Pengaruh Model Game-Based Learning pada Keterampilan Berbicara Peserta Didik SD

Nurul Lubna Gajalba, Prana Dwija Iswara, Diah Gusrayani

Sari

Dalam pembelajaran berbahasa, siswa memiliki hasil belajar yang kurang maksimal. Hal tersebut disebabkan karena salah satu faktor yaitu guru seringkali kebingungan dalam menentukan strategi belajar yang dapat meningkatkan keterampilan berbahasa khususnya dalam konteks berbicara. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model game-based learning pada keterampilan berbicara siswa sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen yang termasuk dalam metode kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah Pre-experimental dengan bentuk One-Group Pretest-Posttest. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah Probability Sampling dengan bentuk Simple Random Sampling yang berjumlah 25 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes keterampilan berbicara. Hasil dari pengujian hipotesis menunjukkan adanya pengaruh dari model game-based learning pada keterampilan berbicara peserta didik sekolah dasar. Hal tersebut ditunjukkan dengan pengujian statistik yaitu uji paired sample t-test dengan hasil 0.000 < 0.05. Kemudian dilihat seberapa besar pengaruh dari model game-based learning menggunakan uji n-gain yang memperoleh hasil rata-rata sebesar 0.55.

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.