ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI SELF-CONFIDENCE PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV)

Sendi Kurniawan, Adang Effendi, Yoni Sunaryo

Sari

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis pada siswa yang ditinjau dari self-confidence pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII B MTs Al-Kautsar Kota Banjar sebanyak 6 orang. Adapun teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data berupa angket self-confidence siswa, tes kemampuan komunikasi matematis siswa dan wawancara. Data yang diperoleh kemudian dianalisis melalui 3 tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Subjek dengan self-confidence tinggi mampu memenuhi indikator menggambar (drawing), mampu memenuhi indikator menulis (written text) dan mampu memenuhi indikator mengekspresikan matematika (mathematical expressions). Subjek dengan self-confidence sedang mampu memenuhi indikator menggambar (drawing), mampu memenuhi indikator menulis (written text) dan tidak mampu memenuhi indikator mengekspresikan matematika (mathematical expressions). Subjek dengan self-confidence rendah tidak mampu memenuhi indikator menggambar (drawing), tidak mampu memenuhi indikator menulis (written text) dan mampu memenuhi indikator mengekspresikan matematika (mathematical expressions).

Kata Kunci

Kemampuan komunikasi matematis; Self-Confidence

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Afifah, R. N., Sunaryo, Y., & Ruswana, A. M. (2022). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau Dari Self-Confidence Siswa. 3(3), 735–742.

Effendi, A. (2016). Implementasi Model Creative Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Metakognitif Berdasarkan Kemampuan Awal Matematis Siswa. JPPM Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 9(2), 165–176.

Effendi Adang, Fatimah Ai Tusi, A. A. (2021). Analisis Keefektifan Pembelajaran Matematika Online. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 4(1), 88–98. https://doi.org/10.31537/laplace.v4i1.466

Febrianti, Y. (2019). Profil Self Confidence (Kepercayaan Diri) Siswa pada Pembelajaran Matematika Kelas X SMAN 7 Pekanbaru. Universitas Islam Riau, 1–35.

Rahmawati, L., Effendi, A., & Amam, A. (2022). Hubungan Disposisi Matematis Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Smp Pada Pokok Bahasan Spldv. J-KIP (Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan), 3(2), 445. https://doi.org/10.25157/j-kip.v3i2.6704

Sunaryo, Y. (2017). Pengukuran Self-Efficacy Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Di Mts N 2 Ciamis. TEOREMA : Teori Dan Riset Matematika, 1(2), 39. https://doi.org/10.25157/teorema.v1i2.548

Sunaryo, Y., Budi Waluya, S., Rachmani Dewi, N., & Wijayanti, K. (2024). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis STEM (Science. Technology, Engineering, Dan Mathematic). PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 7, 928–935. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/

Wardhani, J. K., & Ruslan, R. R. (2023). Implementasi Metode Bernyanyi dalam Meningkatkan Self Confidence pada Kelompok B PAUD Bunga Mawar Mojokembang. Jurnal Tambuleng: Pendidikan Seni Drama, Tari Dan Musik, 4(1), 1–15.

Yuliani, Lisna Dewi, Asep Amam, I. N. (2024). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Berbasis Museum Bumi Alit. J-KIP (Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan), 8(1), 68. https://doi.org/10.35194/jp.v8i1.648

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.