PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) MENGGUNAKAN PERMAINAN TRADISIONAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA
Sari
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Alzanatul Umam, M., & Zulkarnaen, R. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Dalam Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(1), 303–312.
https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1993
Fauzana, R. (2022). Pencapaian Representasi Matematis Siswa melalui Pendekatan RME berbasis Etnomatematika. Jurnal Guru Inovatif, 1(1), 163–176.
Febriyanto, B., Haryanti, Y. D., & Komalasari, O. (2018). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematis Melalui Penggunaan Media Kantong Bergambar Pada Materi Perkalian Bilangan Di Kelas Ii Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(2), 32.
https://doi.org/10.31949/jcp.v4i2.1073
Fitriyah, A., & Khaerunisa, I. (2018). Pengaruh Penggunaan Metode Drill Berbantuan Permainan Engklek Termodifikasi terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VII. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2(2), 267. https://doi.org/10.31331/medives.v2i2.653
Hasan, F., Pomalato, S. W. D., & Uno, H. B. (2020). Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Motivasi Belajar. Jambura Journal of Mathematics Education, 1(1), 13–20.
https://doi.org/10.34312/jmathedu.v1i1.4547
Herdiana, L., Zakiah, N. E., & Sunaryo, Y. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Diskursus Multy Reprecentacy (Dmr) Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa. J-KIP (Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan), 2(1), 9.
https://doi.org/10.25157/j-kip.v2i1.4784
Jannah, O. D. N., Fajrie, N., & Kurniati, D. (2023). Kemampuan Pemahaman Konsep Ipa Menggunakan Penerapan Model Pembelajaran Probing-Prompting Dengan Media Permainan Kelereng. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 7(2), 251–262.
Muna, D. N., & Afriansyah, E. A. (2015). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa melalui Pembelajaran Kooperatif Teknik Kancing Gemerencing dan Number Head Together. 169–176.
Ningsih, S. (2014). Realistic Mathematics Education: Model Alternatif Pembelajaran Matematika Sekolah. Jurnal Pendidikan Matematika, 01(2), 73–94.
Nugraha, D. G. A. P., Astawa, I. W. P., & Ardana, I. M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Terhadap Pemahaman Konsep dan Kelancaran Prosedur Matematis. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1), 75–86.
https://doi.org/10.21831/jrpm.v6i1.20074
Pratiwi, J. W., & Pujiastuti, H. (2020). Eksplorasi Etnomatematika pada Permainan Tradisional Kelereng. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(2), 1–12.
https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr/article/view/11405
Ramadhanti, Eva Marlina, R. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Journal Homepage:Http://Journal.Unsika.Ac.Id/Index.Php/Sesiomadika, 876–882.
https://doi.org/10.37150/jp.v3i1.1132
Risdiyanti, I., & Prahmana, R. C. I. (2018). Etnomatematika: Eksplorasi dalam Permainan Tradisional Jawa. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2(1), 1. https://doi.org/10.31331/medives.v2i1.562
Silfiana, N., & Widyastuti, W. (2021). Ethnomatematika Permainan Kelereng Sebagai Media Belajar Matematika Sekolah Dasar. 1, 1–13.
Sunaryo, Y., Nuraida, I., & Zakiah, N. E. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Hybrid Tipe Traditional Clasess-Real Workshop Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematik Ditinjau Dari Self-Confidence Siswa. TEOREMA : Teori Dan Riset Matematika, 2(2), 93. https://doi.org/10.25157/teorema.v2i2.1071
Yunita, D. (2019). Pengaruh Permainan Tradisional Engkleng terhadap Pemahaman Konsep Siswa KelaS III Mata Pelajaran Matematika di SDN Bangsa Negara Kabupaten OKU Timur. Jurnal Intelektualita: Keislaman, Sosial Dan Sains, 7(2), 209–216.
https://doi.org/10.19109/intelektualita.v7i2.2904
Zakiah, N. E., & Sunaryo, Y. (2017). Pembelajaran Dengan Pendekatan Kontekstual Berbasis Gaya Kognitif untuk Meningkatkan Self Awareness Siswa. Jurnal Teori Dan Riset Matematika (TEOREMA), 2(1), 11–20.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.