EFEKTIVITAS MEDIA RB (READ BOX) DALAM KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN DI SEKOLAH DASAR KELAS RENDAH

Annisa Inaydamariny, Diah Gusrayani, Dadan Djuanda

Sari

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas media Read Box (RB) dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada peserta didik sekolah dasar. Metode yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain pre-eksperimen one group pretest-posttest. Sampel penelitian terdiri dari 30 siswa kelas rendah yang diberikan tes pretest sebelum menggunakan media RB dan posttest setelahnya. Analisis data dilakukan dengan uji normalitas, uji Wilcoxon, dan uji N-Gain menggunakan IBM SPSS Statistics 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai pretest peserta didik sebesar 76,6 meningkat menjadi 92,03 pada posttest. Uji Wilcoxon menghasilkan nilai signifikansi 0,000 (p < 0,05), yang menandakan adanya peningkatan yang signifikan dalam kemampuan membaca permulaan. Analisis N-Gain menunjukkan skor rata-rata sebesar 0,659, yang termasuk dalam kategori tinggi. Temuan ini menunjukkan bahwa media RB efektif dalam meningkatkan keterampilan membaca peserta didik. Dengan demikian, penggunaan media RB dapat dijadikan sebagai alternatif strategi pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan secara lebih interaktif dan menyenangkan.Kata Kunci: efektivitas, kemampuan membaca ,media, read box, permulaan

Kata Kunci

Kata Kunci: efektivitas, kemampuan membaca ,media, read box, permulaan

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.