PENGARUH PERMAINAN EDUKATIF (TUTUP BOTOL GEOMETRI) UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN KEMAMPUAN LOGIS MATEMATIK ANAK USIA DINI

Sherly Adisthy, Nella Oktasari, Zulia Chandra, Nyimas Muazzomi

Sari

Tujuan penyelidikan untuk menentukan apakah permainan tutup botol geometri memengaruhi perkembangan kecerdasan logis dan matematik anak-anak. Penelitian ini menggunakan kepustakaan atau studi literatur, yang berarti mengumpulkan dan menganalisis sumber data dan buku yang telah dibahas sebelumnya. Penelitian kepustakaan termasuk dalam jenis penelitian kualitatif, di mana peneliti tidak melakukan penelitian secara langsung, tetapi menggunakan Google Schooler dan buku sebagai referensi. tentang hasil dan diskusi penelitian. Berdasarkan pembahasan di atas, dapat disimpulkan bahwa permainan tutup botol geometri efektif untuk mengajarkan kecerdasan logis dan matematik kepada anak-anak usia dini. Ini membantu mereka belajar berhitung dan menjadi lebih kognitif. Disisi lain permainan tutup botol geometri juga dapat mengembangkan kemampuan menalar, berpikir logis, dan memecahkan masalah.

Kata Kunci

(Logis Matematik, Tutup Botol Geometri, Permainan Edukatif)

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Azlin Atika Putri, R. S. (2023). Meningkatkan Kecerdasan Logika Matematika Anak.

Jurnal Pendidikan Indonesia, 5

Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7182.

Charlesworth, R. (1990). Math and science for young children.Newyork: Delmar Publisher Inc.

Eny Hidayati dan Hagus Muhayanto. 2016. “Peningkatan Kemampuan Membilang 1-20 Melalui Permainan Tutup Botol pada Anak Kelompok B TK Dharma Wanita Kepuhrejo Kecamatan Takeran Kabupaten Magetan. Jurnal CARE. 2016, Vol 03, No. 2.

Fadillaaini Nasution, M. S. (2024). Pengembangan Kecerdasan Matematika Melalui Papan Media Dadu . Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 53.

Gejard, G., & Melander, H. (2018). Mathematizing in children’s preschool: participation in geometrical discourse. European Early Childhood Education Research Journal, 26(4), 495–511.

Ocha Rismayani, H. M. (2022). Upaya Meningkatkan Kecerdasan Logika Matematika

Pada Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Permainan TUPTOLTAR (Tutup Botol

Pintar) Di KB Nur Darulsalam Banyuasin III. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1166.

Maulidah, p. a. (2021). Pengaruh media TUTI Terhadap pengenalan bangun geometri kelompok B di TK mamba'ul ulum .

N. Fauziyah. (2014). Universitas Muhammadiyah Surakarta. Pengaruh Permainan Balok Dan Permainan Dakon Terhadap Kemampuan Berhitung Permulaan

Ditinjau Dari Kesiapan Sekolah Siswa Tk B Paud Insan Fathonah Bejen Karanganyar

Suyanto, S. (2005). Konsep dasar pendidikan anak usia dini. Jakarta: Depdiknas, 83.

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.