MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENYUSUN PERENCANAAN PEMBELAJARAN MELALUI PEMBINAAN KOLABORATIF

Nani Suryani

Sari


Perencanaan pembelajaran harus sesuai dengan target pendidikan yang telah ditentukan. Guru sebagai subyek dalam perencanaan dituntut untuk dapat menyusun berbagai program pengajaran sebagai pendekatan dan metode yang akan digunakan. Upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun rencana pembelajaran adalah dengan pembinaan kolaboratif. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemauan dan kemampuan guru dalam membuat pengembangan silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) melalui pembinaan kolaboratif. Sumber data berasal dari instrumen  yang disampaikan kepada semua guru di SDN Mancogeh Kecamatan Cipedes Kota Tasikmalaya. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif dan kualitatif. Selanjutnya disesuaikan dengan kriteria keberhasilan untuk mengetahui apakah pembinaan kolaboratif dapat meningkatkan kemampuan dan kemauan guru dalam membuat silabus dan RPP. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa pembinaan kolaboratif dapat meningkatkan kamampuan guru dalam membuat pengembangan silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran.Kata Kunci: Perencanaan Pembelajaran,  Pembinaan Kolaboratif

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Afifah, A. N., Ilmiyati, N & Toto. (2020). Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) dengan Pendekatan STEM Terhadap Penguasaan Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan), 1 (2), 33-40.

Arikunto, S. (2009). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Badan Standar Nasional Pendidikan. (2007). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2007 tentang : Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru, Jakarta: KEMENDIKBUD.

Departemen Pendidikan Nasional. (2004). Perencanaan Pembelajaran. Jakarta : Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Tenaga Kependidikan.

Efendi, R. (2019). Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Menyusun Perencanaan Pembelajaran Melalui Pembinaan Kolaboratif Bagi Guru SMA Negeri 1 Putri Betung Kabupaten Gayo Lues. Jurnal Serambi Edukasi, 3 (1), 19-28.

Hanifah. (2017). Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Menyusun Perencanaan Pembelajaran Melalui Pembinaan Kolaboratif Bagi Guru Kelas V Di Dabin II Unit Pendidikan Kecamatan Gedangan. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 6 (2), 194-211.

Muslich, M. (2007). KTSP Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Dasar Pemahaman dan Pengembangan. Seri Standar Nasional Pendidikan, Pedoman Bagi Pengelola Lembaga Pendidikan, Pengawas Sekolah, Pengawas Sekolah, Komite Sekolah, Dewan Sekolah dan Guru. Jakarta : Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v2i1.4872

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.