PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN IPA PADA MATERI GAYA DI SEKITAR KITA KELAS IV SEKOLAH DASAR
Sari
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Aisyah, S., & Astuti, R. (2021). Analisis Mengenai Telaah Kurikulum K-13 pada Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 1.
Alfina, L., Fakhrudin, A., & Lubis, H. P. (2023). Pengembangan Modul Pembelajaran Berorientasi Problem Based Learning Materi Sumber Energi Kelas IV Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. 2477-2143.
Alifa, S. N., Hanafi, S., & Nulhakim, L. (2021). Pengembangan Media Video Pembelajaran Animasi Berbasis Kinemaster untuk Meningkatkan Pemahaman pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas IV SDN Kedaleman IV. 174.
Apriansyah, M. R., Sambowo, K. A., & Maulana, A. (2020). Pengembangan Pembelajaran Video Berbasis Animasi Mata Kuliah Ilmu Bahan Bangunan di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, 9(1), 11.
Azahra, S., Purnamasari, R., & Anjaswuri, F. (2023). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Kinemaster pada Pembelajaran Seni Musik di Sekolah Dasar. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 7.
Budiwati, R., Budiarti, A., Muckromin, A., Hidayati, Y. M., & Desstya, A. (2023). Analisis Buku IPAS Kelas IV Kurikulum Merdeka Ditinjau dari Minskonsepsi. Jurnal Basicedu, 7(1) 523-534).
Cahyanti, A. S., Utaminingsih, R., & Rahayu, A. (2023). Pengembangan Animasi Pembelajaran Berbasis Kinemaster untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik pada Materi IPA. Indonesian Journal of Learning and Educational Studies, 3.
Cholilah, M., Tatuwo, P. G., Komariah, Rosdiana, P. S., & Fatirul, N. A. (2023). Pengembangan Kurikulum Merdeka dalam Satuan Pendidikan serta Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Abad 21. Sanskara Pengajaran dan Pendidikan, 59.
Dahlia, R., Fakhrudin, A., & Lubis, H.P. (2023). Pengembangan E-Modul Berorientasi Pendekatan Discovery Learning untuk Pembelajaran IPA Kelas V SD Negeri 5 Palembang.Pendas ; Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 788.
Fajri, N. K. (2019). Proses Pengembangan Kurikulum. E-JURNAL STIT PN, 1.
Fakhrudin, A., & Kuswidyanarko, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar Berbasis Augmented RealitySebagai Upaya Mengoptimalkan Hasil Belajar Siswa. Journal Muara Pendidikan, 771.
Fetra Bonita Sari, Risda Amini, M. (2020). Jurnal Basicedu. Jurnal Basiced,3(2),524-532.https://jbasic.org/indext.php/basicedu/article/view/971
Firmandani, F. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Sebagai Inovasi Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Konferensi Pendidikan Nasional, 2(1), 138.
Fitriani, W., Suwarjo, S., & Wangid, M. N. (2021). Berpikir Kritis dan Komputasi : Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Sains Indonesia, 9(2) 234-242.
Fitri, N. S., Utami, B. T., & Kurniawati, W. (2024). Analisis Penerapan Gaya Gesek pada Kehidupan Manusia. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 98.
Fitri, F., & Ardipal, A. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Kinemaster Pada Pembelajaran Tematik di Sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5 (6), 6330-6338.
Furoidah, A. (2020). Media Pembelajaran dan Peran Pentingnya. Arabic Language Education Journal, 2.
Hapsari, P. P., & Zulherman. (2021). Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Peserta didik. Jurnal Basicedu, 2.
Hardiansyah, W. I. (2021). Penerapan Gaya Gesek pada Kehidupan Manusia. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 1.
Hidayat, P., Rinawan, A., & Prabandari, P. D. (2023). PR Interaktif IPAS untuk SD/MI Kelas IVA. Yogyakarta : PT Penerbit Intan Pariwara.69.
Jayusman, I., & Shavab, K. A. (2020). Studi Deskriptif Kuantitatif Tentang Aktivitas Belajar Mahasiswa dengan Menggunakan Media Pembelajaran Admojo dalam Pembelajaran Sejarah. Jurnal Artefak, 2.
