PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK PADA MATERI PELUANG MAJEMUK BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS

Dwi Alyani Rukmana, Lala Nailah Zamnah, Nur Eva Zakiah

Sari

Penelitian pengembangan ini dilatarbelakangi oleh penggunaan lembar kegiatan peserta didik (LKPD) di sekolah yang tidak sesuai dengan kebutuhan peserta didik serta belum mampu memfasilitasi kemampuan berpikir kreatif matematis mereka. LKPD yang ada saat ini hanya menggunakan LKPD dari penerbit yang kurang memperhatikan kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik. Oleh karena itu, peneliti mengembangkan LKPD pada materi peluang majemuk berbasis Discovery Learning yang dapat membantu meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, keefektifan dan kualitas peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis, melalui produk pengembangan LKPD pada materi peluang majemuk berbasis Discovery Learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir Kreatif matematis. Model yang digunakan dalam pengembangan ini adalah model 4-D rancangan Sivasailam Thiagarajan yaitu dengan tahapan define (pendefinisian), design (perancangan), development (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Penelitian ini dilaksanakan di salah satu SMA Negeri di kabupaten Ciamis. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar validasi LKPD untuk melihat kevalidan LKPD berdasarkan penilaian ahli materi dan ahli media, lembar tes kemampuan berpikir kreatif matematis (pre-test & post-test) dan angket respon peserta didik. Analisis kevalidan LKPD mengacu pada hasil penilaian validator ahli media dan ahli materi. Berdasarkan hasil analisis data menunjukan aspek kevalidan ditinjau dari analisis penilaian angket validasi ahli media termasuk kategori “sangat valid”, dan analisis hasil penilaian validator ahli materi dari analisis penilaian angket validasi ahli materi termasuk kategori “sangat valid”. Selanjutnya, aspek kepraktisan yang ditinjau dari analisis angket peserta didik memperoleh kategori sangat praktis, sedangkan aspek keefektifan yang ditinjau dari hasil post-test peserta didik memperoleh kategori sangat efektif. Selain itu, kualitas peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik SMAN 1 Cihaurbeuti perolehan nilai N-Gain termasuk kategori tinggi.

Kata Kunci

Discovery Learning, LKPD, Kemampun Berpikir Kreatif Matematis, Peluang Majemuk

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Aziz, H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar. Universitas Negeri Padang. Guilford, J. P. (1973). Characteristics of Creativity.

Herviani, W., Hartoyo, A., & Bistari. (2020). Pengembangan Lkpd Berbasis Discovery Learning Pada Materi Tekanan Hidrostatis. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 21(1), 1–9.

JAHRAH, J. (2022). Penerapan Model Discovery Learning Melalui Lkpd Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Struktur Dan Fungsi Tumbuhan. SECONDARY: Jurnal Inovasi Pendidikan Menengah, 2(2), 259–268. https://doi.org/10.51878/secondary.v2i2.1146

Jatisunda, M.G., Suciawati, V., & Nahdi, D.S. (2020). Discovery Learning with Scaffolding To Promote Mathematical Creative Thinking Ability And Self-Efficacy. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika,11(2), 351-370.

Kurniawan, A. W., & Slamet, H. W. (2018). Analisis kesulitan siswa dalam pembelajaran matematika pada materi peluang kelas X SMK Muhammadiyah 4 Surakarta tahun ajaran 2016/2017.

Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Maghfiroh, M., Indiati, I., & Rahmawati, N. D. (2019). Analisis Pemahaman Konsep Matematis Siswa Dalam Pembelajaran Dengan Pendekatan Etnomatematika. Senatik, 421–429. http://conference.upgris.ac.id/index.php/senatik/article/view/89

Masitha, C. (2019). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Dengan Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project ( MMP ). 4(May), 0–6.

Mulyasa, E. (2014). Guru dalam implementasi kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya. Nurhayati, D., Rahmawati, D., & Farida, N. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika

Berbasis Android Pada Materi Segi Empat Dan Segitiga Siswa Kelas Vii Smp Negeri 2 Labuhan Maringgai. EMTEKA: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 11–24. https://doi.org/10.24127/emteka.v2i1.731

Saefulloh, Y. A., Sunaryo, Y., & Zakiah, N. E. (2021). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Software Matlab. J-KIP (Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan), 2(3), 95. https://doi.org/10.25157/j-kip.v2i3.6090

Sugiman. (2015). Peran guru matematika dalam mewujudkan siswa yang konstruktif melalui pemecahan masalah. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY, November, 9–18.

Sugiyono, M. (2015). penelitian & pengembangan (Research and Development/R&D). Bandung: Penerbit Alfabeta.

Sundayana, H. R. (2018). Statistika penelitian pendidikan.

Zakiah, N. E., Sunaryo, Y., & Amam, A. (2019). Implementasi Pendekatan Kontekstual Pada Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berdasarkan Langkah-Langkah Polya. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 4(2), 111. https://doi.org/10.25157/teorema.v4i2.2706

Zamnah, L. N., Kartono, K., Rochmad, R., & Pujiastuti, E. (2021). Mathematical Anxiety in Mathematical Problem Solving : Literature Review. International Conference on Science, Education and Technology, 7, 988–992. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/ISET/article/view/2081

Zamnah, L. N., & Ruswana, A. M. (2022). Pendampingan Mata Pelajaran Matematika Untuk Siswa Pra Sejahtera Dengan Menggunakan Software Microsoft Mathematic. Indonesian Journal Of Community Service, 1(1), 20–24.

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.