PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MEDIA FILM DOKUMENTER DENGAN KOMIK FOTO PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI KEUANGAN

Elsa Selviana Rahman, Rini Agustin Eka Yanti, Firman Aryansyah

Sari


Rendahnya hasil belajar siswa merupakan masalah dalam penelitian ini, karena hasil belajar merupakan salah satu tolok ukur keberhasilan proses pembelajaran, maka pendidik dituntut untuk segera mencari berbagai upaya untuk mencapai keberhasilan, rendahnya hasil belajar dilatarbelakangi oleh berbagai faktor diantaranya pemilihan media pembelajaran dengan tipe yang tidak tepat digunakan oleh pendidik, adapun tujuan dari penelitian ini: perbedaan hasil belajar siswa pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest) di kelas eksperimen yang menggunakan media film dokumenter. Perbedaan hasil belajar siswa pada pengukuran awal (pretest) dan pngukuran akhir (posttest) di kelas kontrol yang menggunakan media komik foto. Perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan media film dokumenter dan kontrol yang menggunakan media komik foto di kelas eksperimen dan di kelas kontrol. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental Design Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan melalui test, metode observasi dan metode dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan uji korelasi product moment kemudian menganalisis koefisien korelasi dengan uji validitas dan normalitas, dilajutkan dengan uji hipotesis dengan menggunakan rumus uji t dan N-Gain. Populasi terdiri dari 34 orang siswa kelas XI AKL dan semuanya digunakan sebagai sampel. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest) di kelas eksperimen yang menggunakan media film dokumenter dengan memperoleh peningkatan rata-rata yang cukup baik (signifikan) dengan N-Gain nya yaitu sebesar 0.69, dan kelas kontrol yang menggunakan media komik foto dengan memperoleh peningkatan rata-rata yang cukup (signifikan) dengan N-Gain nya yaitu sebesar 0.53  pada mata pelajaran Akuntansi Keuangan di SMK As-Saabiq.Kata Kunci: Media Pembelajaran Film Dokumenter dan Komik Foto, Hasil Belajar.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agustina, D., Suyatna, A., & Suyanto, E. (2017). Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Gambar Bergerak Dengan Gambar Diam. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(3), 25-34.

Agustiany, R., Hardi, E., & Ilmiati (2021). Perbedaan Hasil Belajar Kognitif Siswa Melalui Penggunaan Media Audio Visual dan Media Peta Konsep pada Materi Ekosistem. J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan), 2(1), 15-20.

Aryansyah, F. (2021). Pelaksanaan Question Student Have Method Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA. J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan), 2 (1), 91-98.

Indriana, D. (2011). Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. Jogjakarta: Diva Press

Kusnida, F., Mulyani, M., & Su’udi, A. (2015). Keefektifan Penggunaan Media Audiovisual dan Media Komik Strip dalam Pembelajaran Menulis Cerpen yang Bermuatan Nilai-nilai Karakter Berdasarkan Gaya Belajar. SELOKA. Vol. 4(2) 111-117.

Lanti, E. (2017). Media Pengembangan Pendidikan Karakter Bagi Siswa Sekolah Dasar. Gorontalo: Athra Samudra.

Laurent, D. A. (2018). Pengembangan Media Komik Bermuatan Pendidikan Karakter. Skripsi Pada Program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Molstad, C. E., & Karseth, B. (2016). National Curricula in Noeway and Finland: The Role of Learning Outcomes European Educational Research Journal, 15 (3), 329-433.

Nurhasanah, S. (2016). Minat Belajar Sebagai Determinasi Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran. (Online), Vol.1 No.1.

Putro, S. S., & Tuasikal, A. R. S. (2018). Implementasi Media Audiovisual (Video) Dan Media Gambar (Poster) Terhadap Hasil Belajar Shooting Bolabasket. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 06(02), 477-481.

Sudjana. (2012). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2015). Metode penelitian kombinasi (mixed methods). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v2i3.5904

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.