Upaya Pemberdayaan Keterampilan Literasi Membaca Siswa SDN Gemah Dalam Mendukung Keberhasilan Gerakan Literasi Nasional

Novia Ratna Purnama Sari, Veryliana Purnamasari, Arfilia Wijayanti, Nora Widyastuti

Sari


Keterampilan literasi membaca harus terus dikembangkan agar memiliki kemampuan menangkap dan memproses informasi dengan baik. Di lingkungan sekolah kemampuan ini dikembangkan dengan program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) yang terintegrasi dengan program Gerakan Literasi Nasional (GLN) oleh Kemendikbud. Setiap sekolah diberikan kebebasan untuk merancang program kegiatan GLS sebagai upaya memberdayakan keterampilan literasi membaca siswa. Tujuan penetilian ini untuk mengetahui penyelenggaraan dan pencapaian program pengembangan keterampilan literasi membaca di SDN Gemah dalam mendukung keberhasilan GLN. Desain penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun informan yang terlibat meliputi kepala sekolah, guru kelas tinggi, dan siswa kelas V tahun ajaran 2023/2024. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program kegiatan dalam GLS di SDN Gemah dilakukan dengan tahap pembiasaan melalui kegiatan kamis literasi dan penyediaan perpustakaan serta sudut baca di tiap kelas, tahap pengembangan melalui workshop literasi bagi guru dan talkshow interaktif dalam festival literasi numerasi bagi siswa, dan tahap pembelajaran dilakukan dengan mengintegrasikan literasi membaca dalam kegiatan pembelajaran, serta menyusun soal evaluasi HOTS sesuai tipe soal AKM. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa program tersebut berhasil meningkatkan keterampilan literasi membaca sebesar 96,67%. Implementasi GLS yang efektif di SDN Gemah memberikan kontribusi positif terhadap GLN di Indonesia.

Kata Kunci


Literasi Membaca; Gerakan Literasi Sekolah; Sekolah Dasar; Gerakan Literasi Nasional

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Doriza, N. R., Yusro, N., & Ristianti, D. H. (2023). Implementasi Program Kokurikuler Tahsin Dalam Meningkatkan Minat Dan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Rejang Lebong. Jurnal Literasiologi, 10(1), 89–109. https://doi.org/10.47783/literasiologi.v10i1.566

Fauziyah, R., & Kurniawan, K. (2021). Meningkatkan Minat Baca Siswa Melalui Literasi Digital Sebagai Upaya Memaksimalkan Pembelajaran Daring. Seminar Internasional Riksa Bahasa, 439–442. http://proceedings2.upi.edu/index.php/riksabahasa/article/view/1379

Imanugroho, S., & Ganggi, R. I. P. (2018). Program Gerakan Literasi Sekolah Dalam Menumbuhkan Minat Baca Peserta Didik SDN Kuripan Lor 01 Kota Pekalongan. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 7(2), 71–80. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/22894/20929

Mantu, K. S. (2021). Pengelolaan Sudut Baca Dalam Menumbuhkan Minat Baca Siswa Kelas III SD Negeri 04 Popayato Barat. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(3), 877. https://doi.org/10.37905/aksara.7.3.877-884.2021

Naja, A., Nivia, B., Ramadhani, P., & Pangestika, E. D. (2023). Sistematic Literature Review : Pembiasaan Budaya Literasi Pada Siswa Sekolah Dasar Kelas Rendah. Eminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian, 2123–2132.

Navida, I., Rasiman, Prasetyowati, D., & Nuriafuri, R. (2023). Kemampuan Literasi Membaca Siswa Pada Muatan Bahasa Indonesia Kelas 3 di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 1034–1039. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4901

Nudiati, D. (2020). Literasi Sebagai Kecakapan Hidup Abad 21 Pada Mahasiswa. Indonesian Journal of Learning Education and Counseling, 3(1), 34–40. https://doi.org/10.31960/ijolec.v3i1.561

Patriana, W. D., Sutama, S., & Wulandari, M. D. (2021). Pembudayaan Literasi Numerasi untuk Asesmen Kompetensi Minimum dalam Kegiatan Kurikuler pada Sekolah Dasar Muhammadiyah. Jurnal Basicedu, 5(5), 3413–3430. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1302

Pratiwi, S. H. (2021). Upaya Meningkatkan Literasi Membaca Di Masa Pandemi Melalui Kegiatan Seminggu Sebuku. FITRAH: International Islamic Education Journal, 3(1), 27–48. https://doi.org/10.22373/fitrah.v3i1.835

Sadana, A. D., Khafidin, D., & Ulya, H. (2022). Pengaplikasian PMRI Dengan Soal HOTS Guna Meningkatkan Kompetensi Literasi Numerasi Dalam Asesmen Kompetensi Minimum. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SNAPMAT), 0(0), 138–148. https://conference.umk.ac.id/index.php/snapmat/article/view/191

Sari, M. K., Rulviana, V., Suyanti, S., Budiartati, S., & Rodiyatun, R. (2021). Budaya Literasi Sebagai Upaya Pengembangan Karakter pada Siswa di Sekolah Dasar Muhammadiyah Bantul Kota. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 5(1), 112. https://doi.org/10.30651/else.v5i1.6382

Saryono, D., Ibrahim, G. A., Muliastuti, L., Akbari, Q. S., Hanifah, N., Miftahussuri, Nento, M. N., & Efgeni. (2017). Materi Pendukung Literasi Baca Tulis: Gerakan Literasi Nasional. In Kemdikbud (pp. 1–39). https://repositori.kemdikbud.go.id/11625/1/cover-materi-pendukung-literasi-baca-tulis-gabung.pdf

Setiawan, A. A., & Sudigdo, A. (2019). Penguatan Literasi Siswa Sekolah Dasar Melalui Kunjungan Perpustakaan. Prosiding Seminar Nasional PGSD, 2015, 24–30. https://core.ac.uk/download/pdf/230386992.pdf

Setiawati, S. (2019). Analisis Higher Order Thinking Skills (HOTS) Siswa Sekolah Dasar dalam Menyelesaikan Soal Bahasa Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan KALUNI, 2, 552–557. https://doi.org/10.30998/prokaluni.v2i0.143

Sidiq, U., & Choiri, Moh, M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9). http://repository.iainponorogo.ac.id/484/1/Metode Penelitian Kualitatif Di Bidang Pendidikan.pdf

Simanjuntak, K., & Siregar, R. S. (2022). Perkembangan Kognitif Siswa dan Implementasi dalam Kegiatan Pembelajaran. Jurnal Riyadhah: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 111–124.

Tim GLN Kemdikbud. (2017). Panduan Gerakan Literasi Nasional (Issue 0, pp. 1–39).

Walewangko, S. A., Rotty, V. N. J., Lumapow, H. R., Lengkong, J. S. J., & Lomban, E. A. (2022). Implementasi Kebijakan Literasi Numerasi di Regina Caeli Elementary School Manado (RCESM). Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 10829–10838. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/4146%0Ahttps://www.jptam.org/index.php/jptam/article/download/4146/3477

Waruwu, M. (2023). Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Jurnal Pendidikan Tambusai , 7(1), 2896–2910.

Wonosari, S. M. K. N. (2023).” Pemanfaatan “ Book Creator ” Dalam Pembelajaran Literasi Digital Untuk Meningkatkan Minat Dan H. Jurnal Cahaya Mandalika, 243–259. https://www.ojs.cahayamandalika.com/index.php/JCM/article/view/1411%0Ahttps://www.ojs.cahayamandalika.com/index.php/JCM/article/download/1411/1203




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v5i3.15932

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##