EFEKTIVITAS PENDEKATAN CULTURALLY RESPONSIVE TEACHING DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA TEKS PUISI BUDAYA SURABAYA

Aziziyah Nurul Sania, Idhoofiyatul Fatin, Dian Karina Rachmawati

Sari

Pembelajaran membaca teks puisi seringkali menghadapi tantangan dalam hal pemahaman, terutama ketika puisi tidak dikaitkan dengan budaya siswa. Culturally Responsive Teaching (CRT) merupakan pendekatan yang mengintegrasikan budaya siswa dalam pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman dan keterlibatan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pendekatan CRT dalam pembelajaran keterampilan membaca puisi berbasis budaya surabaya di SMA Muhammadiyah 10 Surabaya. Metode penelitian yang digunakan yakni deksriptif kuantitatif dengan desain pre-eksperimental (one-group pretest-posttest). Sampel penelitian terdiri dari 18 siswa kelas X-4. Hasil pretest menunjukkan bahwa hanya 4 siswa yang mencapai nilai KKM (≥75), sedangkan hasil posttest menunjukkan peningkatan dengan 17 siswa mencapai nilai KKM. Rata-rata nilai meningkat dari 56,2 (pretest) menjadi 76,6 (posttest) yang menunjukkan peningkatan signifikan dalam keterampilan membaca puisi siswa setelah penerapan pendekatan CRT. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pendekatan CRT terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman dan apresiasi siswa terhadap pusi berbasis budaya lokal (surabaya). Guru berperan penting dalam mengaitkan materi dengan pengalaman budaya siswa untuk menciptakan pembelajaran yang lebih inklusif dan kontekstual. Oleh karena itu, penerapan CRT dalam pembelajaran sastra direkomendasikan agar pembelajaran menjadi lebih relevan dengan kehidupan siswa.

Kata Kunci

Culturally Responsive Teaching, Membaca Puisi, Budaya Surabaya, Pendidikan sastra

Referensi

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, penulis mengajukan beberapa saran sebagai berikut:

Guru bisa menggunakan pendekatan CRT dengan mengenalkan budaya lokal untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan pengetahuan siswa mengenai budaya agar dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa

Bagi peneliti selanjutnya dapat menggunakan pendekatan ini di berbagai mata pelajaran yang lain dengan variabel yang masih relevan

Beberapa puisi tersebut yang digunakan dalam penelitian ini dapat direkomendasikan untuk penelitian selanjutnya dengan metode pengajaran yang berbeda

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.