PARADIGMA DEEP LEARNING DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH ABAD 21: UPAYA MEMBANGUN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA

Aan Suryana, Jono Jono

Sari

Materi pembelajaran sejarah dari tingkat SD-SMA/SMK terkesan hanya melakukan pengulangan saja, sehingga dianggap kurang relevan dengan perkembangan zaman. Hal ini berdampak pada minat peserta didik untuk belajar sejarah. Tujuan penelitian yaitu untuk mendeskripsikan dan mengidentifikasi paradigma deep learning dalam pembelajaran sejarah pada abad 21. Metode penelitian yang digunakan, yaitu metode kualitatif studi pustaka, dengan pengumpulan data melalui buku, artikel jurnal, makalah, prosiding, hasil penelitian, dan sumber relevan lainnya. Teknik analisis data yang digunakan, yaitu teknik analisis isi melalui langkah-langkah menentukan tujuan khusus yang akan dicapai, mengartikan istilah-istilah yang penting, mengkhususkan unit yang akan dianalisis, mencari data yang relevan, membangun rasional konseptual untuk menjelaskan bagaimana data berkaitan dengan tujuan,  merencanakan penarikan sampel, dan merumuskan pengkodean kategori. Hasil penelitian menunjukan bahwa paradigma deep learning dalam pembelajaran sejarah di abad 21 sangat relevan dengan mengimplementasikan strategi serta metode pendekatan yang sesuai dengan teknologi informasi, sehingga materi sejarah lebih kontekstual dan sesuai dengan kondisi saat ini. Berdasarkan hal tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa pembelajaran sejarah abad 21 melalui implementasi paradigma deep learning akan lebih menarik, bukan sekedar hafalan, namun peserta didik mampu memahami dan menganlisis secara mendalam, sehingga bisa berinovasi. Hasil penelitian ini memberikan kontribusi pada pembelajaran sejarah di sekolah abad 21 supaya pembelajaran lebih menarik dan menyenangkan, pendidik harus mampu menyesuaikan dengan perkembangan zaman, terutama dalam penggunaan strategi, model, metode, maupun materi ajar.

Kata Kunci

Berfikir Kritis, Deep learning, Paradigma, Pembelajaran Sejarah

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Akbar, N. C. (2023). PENTINGNYA PENDIDIKAN SEJARAH GUNA MEMPERKUAT IDENTITAS NASIONAL BANGSA INDONESIA. Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(3). Diambil kembali dari https://journal.penerbitjurnal.com/index.php/educational/article/view/26/18

Alit, D. M. (2020). Inquiry DiscoveryLearning dan Sejarah Lokal :Pembelajaran Sejarah Menghadapi Tantangan Abad 21. Social Studies, 8(1). Diambil kembali dari https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/socialstudies/article/view/743

Bentz, V. M. (1992). Deep Learning Groups: Combining Emotional and Intellectual Learning. Clinical Sociology Review, 10. Diambil kembali dari chrome-extension://efaidnbmnnnibpcajpcglclefindmkaj/https://digitalcommons.wayne.edu/cgi/viewcontent.cgi?article=1220&context=csr

Bråten, O. M., & Skeie, G. (2020). ‘Deep Learning’ in Studies of Religion and Worldviews in Norwegian Schools? The Implications of the National Curriculum Renewal in 2020. Religions, 11. doi:10.3390/rel11110579

Erwin. (t.thn.). https://fkipuniska.ac.id/deep-learning/. Diambil kembali dari https://fkipuniska.ac.id/deep-learning/: https://fkipuniska.ac.id/deep-learning/

Fatmawati, I. (2025). TransformasiPembelajaran Sejarah dengan Deep Learning Berbasis Digital untuk Gen Z. Jurnal REVORMA, 5(1). Diambil kembali dari https://ejournal-revorma.sch.id/index.php/mansa/article/view/140/61

Fraenkel, J. R., & Wallen, N. E. (2007). How to Design and Evaluate Research in Education . Singapore : The McGraw-Hill Companies.

