PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR IPA PESERTA DIDIK DI UPTD SMP NEGERI 2 MANDREHE

Jovial Vince Hasrat Gulo, Desman Telaumbanua, Novelina Andriani Zega, Hardikupatu Gulo

Sari

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media audio visual terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA di UPTD SMP Negeri 2 Mandrehe. Media audio visual dipilih karena mampu menyajikan informasi dengan lebih menarik melalui kombinasi suara dan gambar, yang dapat memudahkan pemahaman siswa serta meningkatkan motivasi belajar. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan desain pretest-posttest control group, di mana kelas eksperimen mendapatkan pembelajaran dengan media audio visual, sedangkan kelas kontrol menggunakan metode konvensional. Data dikumpulkan melalui angket motivasi belajar sebelum dan sesudah perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media audio visual berpengaruh signifikan terhadap peningkatan motivasi belajar siswa, yang ditandai dengan hasil posttest kelas eksperimen yang lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan metode pembelajaran yang lebih efektif, terutama dalam meningkatkan motivasi belajar siswa melalui penggunaan media yang interaktif dan menarik. Dari hasil pengolahan data, diketahui rata-rata peningkatan motivasi belajar Kelas Eksperimen sebesar 84,38 dengan kategori tinggi, sedangkan Kelas Kontrol sebesarn 68,42 dengan kategori Tinggi. Berdasarkan hasil analisis, jika dibandingkan perolehan rata-rata motivasi belajar akhir peserta didik pada kelas eksperimen dan kelas kontrol dapat diketahui bahwa terdapat peningkatan motivasi belajar peserta didik setelah diberikan perlakuan, dan selain itu dapat pula diketahui bahwa motivasi belajar akhir peserta didik kelas eksperimen memperoleh rata-rata motivasi belajar yang lebih tinggi dibandingkan rata-rata motivasi belajar kelas kontrol.

Kata Kunci

Pengaruh Media, Media Audio Visual, Motivasi Belajar, Pembelajaran IPA, Peserta Didik

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Anisa N, (2020), Pengaruh Penggunaan media Audio Visual dan Motivasi terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas VIII di MTS Negeri 3 Seluma Kecamatan Ilir Talo Kabupaten Seluma. Institut Agama Islam Negeri Bengkulu

Angreiny, D., Muhiddin, M., & Nurlina, N. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri Bontoramba. 4(1), 42–49.

Aeniyah, W., & Meilana, S. F. (2021). Pengaruh Media Audiovisual Terhadap Motivasi Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Putra Jaya. 7(3), 888–894. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1287

Arsyad,Azhar.2018. Abdul Rozak, Darmadi Dan Wasilatul Murtafiah,(2019).Pengembangan Media Pembelajaran SASA- AURA Untuk Meningkatakan Prestasi Peserta Didik Smk Cendekia Madium.Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Penegtahuan,Vol.18 No.1

Media Pembelajaran.Jakarta: Raja Grafindo Persada A.M,Sardiman.2018. Interakasi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta :Pt Raja Grafindo

Budi wahyono dan Setya Nurachmandani, Ilmu Pengetahuan Alam Untuk SD/MI Kelas IV, Klaten : PT Macanan Jaya Cemerlang, 2016

Depdiknas. 2003. Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.Jakarta

Gusliana, E., Ngarifin, S. Al, Masrur, M., Jalan, A., Wonokriyo, R., & Pringsewu, G. (n.d.). Pengaruh Media Audio-Visual Terhadap Motivasi Belajar Siswa Selama Masa Pandemi Covid-19 Di Mi Al Fajar Pringsewu ( The Influence Of Audio-Visual Media On Students ’ Learning Motivation During The Pandemic Time Of Covid-19 At Mi Al Fajar Pringsewu ). 55–60.

Muhtarom dkk., Pengaruh Media Audio-Visual Terhadap Motivasi Belajar Siswa Selama Masa Pandemi Covid-19 Di Mi Al Fajar Pringsewu. 55-60

Rustandi, A.A, Harniati, & Kusnadi, D. (2020). Peran Media Interaktif Dalam Pemebelajaran Pai Bagi Gaya Belajar Siswa Visual.Jurnal Inovasi Penelitian, 1(3), 599-597

Shohiq, (2016), Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri Malang I. Universitas Islam Maulana Malik Ibrahim

Setiawati I, (2019), Pengaruh Media Audio-Visual Terhadap Motivasi Belajar Siswa Selama Masa Pandemi Covid-19 Di Mi Al Fajar Pringsewu. Univesitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah

Sari, M., & Asmendri, A. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA. Natural Science, 6(1), 41–53. https://doi.org/10.15548/nsc.v6i1.1555

Sudijono, Anas. 2019.Pengantar Statisyik Pendidikan.jakarta: kencana Sugiyono. 2019 Metode Kuantitatif Kualitatif Dan R&D.Bandung:cv. Sugiyono, (2019). METODE PENELITIAN KUANTITATIF DAN R&D. Bandung: ALFABETA

Sugiyono, (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Dan R&D. Bandung: CV Alfabeta

Syaiful, Bahari,Aswan Zain. 2019 Strategi Belajar Mengajar . Jakarta: Kencana Prenada

Sanjaya, Wina 2019 . Mengukur Minat Studi Siswa Sma dan Smk Di Kota Bogor Pada Program Studi Kewirausahaan. Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinngi.Vol.3 No. 1

Slameto. 2019 Belajar Dan Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Tambusai, J. P. (2019). Jurnal Pendidikan Tambusai | 936. 3, 936–945. Thursan Hakim. 2019 .Belajar Secata Efektif. Jakarta . Niaga Swadaya

Undang-Undang Republik indonesia Nomor Tahun 2003 tentang sistem Pendidikan Nasional n8 juli 2003. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2003 Nomor 4301 jakarta

Usman H Dan Sentiady, P, (2019) PENGANTAR PENDIDIKAN. BANDUNG : Bumi Aksara

Wardan Khusnul. (2020) Motivasi Kerja Guru Dalam Pembelajaran (Rianto Rante Rerung (ed); 1 st ed.). penerbit media sains Indonesia

Yuanta, F. (2017). Pengembangan Media Audio Visual Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Untuk Sekolah Dasar.

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.