MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUAN SOFTWARE MATLAB

Yusef Aprilian Saefulloh, Yoni Sunaryo, Nur Eva Zakiah

Sari


Penelitian ini merupakan penelitian yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis melalui pembelajaran berbasis masalah berbantuan software matlab pada materi matriks. Adapun metode penelitian yakni metode kuasi eksperimen dengan desain kelompok pretest-postest, dengan pengambilan sampel dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran yang menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis masalah berbantuan software matlab lebih baik dari pada kelas kontrol. dengan hasil penelitian ini menunjukan bahwa kelas eksperimen dengan pembelajaran berbasis masalah berbantuan software matlab memperoleh nilai rata-rata N-gain 0,49. Artinya pembelajaran berbasis masalah berbantuan software matlab dapat meningkatkan kemampuan berpikirr kreatif dengan kategori sedang. Kelas kontrol dengan pembelajaran berbasis masalah memperoleh nilai rata-rata N-gain 0,24. Artinya pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dengan kategori rendah.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adnyani, L. P. W., Auliya, R. N., & Pinahayu, E. A. R. (2018). Matlab Application In Development Mathematical Learning In Senior High School. UNES Journal of Community Service, 3(2), 162–165.

Amalia, M., Ilmiyati, N., & Dan, A. R. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa MTs. J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan), 1 (1), 32-41. https://ojs.unigal.ac.id/index.php/jkip/article/view/2297

Amalia, T., Toto, T., & Yulisma, L. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbasis Stem Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Motivasi Belajar Siswa. J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan), 1(1), 20-31. https://ojs.unigal.ac.id/index.php/jkip/article/view/2298

Amidi, & Zahid, M. Z. (2016). Membangun Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan E-Learning. Seminar Nasional Matematika X Universitas Negeri Semarang 2016, 586–594.

Depdiknas. (2003). Undang-undang republik Indoneseia nomor 20 tahun 2003 (Vol. 71). https://doi.org/10.1111/j.1651-2227.1982.tb08455.

Faelasofi, R. (2017). Identifikasi Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Pokok Bahasan Peluang. JURNAL E-DuMath, 3(2), 155–163. https://doi.org/10.26638/je.460.2064

Hidayati, A. U. (2017). Melatih Keterampilan Berfikir Tingkat Tinggi Dalam Pembelajran Matematika Pada Siswa Sekolah Dasar. Pendidikan Dan Pebelajaran Dasar, 4(20), 143–156.

Nugraha, T. S., & Mahmudi, A. (2015). Keefektifan Pembelajaran Berbasis Masalah Dan Problem Posing Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Logis Dan Kritis. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(1), 107. https://doi.org/10.21831/jrpm.v2i1.7154

Sudarsana, I. K. H. D. N. D. (2018). Optimalisasi Penggunaan Teknologi Dalam Implementasi Kurikulum Di Sekolah (Persepektif Teori Konstruktivisme). Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 8–15. http://library1.nida.ac.th/termpaper6/sd/2554/19755.pdf




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v2i3.6090

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.