PENGARUH LITERASI KEUANGAN, MEDIA SOSIAL TERHADAP MINAT INVESTASI DENGAN UANG SAKU SEBAGAI VARIABEL KONTROL PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNS

Yani Annisa Nurmalasari, Salman Alfarisy Totalia

Sari

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui (1) pengaruh antara literasi keuangan terhadap minat investasi mahasiswa program studi Pendidikan Ekonomi Universitas Sebelas Maret, (2) pengaruh antara media sosial terhadap minat investasi mahasiswa program studi Pendidikan Ekonomi Universitas Sebelas Maret. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan deskriptif. Sumber data penelitian ini meliputi data primer dan data sekunder. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik probability sampling dengan jenis proportionate stratified random sampling. Pengumpulan data melalui tes dan kuesioner dengan menggunakan google form. Teknik uji validitas yang digunakan adalah teknik korelasi product moment dari Pearson. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini anatar lain statistic deskriptif, uji normalitas, uji linearitas, uji multikolineritas, uji heteroskedastisitas, analisis regresi linear berganda, uji t, uji korelasi parsial, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian dengan analisis regresi linear berganda menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan literasi keuangan terhadap minat investasi pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi UNS, (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan media sosial terhadap minat investasi mahasiswa Pendidikan Ekonomi UNS.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Adnyana, I. M. (2020). Manajemen Investasi dan Protofolio. In Lembaga Penerbitan Universitas Nasional (LPU-UNAS). Lembaga Penerbitan Universitas Nasional (LPU-UNAS)

Apriliani, A. F., & Murtanto, M. (2023). Pengaruh Pengetahuan Investasi, Literasi Keuangan, Efikasi Keuangan, Persepsi Risiko Dan Teknologi Media Sosial Terhadap Minat Investasi. Jurnal Investasi, 9(3), 133–142. https://doi.org/10.31943/investasi.v9i3.281

Faidah, F. (2019). Pengaruh literasi keuangan dan faktor demografi terhadap minat investasi mahasiswa. Journal of Applied Business and Economic, 5(3), 260.

Fauji, R. (2022). Pengaruh Influencer Dan Literasi Keuangan Terhadap Minat Investasi Mahasiswa. 3(2), 82–89. https://doi.org/10.47065/jbe.v3i2.1705

Firdhausa, F., & Apriani, R. (2021). Pengaruh Platform Media Sosial Terhadap Minat Generasi Milenial Dalam Berinvestasi Di Pasar Modal. Supremasi Hukum, 17(02), 96–103. https://doi.org/10.33592/jsh.v17i02.1227

Gede, I., Perdana, B. W., & Yasa, G. W. (2021). The Effect of Minimum Investment Capital, Financial Literacy Level, and Family Environment on Students Investment Interest in the Indonesian Capital Market. American Journal of Humanities and Social Sciences Research, 5, 253–260. www.ajhssr.com

Isticharoh, & Kardoyo. (2020). Minat Investasi Diprediksi Dari Motivasi Diri, Pengetahuan Investasi, dan Teknologi Media Sosial. Economic Education Analysis Journal, 9(3), 892–906. https://doi.org/10.15294/eeaj.v9i3.42414

Kumala, A. N., & Susansti. (2019). Pengaruh pembelajaran manajemen keuangan, literasi keuangan, dan risk tolerance terhadap perilaku berinvestasi mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 07(02), 197–203.

Larasati, R. K., & Yudiantoro, D. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan, Kemajuan Teknologi Informasi, Dan Modal Minimal Terhadap Minat Investasi Pasar Modal. Jurnal Investasi, 8(2), 55–64. https://doi.org/10.31943/investasi.v8i2.206

Luthfiyah, A., Martia, C., & Nurhasanah, F. (2021). Pengaruh Platform Media Sosial Terhadap Minat Generasi Milenial dalam Berinvestasi di Pasar Modal. 5, 10869–10875.

Ningtyas, M. N., & Wafiroh, N. L. (2021). Bagaimana Literasi dan Perilaku Keuangan pada Generasi Milenial? Telaah Bisnis, 20(1), 1. https://doi.org/10.35917/tb.v20i1.183

Onasie, V., & Widoatmodjo, S. (2020). Niat Investasi Generasi Milenial Di Pasar Modal. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 2(2), 318. https://doi.org/10.24912/jmk.v2i2.7924

PT Kustodian Sentral Efek Indonesia. (2023). Siaran Pers AntusiasmeAntusiasme Investor Muda Berinvestasi Terus Meningkat. In Kasei.Co.Id. https://www.ksei.co.id/files/uploads/press_releases/press_file/id-id/232_berita_pers_antusiasme_investor_muda_berinvestasi_terus_meningkat_20231031134735.pdf

Rasuma Putri, N. M. D., & Rahyuda, H. (2017). Pengaruh Tingkat Financial Literacy Dan Faktor Sosiodemografi Terhadap Perilaku Keputusan Investasi Individu. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 9, 3407. https://doi.org/10.24843/eeb.2017.v06.i09.p09

Soleha, E., & Hartati, N. (2021). Analisis Perilaku Keuangan Mahasiswa Universitas Pelita Bangsa dalam Keputusan Investasi ( Analysis of Universitas Pelita Bangsa Student Financial Behavior in Investment Decisions ). 2(01), 59–70.

Sridayani, A. I., Kumalasari, F., & Bay, A. Z. (2023). Pengaruh Pengetahuan Investasi dan Uang Saku terhadap Minat Berinvestasi pada Reksadana. 4(1), 143–151. https://doi.org/10.47065/jtear.v4i1.821

Tumewu, F. (2019). Minat Investor Muda Untuk Berinvestasi Di Pasar Modal Melalui Teknologi Fintech. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 6(2), 133–145. https://doi.org/10.35794/jmbi.v6i2.26170

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.