EFEKTIVITAS MEDIA RB (READ BOX) DALAM KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN DI SEKOLAH DASAR KELAS RENDAH

Annisa Inaydamariny, Diah Gusrayani, Dadan Djuanda

Sari

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas media Read Box (RB) dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada peserta didik sekolah dasar. Metode yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain pre-eksperimen one group pretest-posttest. Sampel penelitian terdiri dari 30 siswa kelas rendah yang diberikan tes pretest sebelum menggunakan media RB dan posttest setelahnya. Analisis data dilakukan dengan uji normalitas, uji Wilcoxon, dan uji N-Gain menggunakan IBM SPSS Statistics 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai pretest peserta didik sebesar 76,6 meningkat menjadi 92,03 pada posttest. Uji Wilcoxon menghasilkan nilai signifikansi 0,000 (p < 0,05), yang menandakan adanya peningkatan yang signifikan dalam kemampuan membaca permulaan. Analisis N-Gain menunjukkan skor rata-rata sebesar 0,659, yang termasuk dalam kategori tinggi. Temuan ini menunjukkan bahwa media RB efektif dalam meningkatkan keterampilan membaca peserta didik. Dengan demikian, penggunaan media RB dapat dijadikan sebagai alternatif strategi pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan secara lebih interaktif dan menyenangkan.Kata Kunci: efektivitas, kemampuan membaca ,media, read box, permulaan

Kata Kunci

Kata Kunci: efektivitas, kemampuan membaca ,media, read box, permulaan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Ani Daniyati, Ismy Bulqis Saputri, Ricken Wijaya, Siti Aqila Septiyani, & Usep Setiawan. (2023). Konsep Dasar Media Pembelajaran. Journal of Student Research, 1(1), 282–294. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i1.993

Daindo, I. (2023). Implementasi Media Kartu Huruf Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas I Regina Pacis Bajawa. Jurnal Citra Pendidikan, 3(1), 775–780. https://doi.org/10.38048/jcp.v3i1.1474

Fauziah, R. (2016). Penerapan Whole Language Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 12–24. https://ejournal.upi.edu/index.php/jpgsd/article/view/9059

Ani Daniyati, Ismy Bulqis Saputri, Ricken Wijaya, Siti Aqila Septiyani, & Usep Setiawan. (2023). Konsep Dasar Media Pembelajaran. Journal of Student Research, 1(1), 282–294. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i1.993

Daindo, I. (2023). Implementasi Media Kartu Huruf Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas I Regina Pacis Bajawa. Jurnal Citra Pendidikan, 3(1), 775–780. https://doi.org/10.38048/jcp.v3i1.1474

Fauziyah, M. U., Hamdu, G., & Apriliya, S. (2017). Bentuk-Bentuk Kesalahan Membaca Permulaan Siswa SD Kelas Rendah. Pedadidaktika : Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(1), 149–157.

Hasanah, A., & Lena, M. S. (2021). Analisis Kemampuan Membaca Permulaan dan Kesulitan yang Dihadapi Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 3296–3307. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.526

Irwanto, A., Sumartiningsih, S., & Putra, R. B. A. (2022). The Effect of Using Hand Paddles and Leg Loads on the Speed of 50 Meter Freestyle Swimming in Rejang Lebong Regency. Journal of Physical Education and Sports, 11(4), 510–516. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpes/article/view/72908%0Ahttps://journal.unnes.ac.id/ sju/index.php/jpes/article/download/72908/24993

Muslih, M. A., Odah, S. ", Hasan, N., & Tangerang, M. (2022). Analisi Kemampuan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas 2 DI SD Negeri Pekojan 02 Petang Kota Jakarta Barat. PANDAWA : Jurnal Pendidikan Dan Dakwah, 4(1), 66–83. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pandawa

Noviyanti, A., Abadi, R. F., & Pratama, T. Y. (2021). Penggunaan media roda putar dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan bagi anak dengan hambatan intelektual ringan. Jurnal UNIK: Pendidikan Luar Biasa, 6(2), 101. https://doi.org/10.30870/unik.v6i2.12989 Nurhadi. (2020). Transformasi Teori Kognitivisme. Bintang : Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2(1), 16–

Rahmah, N. N., & Amaliya, N. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Big Book Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 738–745. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2581

Rahmasari, S., Setiyoko, D. T., & Sunarsih, D. (2022). Problematika Peserta Didik Dalam Belajar Membaca Permulaan. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 2022(18), 376–390. https://doi.org/10.5281/zenodo.7135770.

Rangkuti, A. N. (2019). METODE PENDIDIKAN PENELITIAN Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, PTK, dan Penelitian Pengembangan.

Salmon Amtiran. (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia Dini Menggunakan media gambar kartu huruf di Paud Mekar Sari Liman. Ta’rim: Jurnal Pendidikan Dan Anak Usia Dini, 4(1), 94–105. https://doi.org/10.59059/tarim.v4i1.91

Sintha Setyastuti, C., Budi Santoso, A., & Haryanti, U. (2021). upaya guru dalam mengatasi kesulitan membaca permulaan pada siswa kelas I sdn 1 munggung. Berajah Journal, 2(1), 58– 62.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan kuantitatif,kualitatif,dan R&D).

Bandung: Alfabeta.

Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 5(2), 3928–3936. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1074

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.