PERBEDAAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDK YANG MENGGUNAKAN MODEL QUANTUM LEARNING DENGAN MODEL SNOWBALL THROWING PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI

Resta Herlianita, Firman Aryansyah, Nur Rizqi Arifin

Sari


Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa merupakan masalah dalam penelitian ini, karena hasil belajar merupakan salah satu tolak ukur keberhasilan proses pembelajaran, maka pendidik dituntut untuk segera mencari berbagai upaya untuk mencapai keberhasilan, rendahnya hasil belajar dilatarbelakangi oleh berbagai faktor diantaranya pemilihan model pembelajaran dengan tipe yang tidak tepat digunakan oleh pendidik, adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: Peningkatan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model quantum learning pada pretest dan posttest. Peningkatan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model snowball throwing pada pretest dan posttest. Perbedaan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran quantum learning dengan hasil belajar peserta didk yang menggunakan model snowball throwing pada pretest dan posttest. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental Design Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan melalui test, metode observasi dan metode dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan uji korelasi product moment kemudian menganalisis koefisien korelasi dengan uji validitas dan normalitas, dilanjutkan dengan uji hipotesis dengan menggunakan rumus uji f dan N-Gain. Populasi terdiri dari 41 siswa kelas X dan semuanya digunakan sebagai sampel. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada pretest dan posttest di kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran snowball throwing dengan memperoleh peningkatan rata-rata yang cukup baik (signifikan) dengan N-Gain yaitu sebesar 0.77, dan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran quantum learning dengan memperoleh peningkatan rata-rata yang cukup (signifikan) dengan N-Gain yaitu sebesar 0.66 pada mata pelajaran Akuntansi Dasar di SMK Muhammadiyah 1 Banjarsari.Kata kunci: Model Pembelajaran Quantum Learning, Snowball Throwing, Hasil Belajar.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta: Rineka Cipta.

Aryansyah F. (2021). Pelaksanaan Question Student Have Method Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA. J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan), 2 (1), 91-98.

Daryanto., & Rachmawati, T. (2015). Supervisi Pembelajaran. Yogyakarta : Gava Media.

Huda, M. (2013). Model-model pengajaran dan Pembelajaran.Yogyakarta: Pustaka belajar.

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Maelani, G., Yanti, R. A. E., & Sutendy, U. A. (2021). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (Pbl) Melalui Penggunaan Media Unit Kegiatan Belajar Mandiri (Ukbm) Terhadap Hasil Belajar Siswa. J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan), 2(2), 71-80.

Rusman. (2012). Pembelajaran Berbasis Teknolohi Informasi dan komunikasi: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sudjana, N. (2010). Dasar-dasar Proses Belajar. Bandung: Sinar Baru.

Sugiyono. (2017), Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v2i3.5929

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.