PERAN GURU IPA SEBAGAI FASILITATOR DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI UPTD SMP NEGERI 1 SIROMBU
Sari
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Agustian, I., Saputra, H. E., & Imanda, A. (2019). Pengaruh Sistem Informasi Manajamen Terhadap Peningkatan Kualitas Pelayanan Di Pt. Jasaraharja Putra Cabang Bengkulu. Profesional: Jurnal Komunikasi Dan Administrasi Publik, 6(1), 42–60. https://doi.org/10.37676/professional.v6i1.837
Angga, A., Suryana, C., Nurwahidah, I., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Komparasi Penerapan Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5877–5889.
Apriatni, S., Novaliyosi, N., Nindiasari, H., & Sukirwan, S. (2023). Analisis Kesiapan Madrasah dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka (Studi di MAN 2 Kota Serang). JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(1), 435–446. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i1.1399
Arif Muadzin, A. M. (2021). Konsepsi Peran Guru Sebagai Fasilitator dan Motivator Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 171–186. https://doi.org/10.37286/ojs.v7i2.102
Ariga, S. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Pasca Pandemi Covid-19. Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 662–670. https://doi.org/10.56832/edu.v2i2.225
Babuta, A. I., & Rahmat, A. (2019). Peningkatan Kompetensi Pedagodik Guru Melalui Pelaksanaan Supervisi Klinis Dengan Teknik Kelompok. Al-Tanzim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 1–28. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v3i1.496
Cholilah, M., Tatuwo, A. G. P., Komariah, & Rosdiana, S. P. (2023). Pengembangan Kurikulum Merdeka Dalam Satuan Pendidikan Serta Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Abad 21. Sanskara Pendidikan Dan Pengajaran, 1(02), 56–67. https://doi.org/10.58812/spp.v1i02.110
Darlis, A., Sinaga, A. I., Perkasyah, M. F., Sersanawawi, L., & Rahmah, I. (2022). Pendidikan Berbasis Merdeka Belajar. Journal Analytica Islamica, 11(2), 393. https://doi.org/10.30829/jai.v11i2.14101
Deriyanto, D., Qorib, F., Komunikasi, J. I., Tribhuwana, U., & Malang, T. (2018). Persepsi mahasiswa universitas tribhuwana tunggadewi malang terhadap penggunaan aplikasi tik tok. 7(2), 77–83.
Efendi, R. M. (2023). Peran Guru Dalam Menanamkan Kebersihan Diri Pada Anak Usia Dini. BOCAH: Borneo Early Childhood Education and Humanity Journal, 2(1), 13–19. https://doi.org/10.21093/bocah.v2i1.5597
Fadillah, H. (2023). Peran Guru Dalam Pelaksanaan Kurikulum Merdeka di Sekolah Menengah Pertama pada Sekolah Binaan. Indopedia Journal, 1, 164–173.
Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075
Fajar, S. (2021). Supervisi Kunjungan Kelas Untuk Meningkatkan Peran Guru Smp Negeri 9 Bintan Sebagai Fasilitator Pembelajaran. Daiwi Widya, 08(2), 116–124. https://ejournal2.unipas.ac.id/index.php/DW/article/view/817
Suminarsih, E., Tampubolon, B., & Anasi, P. T. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Pada Pembelajaran Geografi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Sma Negeri 2 Sungai Raya Artikel Eka Suminarsih Program Studi Pendidikan Geografi. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(11), 3–11.
Turang, A. J., Golung, A. M., Pasoreh, Y., Studi, P., Perpustakaan, I., Ilmu, F., Ratulangi, U. S., & Bahu, U. (2023). Manfaat Klasifikasi Bahan Pustaka Di UPT Perpustakaan Untuk Temu Kembali Informasi Bagi Pengguna Khususnya Mahasiswa UNSRAT. 5, 1–6.
Warsono, H., Astuti, R. S., & Ardiyansyah. (2022). Metode Pengolahan Data Kualitatif Menggunakan Atlas.ti.
Widiyaningsih, P., & Narimo, S. (2023). Peran Guru dalam Memaksimalkan Semangat Belajar Peserta Didik pada Implementasi Program Kurikulum Merdeka di SMK Negeri 1 Boyolali. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(8), 6325–6332. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i8.2753
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.