PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA KARTU BERGAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI MEMBANDINGKAN BILANGAN DI KELAS I B SDN KALIGAWE

Himmatul Aliyah, Fenny Roshayanti, Husni Wakhyudin, Sri Lestari

Sari

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh model Problem Based Learning berbantuan media kartu bergambar terhadap hasil belajar pada peserta didik kelas I pada mata pelajaran Matematika materi Membandingkan Bilangan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen yang termasuk dalam metode kuantitatif. Penelitian ini menggunakan Pre-Experimental Design dengan bentuk One-Grup Pretest-Posttest Design. Teknik sampling yang digunakan yaitu teknik sampling Nonprobality sampling dengan sampling jenuh dengan jumlah sampel 27 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang nantinya akan digunakan dalam penilitian ini yaitu observasi dan tes. Hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Problem Based  Learning  berbantuan media kartu bergambar terhadap hasil belajar peserta didik kelas I SD Negeri Kaligawe Kota Semarang mata pelajaran Matematika pada materi Membandingkan Bilangan. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis data menggunaan uji statistik bahwa model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media kartu bergambar terdapat pengaruh terhadap hasil belajar peserta didik dimana diperoleh hasil dari uji paired sampel t test dengan Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,050. Selanjutnya model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media kartu bergambar memiliki efektivitas dalam kategori tinggi diperoleh dari uji N-gain dengan perolehan skor mean atau rata-rata sebesar 0,76.

Kata Kunci

Problem Based Learning; Media Kartu Bergambar; Hasil Belajar

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Anna, Sylvia. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Based Learning Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Pada Siswa SMA Negeri 1 Palu. Jurnal Katalogis, 5(4).

Annisa, V., Fajrie, N., Ahsin, M., N. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Kartu Gambar Ilustrasi Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 1-8.

Ardianti, R., Sujarwanto, E., Surahman, E. (2021). Problem-based Learning: Apa dan Bagaimana. DIFFRACTION: Journal for Physics Education and Applied Physics, 3(1).

Darmawan, D., Winataputra, U. S. (2020). Analisis dan Perancangan Kurikulum Merdeka. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, 4(2), 182-197.

Dewi, W., P., Bayu, W., Aspini, A. (2021). Model Pembelajaran Problem Based Learning Meningkatkan Hasil Belajar Tematik (Muatan Pelajaran IPA) pada Siswa Kelas IV. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(2), 158-164.

Erwin, W. (2018). Strategi Pembelajaran Edutainment Berbasis Karakter. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Handayani, A., Koeswanti, H., D. (2021). Meta-Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Jurnal Basicedu, 5(3), 1349-1355.

Handayani, Tutut. (2015). Interaksi Edukatif Di Sekolah. Al-Riwayah: Jurnal Kependidikan, 7(2), 161-176.

Hasibuan, A., A., Irsan. (2024). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Media Flash Card terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Si Umbut. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 4292-4299.

Hasriani, Nasaruddin, Syawaluddin, A. (2022). Penggunaan Media Kartu Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Nyaring Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Pinisi Journal of Education, 2(1).

Koeswanti, H., D. (2018). Eksperimen Model Kooperatif Learning dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Karya Ilmiah Mahasiswa Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Logis. Salatiga: Satya Wacana Press.

Marta, H., Fitria, Y., Hadiyanto, H., & Zikri, A. (2020). Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning Pada Pembelajaran Ipa Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 149–157.

Nila, I, S., Dwi, S, A., Khamdun. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan PSA (Panggung Siklus Air) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 6(2), 302-310.

Paratiwi, T., Ramadhan, Z., H. (2023). Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPAS Kelas V Sekolah Dasar. Journal of Education Action Research, 7(4), 603-610.

Permata, I, S., Yushardi, Subiki. (2015). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Kartu Bergambar Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Fisika SMK Negeri di Kabupaten Jember. Jurnal Pembelajaran Fisika, 4(3), 268-273.

Rahayu, M., S., Hasan, I., Asmendri, Sari, Milya. (2023). Relevansi Kurikulum dan Pembelajaran dalam Pendidikan. Dharmas Education Journal, 4(1), 108-118.

Rahman, Abd., Munandar, S., A., Fitriani, A., Karlina, Y. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan Dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1).

Ramdhini, Rachmi. (2023). Penerapan Problem Based Learning Berbantuan Media Kartu ASEAN untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kelas 6 SD. Jurnal Pengajaran Sekolah Dasar, 2(1).

Riyanto, Y. (2019). Kurikulum Merdeka: Tantangan dan Peluang Membangun Pendidikan di Era Digital. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 2(1), 30- 36. An’navi, S., Sukartono. (2023). Problematika Guru dalam Menggunakan Media IT pada Pembelajaran Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar. Jayapangus Press Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(3).

Robiyanto. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(2).

Santoso, S. (2021). Panduan Lengkap SPSS 26. Jakarta: Kompas Gramedia.

Sari, E., R., Kurniaman, O. (2019). Penggunaan Media Kartu Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas II SDN 067 Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(2).

Sari, M., Rosidah, A. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar IPS SD. Jurnal Ilmiah Pendidik Indonesia, 2(1), 8–17.

Sari, M., Rosidah, A. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar IPS SD. Jurnal Ilmiah Pendidik Indonesia, 2(1), 8–17.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Alfabeta.

Tuerah, R., M., S., Tuerah, J., M. (2023). Kurikulum Merdeka dalam Perspektif Kajian Teori: Analisis Kebijakan untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran di Sekolah. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(19), 979-988.

Umam, Khoirul. (2021). Kurikulum dan Tuntutan Kompetensi Abad 21. Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(1).

Wulandari, A., P., Salsabila, A., A., Cahyani, K., Nurazizah, T., S., Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 05(02), 3928-3936.

Zainidar. (2021). Peningkatan Kemampuan Membaca Siswa Kelas 1 dengan Menggunakan Permainan Kartu Huruf Bergambar pada Pelajaran Bahasa Indonesia di MIN Kota Jambi. Jurnal Basicedu, 5(3), 1683–1688.

Zubaidillah, M. H., & Hasan, H. (2019). Pengaruh Media Kartu Bergambar (Flash Card) Terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Arab. Al Mi’yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 2(1), 41.

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.