (2017). Panduan Gerakan Literasi Nasional (Issue 0, pp. 1–39).
Walewangko, S. A., Rotty, V. N. J., Lumapow, H. R., Lengkong, J. S. J., & Lomban, E. A. (2022). Implementasi Kebijakan Literasi Numerasi di Regina Caeli Elementary School Manado (RCESM). Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 10829–10838. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/4146%0Ahttps://www.jptam.org/index.php/jptam/article/download/4146/3477
Waruwu, M. (2023). Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Jurnal Pendidikan Tambusai , 7(1), 2896–2910.
Wonosari, S. M. K. N. (2023).” Pemanfaatan “ Book Creator ” Dalam Pembelajaran Literasi Digital Untuk Meningkatkan Minat Dan H. Jurnal Cahaya Mandalika, 243–259. https://www.ojs.cahayamandalika.com/index.php/JCM/article/view/1411%0Ahttps://www.ojs.cahayamandalika.com/index.php/JCM/article/download/1411/1203
DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v5i3.15932
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##