EFEKTIVITAS PENDEKATAN CULTURALLY RESPONSIVE TEACHING DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA TEKS PUISI BUDAYA SURABAYA
Sari
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Anjani, R. R., & Mukhzamilah, M. (2024). Implementasi Pembelajaran TGT Berbantuan Question Card Berbasis CRT Guna Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi. DMI-Journals.
Arifah, A. R. (2024). Analisis Kebutuhan Modul Pembelajaran Kearifan Lokal Sedekah Bumi untuk Meningkatkan Ekoliterasi pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. IAIN Madura.
Azis, M. I., Ramadhani, F., & Lestari, S. (2024). Penguatan Karakter Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Budaya Lokal di Sekolah Menengah. Jurnal Pendidikan Karakter.
Balaya, S., & Zafi, M. A. (2020). Revitalisasi Budaya Lokal dalam Pembentukan Karakter Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan.
Enjelina, T., Santoso, R. A., & Wijayanti, L. (2024). Efektivitas Model Pembelajaran Responsif Budaya dalam Peningkatan Literasi Sastra. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra.
Huda, M., Khasanah, U., & Setyaningsih, V. I. (2021). Pemetaan Materi Sastra Dalam Buku Pelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama. Academia.edu
Humayra, N. S., Ananti, H. F., & Norlia, N. (2025). Integrasi Teori Pembelajaran Bahasa untuk Penguatan Pembelajaran Abad ke-21 dalam Konteks Pendidikan Bahasa Indonesia. Jurnal-ID
Khasanah, N. (2023). Pembelajaran Puisi Kontekstual Berbasis Budaya Lokal. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.
Maharani, D., Syafii, M., & Nuraini, A. (2023). Penilaian Keterampilan Membaca Puisi Berdasarkan Aspek Intonasi, Ekspresi, Pelafalan, dan Penampilan. Jurnal Pendidikan Bahsa dan Sastra Indonesia.
Maryani, I., Hasanah, E., & Suyatno, M. P. I. (2023). Pendukung Pembelajaran Berdiferensiasi pada Kurikulum Merdeka. UAD Repository.
Masalah, A., Wicaksono, P., & Rahman, A. (2020). Teknik Analisis Uji T dalam Penelitian Pendidikan. Jurnal Statistika dan Riset Pendidikan.
Mawaddah, N., & Rachmawati, D. K. (2024). Implementasi TikTok Sebagai Media Publikasi Menulis Puisi Siswa SMA. 196–210.
Nuralita, F. (2020). Peran Kearifan Lokal dalam Membentuk Karakter Siswa di Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan.
Novieanti, L. I., Sujinah, S., & Fatin, I. (2024). Pengimplementasian Project Based Learning dalam Membangun Kompetensi Menulis Teks Berita Siswa dengan Muatan Kearifan Lokal. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya, 10(3), 667-678.
Pujiningsih, Y., Wahyuningrum, I., & Sari, N. M. (2024). Sosialisasi Perangkat Pembelajaran Matematika Bangun Datar Pendekatan CRT. Jurnal IITC.
Purbosari, R. (2024). Meningkatkan Keterampilan Menulis Geguritan dengan Pendekatan Parallel Writing pada Peserta Didik Kelas X-1 SMA Negeri 3 Yogyakarta. Piwulang: Jurnal Pendidikan Bahsa Jawa.
Putra, M. I., Sari, R. K., & Lestari, E. (2024). Strategi Guru dalam Mengintegrasikan Budaya Lokal dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Kontekstual.
Rangga, B., Ngatmain, N., & Fatin, I. (2023). Muatan Karakter Profil Pelajar Pancasila pada Teks Sastra Buku Cerdas Cergas Terbitan Pemerintah SMA Kelas X Kurikulum Merdeka. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya, 9(4), 1219-1228.
Rusminto, N.E & Yuninda, D. (2024) Developing a Culturally Responsive Picture Storybook to Enhance Reading Literacy in Indonesian Primary Schools. Lectura Journal.
Sakti, S., Sujinah, S., Pheni Cahya, K., Tining, H., & Eko, S. (2022). Pengembangan e-Modul Puisi Rakyat Parikan untuk Pencapaian Elemen Membaca dan Memirsa. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 5(1), 33-46.
Salamah, S. S. (2021). Pengembangan Buku Cerita Anak Responsif Budaya Keislaman di RA Al-Islam Bantur Kabupaten Malang. UNISMA Repository.
Sellavia, A., & Nurefendi Fradana, M. (2024). Analisis Kesulitan Siswa dalam Membaca Puisi. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia.
Simatupang, A., Rahmawati, N., & Lubis, R. (2024). Strategi Literasi Sastra Lokal dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa. Jurnal Pendidikan Nusantara.
sukamayanti, D., Azzahra, F., & Yusuf, H. (2024). Refleksi Kegiatan Membaca Puisi di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Sastra dan Pendidikan.
Suwarto, S., Marlina, L., & Gunawan, F. (2021). Video Pembelajaran Sebagai Media Penguatan Keterampilan Membaca Puisi. Jurnal Inovasi Media Pembelajaran.
Ummah, F. (2019). Pengaruh Budaya Lokal terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Menengah. Yogyakarta: Deepublish.
Wahyuningrum, I., et al. (2021). Pendekatan Pre-Eksperimental dalam Pembelajaran Sastra. Jurnal Metodologi Pendidikan, 5(1).
Willenda, R., Yusuf, D. N., & Khairunnisa, L. (2024). Tantangan Pengajaran Sastra Puisi di Sekolah Menengah. Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia, 16.
Yuninda, D., Rusminto, N. E., & Fitriani, T. (2024). Inovasi Teknologi dalam Pembelajaran Sastra Berbasis Budaya. Jurnal Teknologi Pendidikan.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
