PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MEDIA KOTAK SIFAT CAHAYA DI KELAS V SDN 09 PALEMBANG
Sari
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Amakraw, Y., & Kartika, N. (2022). Strategi Implementasi Praktikum Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Untuk Siswa Sekolah Dasar dan Menengah. SEARCH: Science Education Research Journal, 1(1), 34–41.
Ansya, Y. A. (2023). Upaya Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar pada Pembelajaran IPA Menggunakan Strategi PjBL (Project-Based Learning). Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan, 3(1), 43–52.
Anugrah, M. (2019). Penelitian Tindakan Kelas:(Langkah-Langkah Praktis Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas). Penerbit LeutikaPrio.
Arifin, M. B. U. B. (2018). Buku ajar metodologi penelitian pendidikan. Umsida Press, 1–143.
Ayuningtias, S. P. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOTAK SIFAT-SIFAT CAHAYA (KOSICA) BERBASIS ADOBE FLASH CS6 UNTUK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. UNIVERSITAS PERADABAN.
Azkiya, H. dan M. (2019). Improvement of interest and thematic learning outcomes using the class I media student I class I SDIT Nurul Ikhlas Padang. Jurnal CERDAS Proklamator, 7(2), 145–150.
Budiwati, R., Budiarti, A., Muckromin, A., Hidayati, Y. M., & Desstya, A. (2023). Analisis Buku IPAS Kelas IV Kurikulum Merdeka Ditinjau dari Miskonsepsi. Jurnal Basicedu, 7(1), 523–534.
Elkhaira, U., Padang, U. N., & Padang, U. N. (2020). Improvement of Student Learning Outcomes in Integrated Thematic Learning Using Portfolio Learning Model in Class V Sd Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada. Jurnal CERDAS Proklamator, 8(1), 10–18.
Fadhilah, E., Subari, I., & Kirana, A. R. (2022). Penggunaan Media Kotak Sifat Cahaya Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Gedong Air. CERDAS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Dasar, 1(2), 473–484.
Faradhita. (2022). Media Kotak Cahaya Untuk Meningkatkan Pemahaman Danhasil Belajar Ipa Pada Tatap Muka Tatap Muka Terbatas. Jurnal Pendidikan, 276–289.
Ginting, R. F., Ramadhani, S., & Juniarti, I. (2024). Menyiasati Tantangan Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas. Sindoro: Cendikia Pendidikan, 3(8), 10–20.
Jacub, T. A., Marto, H., & Darwis, A. (2020). Model pembelajaran Problem Based Learning dalam peningkatan hasil belajar IPS (studi penelitian tindakan kelas di SMP Negeri 2 Tolitoli). Tolis Ilmiah: Jurnal Penelitian, 2(2).
MAHERA, R. (2023). PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBANTUAN LABORATORIUM VIRTUAL PADA MATERI SIFAT-SIFAT CAHAYA. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Mulyati, S., & Evendi, H. (2020). Pembelajaran matematika melalui media game quizizz untuk meningkatkan hasil belajar matematika SMP. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 64–73.
Nugrahanti, R., Suryadi, A., & Dewi, H. I. (2022). Studi Model Pembelajaran Konstruktivisme Berbasis Mind Mapping Untuk Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar. Instruksional, 4(1).
Prasetya, S. R., & Muhroji, M. (2022). Penggunaan Alat Peraga Kotak Sifat Cahaya (Kosifacay) dalam Penguasaan Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4848–4854. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2959
Purba, N. A., & Anas, N. (2024). Pengaruh Media Kotak Sifat Cahaya (Kosica) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPA di Kelas IV Sekolah Dasar. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(2), 2717–2728.
Rachmadyanti, P. (2017). Penguatan pendidikan karakter bagi siswa sekolah dasar melalui kearifan lokal. JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 3(2), 201–214.
Rosala, D. (2016). Pembelajaran seni budaya berbasis kearifan lokal dalam upaya membangun pendidikan karakter siswa di sekolah dasar. Ritme, 2(1), 16–25.
Rosdiana, S., Zaenah, Y. I., Rahmawati, B., Aulia, S. N., & Zainudin, Z. (2023). Isu Tentang Jumlah Siklus Penelitian Dalam Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Kreativitas Mahasiswa, 1(1), 76–84.
Sa’adah, N. (2023). Penerapan Model Pembelajaran STAD untuk Meningkatkan Karakter Kreatif Siswa pada Pembelajaran IPA tema Sifat-Sifat Cahaya Kelas IV di MI Nabaul Ulum Pati. IAIN KUDUS.
Sahira, S., Rejeki, R., Jannah, M., Gustari, R., Nasution, Y. A., Windari, S., & Reski, S. M. (2022). Implementasi Pembelajaran Ips Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Di Sekolah Dasar. Autentik: Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 6(1), 54–62.
Saputra, N. (2021). Penelitian tindakan kelas. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Sholiha, M., Tamam, B., & Munawaroh, F. (2017). Pengembangan Media Kotak Cahaya Pelajaran IPA Materi Sifat-Sifat Cahaya. Rekayasa, 10(1), 34–43.
Siswono, T. Y. E., & Ramdhani, S. (2023). Pengembangan Big Komik Tematik Integratif Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Karakter Gotong Royong Materi Sifat Sifat Cahaya Bagi Siswa Kelas 4. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 10(1), 18–33.
Sufiyanto, M. I., & Hefni, M. (2021). Analisis penggunaan praktikum sederhana untuk meningkatkan keterampilan proses sains Di SDN Durbuk III pamekasan tahun pelajaran 2019/2020. EDUPROXIMA (JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN IPA), 3(1), 1–17.
Susilo, H., Chotimah, H., & Sari, Y. D. (2022). Penelitian tindakan kelas. Media Nusa Creative (MNC Publishing).
Tanjung, D. S., Pinem, I., Mailani, E., & Ambarwati, N. F. (2024). Penelitian Tindakan Kelas. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Tira, Y., Suwandi, I., & Rifki, M. (2024). Pendidikan Karakter Siswa Sekolah Dasar dalam Perspektif Islam. Murid: Jurnal Pemikiran Mahasiswa Agama Islam, 2(1), 1–12.
Umbara, U. (2017). Implikasi teori belajar konstruktivisme dalam pembelajaran matematika. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 3(1), 31–38.
Uno, H. B., & Nina Lamatenggo, S. E. (2022). Teori kinerja dan pengukurannya. Bumi Aksara.
Widiasworo, E. (2018). Mahir penelitian pendidikan modern metode praktis penelitian guru, dosen dan mahasiswa keguruan. Araska Publisher.
Yetty Morelent, R. Y. (2023). PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PADA SISWA KELAS III MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) SD NEGERI 29 GANTIANG UTARA PADANG. Jurnal CERDAS Proklamator, 11(2), 235–242. https://doi.org/10.14341/cong23-26.05.23-39
DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v5i1.17564
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##