PEMBELAJARAN SEJARAH DENGAN METODE BERMAIN PERAN UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK KELAS XI IPS 1 SMAN 1 LUMBUNG

Rizka Khumaira Yulyawati, Yeni Wijayanti, Agus Budiman

Sari

 Tingkat kreativitas pada proses pembelajaran sejarah di kelas XI IPS 1 SMAN 1 Lumbung masih kurang. Hal ini dibuktikan berdasarkan observasi yang dilakukan peneliti, bahwa masih ada peserta didik yang kurang termotivasi dalam mengikuti proses pembelajaran berlangsung. Tujuan penelitian ini yaitu ingin mengetahui apakah ada efektivitas dari penerapan metode bermain peran terhadap kreativitas peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang merupakan bagian dari penelitian kualitatif dan kuantitatif. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa dalam penggunaan metode pembelajaran yang dilakukan guru masih terbilang minim. Kemudian hasil pengukuran kreativitas pada siklus I mendapatkan nilai rata-rata sebesar 55,16 dan meningkat pada siklus II yaitu sebesar 65,4. Dari data tersebut menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode pembelajaran bermain peran sangat efektif dapat meningkatkan kreativitas peserta didik. Dengan demikian, dalam proses pembelajaran guru menggunakan metode pembelajaran bermain peran, mampu meningkatkan kreativitas peserta didik.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Arifin, Z. (2022). Manajemen Peserta Didik sebagai Upaya Pencapaian Tujuan Pendidikan. Dirasat: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam, 8(1), 71–89. https://doi.org/10.26594/dirasat.v8i1.3025

Asmara, Y. (2019). Pembelajaran Sejarah Menjadi Bermakna dengan Pendekatan Kontektual. Kaganga:Jurnal Pendidikan Sejarah dan Riset Sosial-Humaniora, 2(2), 105–120. https://doi.org/10.31539/kaganga.v2i2.940

Azizah, A. (2021). Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru dalam Pembelajaran. Auladuna : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 15–22. https://doi.org/10.36835/au.v3i1.475

Febrianti, S. D. A., Hamzah, N., & Sapendi. (2021). Menstimulasi Tingkat Kepercayaan Diri Pada Anak Dengan Metode Bermain Peran. AlBanna: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 1–18. https://doi.org/10.24260/albanna.v1i1.277

Oriza, A. (2018). Efektivitas Metode Bermain Peran Dalam Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini Di Taman Kanak Kanak Al-Khairiyah Labuhan Ratu Bandar Lampung. http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3550

Sahdan, L. (2017). penerapan metode guided inquiry untuk meningkatkan hasil belajar biologi peserta didik kelas XII SMA Negeri 1 Praya Tengah.

Zahro, M., Sumardi, & Marjono. (2017). The Implementation Of The Character Education In History Teaching. Jurnal Historica, 1(1), 1–11. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JHIS/article/view/5095/3760

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.