Pengaruh Keterampilan Keuangan, Literasi Keuangan Digital dan Kapabilitas Keuangan Terhadap Pengambilan Keputusan Keuangan Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Sebelas Maret

Anindya Erry Pramesti

Sari

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh keterampilan keuangan terhadap literasi keuangan digital pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Sebelas Maret, (2) pengaruh literasi keuangan digital terhadap kapabilitas keuangan pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Sebelas Maret, (3) pengaruh literasi keuangan digital terhadap pengambilan keputusan keuangan pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Sebelas Maret, serta (4) pengaruh kapabilitas keuangan terhadap pengambilan keputusan keuangan pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Sebelas Maret. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik probability sampling yaitu simple random sampling dengan sampel sebanyak 141 Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Sebelas Maret angkatan 2020-2021. Teknik analisis data menggunakan metode Partial Least Square – Structural Equation Modelling (PLS-SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) keterampilan keuangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap literasi keuangan digital Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Sebelas Maret, (2) literasi keuangan digital berpengaruh positif dan signifikan terhadap kapabilitas keuangan Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Sebelas Maret, (3) literasi keuangan digital berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengambilan keputusan keuangan Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Sebelas Maret, serta (4) kapabilitas keuangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengambilan keputusan keuangan Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Sebelas Maret.

Kata Kunci

keterampilan keuangan; literasi keuangan digital; kapabilitas keuangan; pengambilan keputusan keuangan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Atkinson, A., McKay, S., Collard, S., & Kempson, E. (2007). Levels of financial capability in the UK. Public Money and Management, 27(1), 29–36. https://doi.org/10.1111/j.1467-9302.2007.00552.x

Chu, Z., Wang, Z., Xiao, J. J., & Zhang, W. (2017). Financial Literacy, Portfolio Choice and Financial Well-Being. Social Indicators Research, 132(2), 799–820. https://doi.org/10.1007/s11205-016-1309-2

DeHart, W. B., Friedel, J. E., Lown, J. M., & Odum, A. L. (2016). The effects of financial education on impulsive decision making. PLoS ONE, 11(7), 1–16. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0159561

Golden, Wil .,& Cordie, L. (2022). Digital Financial Literacy. https://doi.org/http://doi.org/10.35847/WGolden.LCordie.4.3.20

Gonçalves, V. N., Ponchio, M. C., & Basílio, R. G. (2021). Women’s financial well-being: A systematic literature review and directions for future research. In International Journal of Consumer Studies (Vol. 45, Issue 4, pp. 824–843). https://doi.org/10.1111/ijcs.12673

Hair, J. F., Risher, J. J., Sarstedt, M., & Ringle, C. M. (2018). When to use and how to report the results of PLS-SEM. European Business Review, 31(1), 2–Chu, Z., Wang, Z., Xiao, J. J., & Zhang, W. (2017). Financial Literacy, Portofolio Choice and Financial Well-Being. Social Indicators Research, 132(2), 799–820. https://doi.org/10.1007/s11205-016-1309-2

Kumar, P., Pillai, R., Kumar, N., & Tabash, M. I. (2023). The interplay of skills, digital financial literacy, capability, and autonomy in financial decision making and well-being. Borsa Istanbul Review, 23(1), 169–183. https://doi.org/10.1016/j.bir.2022.09.012

Kusuma, S.Y., Widyarti, M.T.H., Rokhimah, Z.P., Hartono., & Handayani, J. (2023). Literasi Keuangan Digital Dan Kapabilitas Dalam Pengambilan Keputusan Keuangan Mahasiswa Kota Semarang (pp. 24–33).

Mokhtar, N., Sabri, M. F., & Ho, C. S. F. (2020). Financial Capability and Differences in Age and Ethnicity. Journal of Asian Finance, Economics and Business, 7(10), https://doi.org/10.13106/jafeb.2020.vol7.no10.1081

Muir, K., Hamilton, M., Noone, J. H., Marjolin, A., Salignac, F., & Saunders, P. (2017). Exploring Financial Wellbeing in the Australian Context. Centre for Social Impact & Social Policy Research Centre - University of New South Wales Sydney, for Financial Literacy Australia, 1–58. http://www.csi.edu.au/media/Exploring_Financial_Wellbeing_in_the_Australian_Context_Final_Report.pdf

OECD. (2016). Core Competencies Framework G20 / Oecd Infe Core Competencies Framework on.

OECD. (2020). Advancing the Digital Financial Inclusion of Youth. Oecd, 1–98. https://www.oecd.org/daf/fin/financial-education/advancing-the-digital-financial-inclusion-of-youth.pdf

Prasetiyo Dwi, G., Barry, H., & Hadikusuma, R. (2020). Pengaruh financial literacy terhadap pengambilan keputusan keuangan hahasiswa di Politeknik Negeri Jakarta. Prosiding SEMNASTERA (Seminar Nasional Teknologi Dan Riset Terapan), 233–240.

Ratnaningtyas, H., Bilqis, L. D. R., & Swantari, A. (2022). Perencanaan keuangan pribadi untuk Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bisnis Indonesia. ABDI MOESTOPO: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(2), 141–147. https://doi.org/10.32509/abdimoestopo.v5i2.1770

Sabri, M. F., & Zakaria, N. F. (2015). The influence of financial literacy, money attitude, financial strain and financial capability on young employees’ financial well-being. Pertanika Journal of Social Sciences and Humanities, 23(4), 827–848.

Safitri, L. A., & Dewa, C. B. (2022). Analisa pengaruh literasi keuangan melalui media sosial instagram terhadap pengelolaan keuangan generasi-Z. ASSET: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 5(2). https://doi.org/10.24269/asset.v5i2.6030

Sholihin, M., & Ratmono, D. (2021). Analisis SEM-PLS dengan WarpPLS 7.0 untuk Hubungan Nonlinier dalam Penelitian Sosial dan Bisnis. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Storchi, S., & Johnson, S. (2016). Financial capability for wellbeing : An alternative perspective from the capability approach. Bath Papers in International Development and Wellbeing, 1(2), 1–44.

Valaskova, K., Bartosova, V., & Kubala, P. (2019). Behavioural aspects of the financial decision-making. Organizacija, 52(1), 22–31. https://doi.org/10.2478/orga-2019-0003

Wijayanti, Agustin, G., & Rahmawati, F. (2016). Pengaruh jenis kelamin, IPK, dan semester terhadap literasi keuangan Mahasiswa Prodi S1 Ekonomi Pembangunan Universitas Negeri Malang. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 09(1), 87–96. https://dx.doi.org/10.17977/UM014v09i12016p088

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.