PENGARUH PENGGUNAAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) DALAM MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN CRITICAL THINKING PESERTA DIDIK SMA NEGERI 1 KARANGANYAR

Aisyiyah Fajar Eko Oktaviana, Leny Noviani

Sari

Kemampuan berpikir kritis peserta didik di SMA Negeri 1 Karanganyar masih tergolong rendah akibat rendahnya partisipasi aktif dan pembelajaran berbasis hafalan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Artificial Intelligence (AI) dalam model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan desain Quasi Experimental dan Pretest-Posttest Design pada kelas eksperimen dan kontrol. Hasil uji independent sample t-test diperoleh nilai signifikan 0,00 < 0,05  menunjukkan adanya pengaruh signifikan penggunaan AI terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis. Hasil uji N-Gain menunjukkan peningkatan sebesar 48% pada kelas eksperimen (kategori cukup efektif) dan 20% pada kelas kontrol (kategori tidak efektif) AI berperan sebagai alat bantu kognitif yang memfasilitasi proses identifikasi masalah, seleksi informasi, penyusunan argumen, serta evaluasi solusi secara logis dan berbasis data. Namun, efektivitas pembelajaran belum optimal karena keterbatasan waktu dan tingginya ketergantungan peserta didik terhadap AI. Meskipun demikian, penggunaan AI dalam PBL terbukti cukup efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran ekonomi.

Kata Kunci

Pendidikan; Model Pembelajaran; Keterampilan Berpikir Kritis

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

AlGhamdi, A. A. (2022). Artificial Intelligence in Education as a Mean to Achieve Sustainable Development in Accordance with the Pillars of the Kingdom’s Vision 2030—A Systematic Review. International Journal of Higher Education, 11(4), 80. https://doi.org/10.5430/ijhe.v11n4p80

Barana, A., Marchisio, M., & Roman, F. (2023). FOSTERING PROBLEM SOLVING AND CRITICAL THINKING IN MATHEMATICS THROUGH GENERATIVE ARTIFICIAL INTELLIGENCE.

Ennis, R. H. (2011). The Nature of Critical Thinking: An Outline of Critical Thinking Dispositions and Abilities i.

Indah Wahyuni, Y., Mustika Dewi, R., Marsia, Y., & korespondensi, A. (2023). Business and Accounting Education Journal Peningkatan Aktivitas Belajar Ekonomi Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning di Kelas X2 SMAN 17 Surabaya. BAEJ, 4(2), 172–178. https://doi.org/10.15294/baej.v4i2.69045

Jivani Dasusmi, K., Destami, L., & Diniyati Shobah, M. (2023). Griya Journal of Mathematics Education and Application Studi literatur: Model problem based learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 3, 325. https://mathjournal.unram.ac.id/index.php/Griya/index

Khusna, A. H., Yuli, T., Siswono, E., & Wijayanti, P. (2024). Desain Soal Matematika untuk Mengeksplorasi Berpikir Kritis Siswa Keterampilan dalam Pemecahan Masalah Kolaboratif (Vol. 16). www.DeepL.com/pro

Kurnia Mira Lestari, Supratman Zakir, & Ramadhoni Aulia Gusli. (2023). Penerapan AI dalam Pembelajaran untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan di SMAN 3 Bukitinggi. Jurnal Yudistira : Publikasi Riset Ilmu Pendidikan Dan Bahasa, 2(1), 277–289. https://doi.org/10.61132/yudistira.v2i1.434

Noviyanti, A. I. , H. N. E. , & W. P. R. (2023). Pembelajaran berbasis AI (artificial intelligence) untuk anak usia dini. JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 7(1), 150–155.

Pratiwi, V. D., & Wuryandani, W. (2020). Effect of Problem Based Learning (PBL) Models on Motivation and Learning Outcomes in Learning Civic Education. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 9(3), 401. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v9i3.21565

Saputro, A. D., Atun, S., Wilujeng, I., Ariyanto, A., & Arifin, S. (2020). Enhancing pre-service elementary teachers’ self-efficacy and critical thinking using problem-based learning. European Journal of Educational Research, 9(2), 765–773. https://doi.org/10.12973/eu-jer.9.2.765

Sinaga, N. E., Dealova, M., & Nediva, V. (2024). PENGARUH PENGGUNAAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE TERHADAP PENDIDIKAN ANAK USIA SEKOLAH: TINJAUAN LITERATUR. In Jurnal Empati (Vol. 13).

Sonetti, G. , B. M. , & N. E. (2019). Tentang pemicu tujuan pembangunan berkelanjutan PBB dan keberlanjutan regeneratif dalam pendidikan tinggi. Keberlanjutan, . 254.

Xu, S. R., & Zhou, S. N. (2022). THE EFFECT OF STUDENTS’ ATTITUDE TOWARDS SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS ON 21ST CENTURY LEARNING SKILLS: A STRUCTURAL EQUATION MODEL. Journal of Baltic Science Education, 21(4), 706–719. https://doi.org/10.33225/jbse/22.21.706

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.