DESAIN MEDIA PECAHAN TAHU (PETA) OPERASI HITUNG PERKALIAN BILANGAN PECAHAN
Sari
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Amanda, F., Nisa, S., & Suriani, A. (2024). Analisis kesulitan dalam pembelajaran matematika pada siswa sekolah dasar ditinjau dari berbagai faktor. Dewantara: Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 3(2), 282-293.
Amir, N. F., & Andong, A. (2022). Kesulitan siswa dalam memahami konsep pecahan. Journal of Elementary Educational Research, 2(1), 1-12.
Astuti, L. F., Aliyyah, R. R., Gunadi, G., Subasman, I., & Gani, R. A. (2024). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Media Papan Pecahan Pada Materi Bilangan Pecahan Kelas V. Jurnal Pengajaran Sekolah Dasar, 3(1), 75-94.
Ayu, F., & Syariffuddin, H. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Local Instructional Theory Kelas V Sekolah Dasar Topik Perkalian Pecahan Berbasis Realistic Mathematics Education (RME). Jurnal basicedu, 5(6), 6339-6348.
Badriyah, N., Sukamto, S., & Subekti, E. E. (2020). Analisis kesulitan belajar siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika pada materi pecahan kelas III SDN Lamper Tengah 02. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 15(1), 10-15.
Dewi, N. K., Untu, Z., & Dimpudus, A. (2020). Analisis kesulitan menyelesaikan soal matematika materi operasi hitung bilangan pecahan siswa kelas VII. Primatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 61-70.
Dick, W., Carey, L., & Carey, J. O. (2005). The systematic design of instruction (4th ed.). Harper Collins College Publishers.
Herayani, E., & Sudihartinih, E. (2024). Desain Alat Peraga Topik Operasi Pembagian Bentuk Pecahan: Pecahan Tempe (PETE). Buana Matematika: Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika, 14(1), 43-58.
Hudojo, H. 1988. Mengajar Belajar Matematika. Jakarta: P2LPTK Dirjen Dikti Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Jannah, I. (2022). Pemanfaatan Media Pembelajaran Papan Puzzle Pecahan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SDN Bancaran 3 Bangkalan. Jurnal Literasi Digital, 2(2), 124-131.
Made, S. I. (2018). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan operasi hitung pecahan siswa sekolah dasar. International Journal of Elementary Education, 2(2), 144-155.
Mahmudah, S. (2020). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal-soal pecahan. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 327–340
Muntheawati, N., & Muthi, I. (2024). Penggunaan Media Kartu Pecahan Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Sekolah Dasar Materi Pecahan. Jurnal Ilmiah Multidisipin, 2(8), 376-383.
Pajarwati, A., Pranata, O. H., & Ganda, N. (2019). Penggunaan Media Kartu Pecahan untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa tentang Membandingkan Pecahan. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1), 90-100.
Putra, R. A., &Hermanto, D. (2022). Kesulitan siswa dalam menerapkan konsep pecahan pada pemecahan masalah. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 7(2), 252–267.
Putri, M., Syam, S. S., & Chandra, C. (2025). Kesulitan siswa sekolah dasar dalam memahami konsep pecahan. Pentagon: Jurnal Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 3(2), 43-54.
Selly, A. S., Umam, N. K., & Subayani, N. W. (2022). Pengembangan Media Papan Flanel Pecahan Matematika Kelas 2 Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 3(2), 322-330.
Susanti, E., & Syam, S. S. (2017, November). Peran Guru dalam meningkatkan kemampuan literasi matematika siswa Indonesia. In Prosiding dipresentasikan dalam Seminar Matematika dan Pendidikan Matematika UNY.
Zainil, M., Prahmana, R. C. I., Helsa, Y., & Hendri, S. (2017, December). ICT media design for higher grade of elementary school mathematics learning using CS6 program. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 943, No. 1, p. 012046). IOP Publishing.
Zalima, E. I., Njanji, F. P., Lasmiatik, L., Agustina, L., Dela, M., & Ambarawati, M. (2020). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita operasi hitung pada bilangan pecahan campuran. Prismatika: Jurnal Pendidikan Dan Riset Matematika, 2(2), 46-54.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.