PENGARUH INTERNAL LOCUS OF CONTROL, PENGALAMAN PLP, DAN PERSEPSI KESEJAHTERAAN GURU TERHADAP MINAT MENJADI GURU
Sari
Penelitian ini menyoroti rendahnya minat mahasiswa program studi kependidikan Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Negeri Surabaya angkatan 2021 untuk berkarier sebagai guru, meskipun kebutuhan tenaga pendidik di Indonesia terus meningkat. Kondisi ini diperparah oleh banyaknya guru yang akan memasuki masa pensiun dan menurunnya jumlah guru berkualifikasi. Faktor-faktor yang memengaruhi rendahnya minat tersebut antara lain rendahnya internal locus of control, pengalaman Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) yang kurang menyenangkan, serta persepsi negatif terhadap kesejahteraan guru. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh ketiga faktor tersebut terhadap minat menjadi guru secara parsial dan simultan. Menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif, sampel terdiri dari 175 mahasiswa yang telah mengikuti PLP pada tahun 2024 dengan teknik purposive sampling. Analisis data dilakukan menggunakan regresi linier berganda melalui SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa internal locus of control, pengalaman PLP, dan persepsi kesejahteraan guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menjadi guru, baik secara parsial maupun simultan. Temuan ini memperkuat teori Social Cognitive Career Theory dan menegaskan pentingnya dukungan psikologis, pengalaman lapangan yang positif, serta persepsi yang baik terhadap profesi guru dalam membentuk minat karier mengajar.
Kata Kunci
Internal Locus of Control; Pengalaman Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP); Persepsi Kesejahteraan Guru; Minat Menjadi Guru; Social Cognitive Career Theory (SCCT)
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.