DESAIN MEDIA PECAHAN TAHU (PETA) OPERASI HITUNG PERKALIAN BILANGAN PECAHAN

Evi Herayani, Sri Tirto Madawistama, Sukirwan Sukirwan

Sari

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendesain dan mengembangkan media pembelajaran Pecahan Tahu (PETA) sebagai media pembelajaran inovatif untuk materi operasi perkalian bilangan pecahan. Tahap model penelitian pengembangan mengikuti model ADDIE, yang meliputi: mengidentifikasi kebutuhan akan media pembelajaran yang interaktif (analysis), merancang blueprint media pembelajaran magnetik yang memvisualisasikan konsep perkalian pecahan (design), merealisasikan desain menjadi produk fisik PETA (development), menerapkan media pembelajaran dalam kegiatan belajar mengajar (implementation), dan mengevaluasi hasil penggunaan media pembelajaran (evaluation). Berdasarkan hasil penelitian, media pembelajaran PETA dinyatakan sangat valid dan layak digunakan menurut penilaian ahli media dan ahli materi. Keunggulan utama desain PETA terletak pada kemampuannya sebagai media tunggal yang dapat memvisualisasikan operasi perkalian bilangan pecahan secara konkret dan interaktif melalui manipulatif magnet. Hal ini mengubah pembelajaran dari sekadar menghafal rumus menjadi memahami konsep secara mendalam. Hasil implementasi menunjukkan bahwa media pembelajaran PETA berhasil didesain dan merupakan media yang potensial untuk membantu mengatasi kesulitan belajar peserta didik pada materi perkalian bilangan pecahan. Perlunya pengembangan lebih lanjut untuk menciptakan versi digital dari media pembelajaran ini guna menyesuaikan dengan tren pembelajaran berbasis teknologi terutama untuk improper fraction (pecahan dengan nilai pembilang yang lebih besar dari penyebut).

Kata Kunci

Pecahan tahu (PETA); Perkalian Pecahan; ADDIE

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Amanda, F., Nisa, S., & Suriani, A. (2024). Analisis kesulitan dalam pembelajaran matematika pada siswa sekolah dasar ditinjau dari berbagai faktor. Dewantara: Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 3(2), 282-293.

Amir, N. F., & Andong, A. (2022). Kesulitan siswa dalam memahami konsep pecahan. Journal of Elementary Educational Research, 2(1), 1-12.

Astuti, L. F., Aliyyah, R. R., Gunadi, G., Subasman, I., & Gani, R. A. (2024). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Media Papan Pecahan Pada Materi Bilangan Pecahan Kelas V. Jurnal Pengajaran Sekolah Dasar, 3(1), 75-94.

Ayu, F., & Syariffuddin, H. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Local Instructional Theory Kelas V Sekolah Dasar Topik Perkalian Pecahan Berbasis Realistic Mathematics Education (RME). Jurnal basicedu, 5(6), 6339-6348.

Badriyah, N., Sukamto, S., & Subekti, E. E. (2020). Analisis kesulitan belajar siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika pada materi pecahan kelas III SDN Lamper Tengah 02. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 15(1), 10-15.

Dewi, N. K., Untu, Z., & Dimpudus, A. (2020). Analisis kesulitan menyelesaikan soal matematika materi operasi hitung bilangan pecahan siswa kelas VII. Primatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 61-70.

Dick, W., Carey, L., & Carey, J. O. (2005). The systematic design of instruction (4th ed.). Harper Collins College Publishers.

Herayani, E., & Sudihartinih, E. (2024). Desain Alat Peraga Topik Operasi Pembagian Bentuk Pecahan: Pecahan Tempe (PETE). Buana Matematika: Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika, 14(1), 43-58.

Hudojo, H. 1988. Mengajar Belajar Matematika. Jakarta: P2LPTK Dirjen Dikti Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Jannah, I. (2022). Pemanfaatan Media Pembelajaran Papan Puzzle Pecahan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SDN Bancaran 3 Bangkalan. Jurnal Literasi Digital, 2(2), 124-131.

Made, S. I. (2018). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan operasi hitung pecahan siswa sekolah dasar. International Journal of Elementary Education, 2(2), 144-155.

Mahmudah, S. (2020). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal-soal pecahan. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 327–340

Muntheawati, N., & Muthi, I. (2024). Penggunaan Media Kartu Pecahan Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Sekolah Dasar Materi Pecahan. Jurnal Ilmiah Multidisipin, 2(8), 376-383.

Pajarwati, A., Pranata, O. H., & Ganda, N. (2019). Penggunaan Media Kartu Pecahan untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa tentang Membandingkan Pecahan. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1), 90-100.

Putra, R. A., &Hermanto, D. (2022). Kesulitan siswa dalam menerapkan konsep pecahan pada pemecahan masalah. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 7(2), 252–267.

Putri, M., Syam, S. S., & Chandra, C. (2025). Kesulitan siswa sekolah dasar dalam memahami konsep pecahan. Pentagon: Jurnal Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 3(2), 43-54.

Selly, A. S., Umam, N. K., & Subayani, N. W. (2022). Pengembangan Media Papan Flanel Pecahan Matematika Kelas 2 Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 3(2), 322-330.

Susanti, E., & Syam, S. S. (2017, November). Peran Guru dalam meningkatkan kemampuan literasi matematika siswa Indonesia. In Prosiding dipresentasikan dalam Seminar Matematika dan Pendidikan Matematika UNY.

Zainil, M., Prahmana, R. C. I., Helsa, Y., & Hendri, S. (2017, December). ICT media design for higher grade of elementary school mathematics learning using CS6 program. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 943, No. 1, p. 012046). IOP Publishing.

Zalima, E. I., Njanji, F. P., Lasmiatik, L., Agustina, L., Dela, M., & Ambarawati, M. (2020). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita operasi hitung pada bilangan pecahan campuran. Prismatika: Jurnal Pendidikan Dan Riset Matematika, 2(2), 46-54.

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.