Hasbullah, Hidayat, S., & Asmawati, L. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Video Scribe Materi Banjir Bukan Sekedar Bencana Alam Mata Pelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7544-7555
Hikmah, N., Kuswidyanarko, A., & Lubis, P.H. (2022). Pengembangan Media Pop Up Bookpada Materi Siklus Air di Kelas IV SD Negeri Puding Besar. Jurnal PGSD,15(2), 138.
Kosasih. (2021). Pengembangan Bahan Ajar. jakarta: PT. Bumi Aksara.
Khaira, H. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Kinemaster Sebagai Media Pembelajaran Berbasis ICT. Prosiding Seminar Nasional Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia (SemNas PBSI), 39-44.
Krissandi, A. D. S. & Dharma, F. U. S. (2018). Pengembangan Video Tematik Sebagai Pengantar Pembelajaran Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. "Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 8(1), 68-77
Kurniasih, D. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Workshop Inovasi Pembelajaran di Sekolah Dasar, 288.
Kurniawati, U., & Koeswanti, D. H. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Kodig Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta didik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3.
Marimar, Fakhrudin, A., & Lubis, H. P. (2023). Pengembangan Modul IPA Berorientasi Model Contextual Teaching And Learning Berbasis Out Door Study untuk Kelas IV Sekolah Dasar. Pendas ; Ilmiah Pendidikan Dasar, 1659.
Mashuri, K. D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Materi Volume Bangun Ruang untuk SD Kelas V. Jurnal Penelitian Pendidikan Pendidik Sekolah Dasar , 2.
Mifroh, N. (2020). Teori Pengembangan Kognitif Jean Piaget dan Implementasinya Dalam Pembelajaran di SD/MI. Jurnal Pendidikan Tematik, 257.
Muhaimin, R. M., Ni'mah, U. N., & Listryanto, P. D. (2023). Peranan Media Pembelajaran Komik Terhadap Kemampuan Membaca Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 2.
Nurfadhillah, S., Ningsih, A. D., Ramadhania, R. P., & Sifa, N. U. (2021). Perananan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik SD Negeri Kohod III. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 3.
Nurjanah, A., Sudin, A., & Sujana, A. (2017). Literasi Sains Dalam Pembelajaran berbasis Masalah (Penelitian Pre-experimental terhadap siswa kelompok atas, menengah, dan bawah SDN SDN Waringin II dan SDN Palasah I di Kecamatan Palasah Kabupaten Majalengka pada Materi Energi Panas). Jurnal Pena Ilmiah, 2(1), 581-590.
Oktavyanti, N. P. L. & Wulandari, I. G. A. A. (2021). Video Pembelajaran Berbasis Pendekatan Kontekstual Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SD. Jurnal Edutech Undiksha, 9 (1), 66-74.
Pristiwanti, D., Badriah, b., Hidayat, S., & Dewi, s. (2022). Pengertian Pendidikan. jurnal pendidikan dan konseling, 7911.
Rachmawati, N. D., Kurnia, I., & Laila, A. (2023). Multimedia Interaktif Berbasis Articulate Storyline 3 Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Materi Karakteristik Geografis Indonesia di Sekolah Dasar. JP2SD (Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar), 3.
Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, S. Y., Hernawan, H. A., & Prihatini. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 2.
Rahmi, N. M., & Samsudi, A. M. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Sesuai dengan Karakteristik Gaya Belajar. Edumaspul Jurnal Pendidikan, 2.
Rajagukguk, P. K., Lubis, R. R., Kirana, J., & Rahayu, S. N. (2021). Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Model 4D pada Pendidik Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3.
Riski, H. P., Riyanti, H., & Lubis, P. H. (2023). Pengembangan Media Interaktif IPA Materi Gaya Magnet dan Gaya Gravitas Kelas IV SD. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 269-281.
Rizki, M., Ramadhani, E., & Ali, F. (2022). Pengembangan Modul Digital IPA. Jurnal ilmu pendidikan, 3.
Rosada, M., Fakhrudin, A., & Lubis, H. P. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Komik Berorientasi Pendekatan Contextual Teaching and Learning(CTL) Pembelajaran IPA Kelas V SD. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 391.
