PERENCANAAN PEMBELAJARAN BANGUN RUANG DIMENSI TIGA UNTUK PESERTA DIDIK SMK AGRIBISNIS DENGAN PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK HIDROPONIK

Uci Susilawaty, Ai Tusi Fatimah, Euis Erlin

Sari

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi perencanaan pembelajaran berbasis proyek hidroponik bagi peserta didik SMK Agribisnis dengan konsentrasi keahlian Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura (ATPH) pada topik bangun ruang dimensi tiga. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data yang terkumpul diperoleh dari analisis dokumen pembelajaran diantaranya: CP matematika tingkat lanjut fase F dan CP mata pelajaran ATPH fase F, PERMENDIKBUDRISTEK RI No. 16 Tahun 2022, Kurikulum 2013, dan Kurikulum merdeka kemudian wawancara terhadap guru matematika dan guru produktif pada salah satu SMK Agribisnis di Kabupaten Ciamis. Analisis data mengacu pada Miles yang disusun dalam 4 tahapan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta menarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini merupakan deskripsi hasil rancangan kegiatan pembelajaran berbasis proyek hidroponik bagi peserta didik SMK Agribisnis dengan konsentrasi keahlian Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura (ATPH) pada topik bangun ruang dimensi tiga.

Kata Kunci

Perencanaan Pembelajaran; PjBL; SMK Agribisnis; Hidroponik

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Adhiyasa, I. K. T., Suweken, G., & Suryawan, I. P. P. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Pbp) Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas X Program Keahlian Multimedia Smk Negeri 3 Singaraja. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 7(1), 50–59. https://doi.org/10.23887/jppm.v7i1.2817

Andriliani, L., Amaliyah, A., Putry Prikustini, V., & Daffah, V. (2022). Analisis Pembelajaran Matematika Pada Materi Geometri. SIBATIK JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan, 1(7), 1169–1178. https://doi.org/10.54443/sibatik.v1i7.138

Ayal, C. S., Kusuma, Y. S., Sabandar, J., & Dahlan, J. A. (2016). The Enhancement of Mathematical Reasoning Ability of Junior High School Students by Applying Mind Mapping Strategy. Journal of Education and Practice, 7(25), 50–58.

Ayuningrum, L., Kusuma, A. P., & Rahmawati, N. K. (2019). Analisis Kesulitan Siswa dalam Pemahaman Belajar serta Penyelesaian Masalah Ruang Dimensi Tiga. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 5(1), 135. https://doi.org/10.30998/jkpm.v5i1.5277

Dauly Kaffah, W., Erlin, E., & Rusyana, A. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Steam Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa. Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan), 4(3), 771–776.

Fatimah, A. T., & Amam, A. (2018). Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Matematika Di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 11(2). https://doi.org/10.30870/jppm.v11i2.3756

Kemendikbudristek BSKAP. (2022). Salinan Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 008/H/KR/2022 Tentang Capaian Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia Dini Jenjang Pendidikan Dasar dan Jenjang Pendid. In Kemendikbudristek (Issue 021).

Kementrian Pendidikan Nasional. (2006). Permendiknas No. 22 tahun 2006 tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah Dan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 23 Tahun 2006 Tentang Standar Kompetensi Lulusan Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. 1–8.

https://jdih.kemdikbud.go.id/?service=srv:04.10jdih&ref=6b4a0db40376ei2xcw4067bed946ye8 5j308fbl974b3fctb88dg74c9b94foe151a3u4m92ea2881ka2412c9420vc8eb5p8f7bb21cze80d0 2f7453ace9rqhse7dab82a&task=441

Maulana, M. L. (2023). Pengembangan E-Lkpd Pada Pembelajaran Project Based Learning Dengan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Smk N 1 Karangdadap. MUJIBURRAHMAN, M., SUHARDI, M., & HADIJAH, S. N. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Project Base Learnig Di Era Kurikulum Merdeka. COMMUNITY : Jurnal Pengabdian Kepada

Masyarakat, 2(2), 91–99. https://doi.org/10.51878/community.v2i2.1900

Ningsih, S. (2020). Implementasi Pembelajaran Daring Berbasis Edmodo Pada Mata Kuliah Evaluasi Program Kepelatihan Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 13(2),

https://doi.org/10.24114/jtp.v13i2.19885

Rizki, M. (2013). Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal-soal Pemecahan Masalah Matematika Materi Geometri di Kelas IX SMP Patra Mandiri 2 Sungai Gerong. Indralaya:

S.Yona. (2014). penyesuaian studi.

Santoso, T. D. P. (2022). Rancangan Pembelajaran Berkarakteristik Inovatif Abad 21 Pada Materi Penguat Audio Dengan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) di SMKN

Adiwerna. Cakrawala: Jurnal Pendidikan, 9300, 276–287. https://doi.org/10.24905/cakrawala.vi0.193

Wahyu, R., Islam, U., & Rahmat, R. (2018). Implementasi Model Project Based Learning ( PJBL ) Ditinjau dari Penerapan Implementasi Model Project Based Learning ( PJBL ) Ditinjau dari Penerapan Kurikulum 2013. Teknoscienza, 1(1), 50–62.

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.