PENGARUH PENGGUNAAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) DALAM MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN CRITICAL THINKING PESERTA DIDIK SMA NEGERI 1 KARANGANYAR
Sari
Kemampuan berpikir kritis peserta didik di SMA Negeri 1 Karanganyar masih tergolong rendah akibat rendahnya partisipasi aktif dan pembelajaran berbasis hafalan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Artificial Intelligence (AI) dalam model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan desain Quasi Experimental dan Pretest-Posttest Design pada kelas eksperimen dan kontrol. Hasil uji independent sample t-test diperoleh nilai signifikan 0,00 < 0,05 menunjukkan adanya pengaruh signifikan penggunaan AI terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis. Hasil uji N-Gain menunjukkan peningkatan sebesar 48% pada kelas eksperimen (kategori cukup efektif) dan 20% pada kelas kontrol (kategori tidak efektif) AI berperan sebagai alat bantu kognitif yang memfasilitasi proses identifikasi masalah, seleksi informasi, penyusunan argumen, serta evaluasi solusi secara logis dan berbasis data. Namun, efektivitas pembelajaran belum optimal karena keterbatasan waktu dan tingginya ketergantungan peserta didik terhadap AI. Meskipun demikian, penggunaan AI dalam PBL terbukti cukup efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran ekonomi.
Kata Kunci
Pendidikan; Model Pembelajaran; Keterampilan Berpikir Kritis
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.