Pengaruh Model Discovery Learning Berbasis Concept Mapping Terhadap Hasil Belajar Kognitif

Nunuy Nur Awaliah, Adun Rusyana, Taupik Sopyan

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model discovery learning berbasis concept mapping terhadap hasil belajar kognitif siswa pada sub materi pencemaran lingkungan. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu (Quasi-Experiment) dan desain penelitian yang digunakan One Group Pretest Postest dengan populasi nya adalah seluruh siswa-siswi kelas X IPA MAN 2 Ciamis tahun ajaran 2019/2020 dengan sampel yaitu kelas X IPA 5 sebanyak 27 siswa. Instrumen yang digunakan adalah soal pilihan ganda sebanyak 20 soal. Data yang diperoleh dengan soal diolah secara statistik. Hasil penelitian menunjukan bahwa Zhitung 3,125 ≥ Ztabel 2,33. Disimpulkan bahwa penggunaan model discovery learning berbasis concept mapping berpengaruh sangat signifikan terhadap hasil belajar kognitif siswa pada sub materi pencemaran lingkungan dengan tingkat peningkatan tinggi yaitu sebesar 0,80. Kata Kunci: Discovery Learning, Concept Mapping, Hasil Belajar Kognitif.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Isnaini, M. Syarifah, dan Afriansyah, (2017). “Pengaruh Metode Peta Konsep (Menggunakan Macromedia Flash) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa”. Jurnal Didaktika Biologi 1(1): 55-60.

Kuswana, W. (2014). Taksonomi Kognitif Perkembangan Ragam Berpikir. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.

Mulyono, N. (2017). Kurikulum dan Pembelajaran. Bandung. Rizki Press.

Priansa, D.J. (2017). Pengembangan Strategi dan Model Pembelajaran. Bandung. CV Pustaka Setia.

Simbolon, E.R dan Tapilouw F.S (2015). “Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah dan Pembelajaran Kontekstual Terhadap Berpikir Kritis Siswa SMP”. Edusains. 7(1):97-104.

Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta. Rineka Cipta

Sudijono, A. (2012). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Depok. PT Rajagrafindo Persada.

Sudjana, N. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar.Bandung. PT Remaja Rosdakarya

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta.

Trianto. (2011). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta. Kencana Prenada Media Group.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v2i2.5244

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.