Kovač, V. B., Nome, D. Ø., Jensen, A. R., & Skreland, L. L. (2023). The why, what and how of deep learning: critical analysis and additional concerns. Education Inquiry. doi:https://doi.org/10.1080/20004508.2023.2194502

Menengah, K. P. (2025, Februari 17). http://smk.kemdikbud.go.id/konten/123/mendikdasmen-tekankan-peran-deep-learning-dalam-meningkatkan-kualitas-pendidikan-indonesia. Diambil kembali dari http://smk.kemdikbud.go.id/konten/123/mendikdasmen-tekankan-peran-deep-learning-dalam-meningkatkan-kualitas-pendidikan-indonesia: http://smk.kemdikbud.go.id/konten/123/mendikdasmen-tekankan-peran-deep-learning-dalam-meningkatkan-kualitas-pendidikan-indonesia

Mestika, Z. (2008). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta : Yayasan Obor Indonesia.

pendidikan-sains.fmipa.unesa.ac.id. (t.thn.). https://pendidikan-sains.fmipa.unesa.ac.id/post/mengintegrasikan-deep-learning-dalam-kurikulum-sekolah-peluang-dan-tantangan. Diambil kembali dari https://pendidikan-sains.fmipa.unesa.ac.id/post/mengintegrasikan-deep-learning-dalam-kurikulum-sekolah-peluang-dan-tantangan: https://pendidikan-sains.fmipa.unesa.ac.id/post/mengintegrasikan-deep-learning-dalam-kurikulum-sekolah-peluang-dan-tantangan

Pertiwi, E. Y. (2018). UPAYA MENINGKATKAN KESADARAN SEJARAH NASIONAL DALAM ERA GLOBALISASI. Civic Edu, 2(1). doi:https://doi.org/10.23969/civicedu.v2i1.625

Pratama, M. Y., Safitri, I., Sinambela, S. K., Pasaribu, N. Y., Panjaitan, N. A., & Ivanna, J. (2023). PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN SEJARAH DALAM ERA SOCIETY 5.0 DI SMA NEGERI 13 MEDAN. Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 10(4). doi:http://dx.doi.org/10.31604/jips.v10i4.2023.1869-1875

Rahiem, M. D. (2025, Janauri 15). https://uinjkt.ac.id/id/deep-learning-dan-strategi-pendidikan-berkualitas. Diambil kembali dari https://uinjkt.ac.id/id/deep-learning-dan-strategi-pendidikan-berkualitas: https://uinjkt.ac.id/id/deep-learning-dan-strategi-pendidikan-berkualitas

Raup, A., Ridwan, W., Khoeriyah, Y., Supiana, & Zaqiah, Q. Y. (2022). Deep Learning dan Penerapannya dalam Pembelajaran. JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan), 5(9). doi:https://doi.org/10.54371/jiip.v5i9.805

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susrianto, E. (t.thn.). Peranan Pendidikan Sejarah Dalam Membangun Karakter Bangsa. Diambil kembali dari chrome-extension://efaidnbmnnnibpcajpcglclefindmkaj/https://media.neliti.com/media/publications/22974-ID-peranan-pendidikan-sejarah-dalam-membangun-karakter-bangsa.pdf

Suyanto, Mubarak, A. Z., & Suryadi, B. (2025). Naskah Akademik Pembelajaran Mendalam Menuju Pendidikan Bermutu untuk Semua. Diambil kembali dari chrome-extension://efaidnbmnnnibpcajpcglclefindmkaj/https://uploads.belajar.id/document/files/Naskah_Akademik_Pembelajaran_Mendalam-_Menuju_Pendidikan_Bermutu_untuk_Semua_01jszq77ampt2h6r1v03gd7xhm.pdf

UNJ, F. (2025, Pebruari 15). https://fis.unj.ac.id/dr-kurniawati-ungkap-rahasia-deep-learning-dalam-seminar-mgmp-sejarah-dki-jakarta/. Diambil kembali dari https://fis.unj.ac.id/dr-kurniawati-ungkap-rahasia-deep-learning-dalam-seminar-mgmp-sejarah-dki-jakarta/: https://fis.unj.ac.id/dr-kurniawati-ungkap-rahasia-deep-learning-dalam-seminar-mgmp-sejarah-dki-jakarta/

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.