PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DENGAN PENDEKATAN STEM TERHADAP PENGUASAAN KONSEP DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Afni Nur Afifah, Nur Ilmiyati, Toto Toto

Sari


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model PjBL menggunakan pendekatan STEM terhadap penguasaan konsep dan keterampilan berpikir kritis siswa. Penelitian dilakukan di minggu pertama dan kedua bulan April 2019. Penelitian ini menggunakan metode Pre Eksperimental. Populasi penelitian ini adalah Siswa kelas X MA Negeri 2 Ciamis. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes penguasaan konsep berupa pilihan ganda, tes keterampilan berpikir kritis berupa soal tes keterampilan berpikir kritis yang diadaptasi dari Piaw (2004). Data yang diperoleh dari kedua intrumen tersebut diolah secara statistik. Hasil penelitian 31% peningkatan penguasaan konsep yang menunjukkan kriteria sedang dan 75% peningkatan keterampilan berpikir kritis yang menunjukkan kriteria tinggi. Kata Kunci:           PjBL, STEM, Penguasaan Konsep, Keterampilan Berpikir Kritis

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Afriana, J., Permanasari, A., & Fitriani, A. (2016). Penerapan Project Based Learning Terintegrasi STEM untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Ditinjau dari Gender. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA.

Arisanti, W. O., Sopandi, W., & Widodo, A. (2016). Analisis Penguasaan Konsep dan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SD Melalui Project based Learning. Edu Humaniora : Jurnal Pendidikan Dasar.

Ejiwale, J.A. (2013). Barriers to successful implementation of STEM education. Journal of Education and Learning, 7(2), 63-74.

Ennis, R. H. (1985). "At Outline of Goals for A Critical Thingking Curriculum" in Deveolping Mind : A Resource Book For Teaching Thinking. Revised Edition, Vol 1. California: ASCD.

Haladyna, T. M. (1997). Writing test items to evaluate higher order thinking. Boston, MA: Allyn and Bacon.

Kemendikbud. (2017). Buku Guru Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: PT.Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.

Mulyono, N. (2016). Kurikulum dan Pembelajaran. Bandung: Rizqi Press.

Murnawianto, S., Sarwanto, & Rahardjo, S. B. (2017). Stem-Based Science Learning In Junior High School: Potency For Training Students’ Thinking Skill. Pancaran Pendidikan .

Nurgana, E. (1993). Statistika Penelitian. Bandung: Cv. Permadi.

Rusyana, A. (2014). Keterampilan Berpikir. Jakarta: Penerbit Ombak.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.

Sularmi, Dwiyono, H. U., & I, N. R. (2018). pengaruh project based learning terhadap kemampuan berpikir kritis. jurnal Pendidikan .

Suranti, N. M., Gunawan, & Sahidu, H. (2016). Pengaruh Model Project Based Learning Berbantuan Media Virtual Terhadap Penguasaan. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi .

Tirtahardja, U & Sulo, S. (2005). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Yanuar, Y. (2018). Unit Pembelajaran STEM . Bandung: South East Asia Ministry of Education Organization (SEAMEO) Regional Centre for Quality.

Yustyan, S., Widodo, N., & Pantiwati, Y. (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Dengan Pembelajaran Berbasis Scientific Approach Siswa Kelas X SMA Panjura Malang. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v1i2.4400

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.