Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Papan Gambar Terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Matematika Peserta Didik Kelas 2 SDN Gemah
Sari
Tujuan penelitian ini mendeskripsikan pengaruh penggunaan model Problem Based Learning yang diperkuat menggunakan media papan gambar pada kemampuan literasi numerasi peserta didik kelas 2 mata pelajaran matematika. Penelitian dilakukan di SDN Gemah Kota Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas 2 yang berjumlah 29 peserta didik dengan teknik sampling jenuh yaitu pengambilan sampel menggunakan seluruh populasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif Pre-Experimental Design jenis One-group Pretest-Posttest. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas sebagai uji prasyarat dan uji paired t-test untuk menguji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan media papan gambar memberikan pengaruh terhadap kemampuan literasi numerasi peserta didik dengan hasil pengujian paired sample t-test berbantuan SPSS verrsi 26.0 for windows sebesar 0,000 < 0,05. Uji regresi linier sederhana menunjukkan nilai F hitung adalah 7,554 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,011 < 0,05 serta nilai Constant (a) sebesar 62, 593 dan hasil pretest sebesar 0,327. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan media papan gambar memberikan pengaruh positif terhadap kemampuan literasi numerasi. Sesuai dengan kriteria pengujian maka Ho ditolah dan Ha diterima. Hasil rata-rata persentase kemampuan literasi numerasi kelas 2 yang disesuaikan dengan indikatornya diperoleh sebesar 67%. Kata Kunci: PBL, media papan gambar, literasi numerasi, matematika
Kata Kunci
PBL, media papan gambar, literasi numerasi, matematika
Teks Lengkap:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v5i3.15941
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##