PENGARUH MODEL GAME-BASED LEARNING PADA KETERAMPILAN BERBICARA PESERTA DIDIK SD

Nurul Lubna Gajalba, Prana Dwija Iswara, Diah Gusrayani

Sari

Dalam pembelajaran berbahasa, siswa memiliki hasil belajar yang kurang maksimal. Hal tersebut disebabkan karena salah satu faktor yaitu guru seringkali kebingungan dalam menentukan strategi belajar yang dapat meningkatkan keterampilan berbahasa khususnya dalam konteks berbicara. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model game-based learning pada keterampilan berbicara siswa sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen yang termasuk dalam metode kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah Pre-experimental dengan bentuk One-Group Pretest-Posttest. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah Probability Sampling dengan bentuk Simple Random Sampling yang berjumlah 25 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes keterampilan berbicara. Hasil dari pengujian hipotesis menunjukkan adanya pengaruh dari model game-based learning pada keterampilan berbicara peserta didik sekolah dasar. Hal tersebut ditunjukkan dengan pengujian statistik yaitu uji paired sample t-test dengan hasil 0.000 < 0.05. Kemudian dilihat seberapa besar pengaruh dari model game-based learning menggunakan uji n-gain yang memperoleh hasil rata-rata sebesar 0.55.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Djollong, A. F. (2014). Tehnik Pelaksanaan Penelitian Kuantitatif (Technique of Quantitative Research). Istiqra’ : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 2(1), 86–100. https://jurnal.umpar.ac.id/index.php/istiqra/article/view/224

Rahma, H., & Wiranti, D. (2024). Pengaruh Model Games Based Learning Terhadap Keterampilan Berbahasa Jawa Krama Kelas V SDN 03 Sekuro. JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah), 6(1), 17–24. https://doi.org/10.30599/jemari.v6i1.3095

Sa’diyah, L. S., & Nugraheni, A. S. (2023). Alternatif Strategi Pembelajaran Melalui Kegiatan Bercerita dan Dramatisasi Kreatif dalam Pembelajaran Berbahasa Lisan. Lingua Franca:Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 7(1), 86. https://doi.org/10.30651/lf.v7i1.7176

Wajdi, F., Seplyana, D., Juliastuti, Rumahlewang, E., Fatchiatuzahro, Halisa, N. N., Rusmalinda, S., Kristiana, R., Niam, M. F., Purwanti, E. W., Melinasari, S., & Kusumaningrum, R. (2024). Metode Penelitian Kuantitatif. In E. Damayanti (Ed.), Widina (1st ed., Vol. 7, Issue 2). Widina Media Utama. https://repository.penerbitwidina.com/media/publications/567818-metode-penelitian-kuantitatif-2aa4ad16.pdf

Wibawa, A. C. P., Mumtaziah, H. Q., Sholaihah, L. A., & Hikmawan, R. (2021). Game-based learning (gbl) sebagai inovasi dan solusi percepatan adaptasi belajar pada masa new normal. INTEGRATED (Journal of Information Technology and Vocational Education), 3(1), 17–22. https://doi.org/10.17509/integrated.v3i1.32729

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.