Said, S. (2023). Peran Teknologi Sebagai Media Pembelajaran di Era Abad 21. Jurnal PenKoMi: Kajian Pendidikan & Ekonomi, 3.
Salahuddin, A., Kusni, R., & Anica, S. J. (2023). Pengembangan Media Video Pembelajaran Berbasis Kinemaster Materi Kemampuan Membaca Permulaan Muatan Bahasa Indonesia di Kelas I SD. Jurnal Bastra, 9
Salim, A., Mansur, H., & Utama, H. A. (2020). Evaluasi Ketepatan Pemilihan Media Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Keislaman dan Kemasyarakatan, 2.
Santi, L., Lubis, H. P., & Kesumawati, N. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Siklus Air Berbasis Flipbook Digital pada Kelas V Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6465.
Setiawan, B., Pramulia, P., Kusmaharti, D., Juniarso, T., & Wardani, S. I. (2021). Peningkatan Kompetensi Pendidik Sekolah Dasar dalam Pengembangan Media. Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 2.
Setyosari, P. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan Pengembangan. Jakarta : Prenada Media Group.
Nurjanah, A., Sudin, A., & Sujana, A. (2017). LITERASI SAINS DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (Penelitian Pre-experimental terhadap siswa kelompok atas, tengah, dan bawah SDN Waringin II dan SDN Palasah I di Kecamatan Palasah Kabupaten Majalengka pada Materi Energi Panas). Jurnal Pena Ilmiah, 2(1), 581-590.
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sukmawati, E. S. A. A. W. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Online Berbasis Moodle Materi Perubahan Energi Kelas III SDN Kapuk 01 Pagi. Journal of Elementary Education, 5 (5), 880-888.
Susanto, R., Zulkarnain, A., & Lubis. P. (2018). Pengaruh Media Pembelajaran Fisika Berbasis Multimedia Interaktif Menggunakan SoftwareAdobe Flash CS3 Profesional Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X di SMA PGRI Pangkalan Kersik Tungkal Jaya. Seminar Nasional Pendidikan Universitas PGRI Palembang. 5(5), 515.
Simanjuntak, A. A., Fakhrudin, A., & Lubis, H. P. (2023). Pengembangan Karakteristik Geografi Indonesia. Jurnal Pendidikan Dasar, 69.
Sudiar, A. K., Lubis, H.P., & Kesumawati, N. (2023). Pengembangan LKPD Berbasis Project Based Learning pada Materi Perubahan Bentuk Energi di Kelas IV Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Imiah Pendidikan Dasar, 4643.
Sunardin, Kilawati, A., & Kasma, S. (2023). Pengembangan Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar IPS Peserta didik SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 12.
Wahyuningtyas, R., & Sulasmono, S. B. (2020). Pentingnya Media Pembelajaran Guna Meningkatkan Hasil Belajar di Sekolah Dasar. EDUCATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2.
Wangkanusa, V., Moko, M. E., Rawung, D. L., Tumbel, F., Lihiang, A., & Rahardiyan, D. (2023). Pengembangan dan Validasi Video Pembelajaran Berbasis Eksperimen Hematologi pada Rattus Novergicus dalam Materi Sistem Sirkulasi di SMA. Jambura edu biosfer journal, 2.
Wardianto, S. B. (2021). Analisis Elemen Penyebab Konflik Batin Tokoh Utama (Perspektif Psokoanalisis Freud) dan Revalansinya Sebagai Bahan Ajar Sastra di SMA. Jurnal Bahasa Sastra dan Pembelajaran, 3.
Wastriami, & Mudinillah, A. (2022). Manfaat Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Kinemaster Terhadap Hasil Belajar IPA Peserta didik SDN 25 Tambangan. Tarqiyatuna : Jurnal Pendidikan Agama Islam dan Madrasah Ibtidayah , 2.
Wijayanti, D.I., & Ekantini, A. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran IPAS MI/SD. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2.
Yuanta, F. (2020). Pengembangan Media Video Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 1(2), 95.
Yulistiana, & Setyawan, A. (2020). Analisis Pemecahan Masalah Pembelajaran IPA menggunakan Model Problem Based Learning SDN Banyuajuh 9. Prosiding Nasional Pendidikan, 2.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.