PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISKURSUS MULTY REPRECENTACY (DMR) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA

Linda Herdiana, Nur Eva Zakiah, Yoni Sunaryo

Sari


 Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan penerapan model pembelajaran Diskursus Multy Reprecentacy (DMR) terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa pada pokok bahasan bangun datar. Jenis penelitian  studi literatur ini terdiri dari 4 tahapan: (1) pemaparan data,  (2) reduksi data, (3) penyajian data, dan (4) kesimpulan dan verifikasi.  Hasil penelitian menyimpulkan  bahwa penerapan model pembelajaran di kelas dengan menggunakan desain model pembelajaran Diskursus Multy Reprecentacy (DMR) terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa pada pokok bahasan bangun datar  terdiri dari 5 tahap: (1)persiapan, (2)pendahuluan, (3) pengembangan, (4) penerapan, dan  (5) penutup. Kata kunci: Kemampuan Pemahaman Matematis, Model Pembelajaran Diskursus Multy Reprecentacy (DMR)  

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alan, U. F., & Afriansyah, E. A.(2017). Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Auditory Intellectualy Repetition dan Problem Based Learning (Studi Penelitian Di SMP Negeri 1 Cisurupan kelas VII). Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1).

Aminudin, M. A. (2015). Pengembangan LKS berbasis multipel representasi pada materi klasifikasi materi. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 4(2), 720-731

Angraini, P., & Prahmana, R. C. I. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Pada Materi Bentuk Pangkat, Akar, dan Logaritma di smk. Journal of Honai Math. 1 (1), 1-13.

Fuad, M. N. (2016). Representasi Matematis Siswa SMA Dalam Memecahkan Masalah Persamaan Kuadrat Ditinjau Dari Perbedaan Gender. KREANO: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 7(2), 145-152. doi:10.15294/kreano.v7i2.5854.

Kristanto, V. H. (2017). Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Melalui Penerapan Lesson Plan Berbasis Multiple Intelligence. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 25 – 34.

Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Tujuan Pembelajaran Matematika.

Purwasih, R. (2013). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SLTP Melalui Model Pembelajaran Diskursus Multi Representasi (DMR). Universitas Pendidikan Indonesia.

Rahmawati, U. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Model Kooperatif Tipe Diskursus Multi Representasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi. Skripsi. Diterbitkan.

Romdiani, N. S., & Lestari, P. (2018). Efektifitas Pembelajaran dengan Media Kartu Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(2), 250-258.

Rostika, D., & Junita, H. (2017). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SD Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Model Diskursus Multy Representation (DMR). EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar, 9(1), 35-46.

Sinaga, J. A. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran Diskursus Multi Representasi (DMR) Terhadap Komunikasi Matematis Siswa SMP Pada Materi Perbandingan. Jurnal Stindo Profesional, 4(3).

Sopiah, E. S., Effendi, A., & Sunaryo, Y. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Kelas VIII pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan), 1(2), 1-10.

Tamim, M. F. (2014). Penerapan Model Pembelajaran DMR (Diskursus Multy Reprecentacy) Dengan Puzzle Kubus Dan Balok Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Materi Pokok Kubus Dan Balok Siswa Kelas VIII D SMP Muhammadiyah 8 Semarang Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi. Diterbitkan.

Tantowi, A., Rohaeti, E, E., & Afrilianto, M. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematik Siswa Smp Kelas VII Pada Materi Bangun Datar. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(4).

Umbara, U., & Rahmawati, I. (2018). Pembelajaran Matematika Berbantuan Software Algebrator Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa. Jurnal Elemen, 4(1), 9–19.

Wijaya, D. A. (2019). Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Diskursus Multi Representasi (DMR) Pada Materi Trapesium. PROSIDING Seminar Matematika dan Sains Departemen Pendidikan Matematika dan Pendidikan Biologi FKIP Universitas Wiralodra.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v2i1.4784

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.