MODEL PEMBELAJARAN PAIKEM TIPE LOGAN AVENUE PROBLEM SOLVING (LAPS)- HEURISTIC TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

Rizna Tri Ayuni, Ilah Ilah, Ahyo Ruhyanto

Sari


Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui: (1) Perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran PAIKEM Tipe Logan Avenue Problem Solving (LAPS)-Heuristic pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest) di kelas eksperimen. (2) Perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran konvensional pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest) di kelas kontrol. (3) Perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran PAIKEM Tipe Logan Avenue Problem Solving (LAPS)- Heuristic dengan yang menggunakan metode pembelajaran konvensional pada pengukuran akhir (posttest). Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen dengan desain Quasi Eksperimental Non-equivalent Conrol Group Design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan Model Pembelajaran PAIKEM Tipe Logan Avenue Problem Solving (LAPS)- Heuristic pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest). (2) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan Metode Pembelajaran Konvensional pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest). (3) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan Model Pembelajaran PAIKEM Tipe Logan Avenue Problem Solving (LAPS)- Heuristic dengan yang menggunakan Metode Pembelajaran Konvensional pada pengukuran akhir (posttest).                                                                                                                                   Kata Kunci:  Metode Pembelajaran Logan Avenue Problem Solving (LAPS)- Heuristic, Hasil Belajar

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Afidatus, S. (2020). Keefektifan Model Pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) dengan Strategi Pembelajaran Heuristik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Bringin Tahun Pelajaran 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA. http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/7777/

Aryansyah, F. (2021). Pelaksanaan Question Student Have Method Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA. J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan), 2 (1), 91-98.

Islami, S., & Yondri, S. (2016). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dengan Konvensional. National Conference of Applied Sciences, Engineering, Business and Information Technology. Politeknik Negeri Padang, 15 – 16 Oktober 2016. https://bit.ly/3gc43XN

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian

Pendidikan Matematika (Panduan Praktis Menyusun Skripsi, Tesis Dan

Karya Ilmiah Dengan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan Kombinasi

Disertai Dengan Model Pembelajaran Dan Kemampuan Matematika).

Bandung; PT. Refikan Aditama.

Ningsih, D, M., Husaini., & Kusnafizal, T. (2020). Pengembangan Kemampuan Berfikir Kritis Melalui Model Pembelajaran Logan Avenue Problem Solving (LAPS) Heuristik Pada Pembelajaran IPS Sejarah di SMP Negeri 1 Bandar Kabupaten Bener Meriah. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah Volume 5 Nomor 1 (2020): 25-40. http://www.jim.unsyiah.ac.id/sejarah/article/viewFile/15080/6709

Pramudya., Erviyanti., K, Firosalia., & Anugraheni, I. (2019). Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar IPA Pada Pembelajaran Tematik Menggunakan PBL. Jurnal Kajian Penelitan dan Pendidikan dan Pembelajaran Vol.3, No.2 (April 2019). file:///C:/Users/hp/Downloads/391-Article%20Text-1499-1-10-20190409.pdf

Rahman, I. S., Murnaka, N. P., & Wiyanti, W. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Laps (Logan Avenue Problem Solving)-Heuristik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Wacana Akademika. Volume 2 No 1 Tahun 2018. https://pdfs.semanticscholar.org/8441/4650c09cc58d4f3717b272b8b0686841785c.pdf

Rusman. (2017). Belajar & Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Tari, H. D., Suwrta,U., & Dedeh. (2020) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Ekonomi di MAN 2 Kota Tasikmalaya. J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan), 1 (1), 19-26.

Wahyuni, S. (2015). Pengembangan Karakter Kedisiplinan Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Model Laps Heuristik Materi Lingkaran kelas VIII. Unnes Journal of Mathematics Education, 4(2). https://doi.org/10.15294/ujme.v4i2.7594




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v2i3.6124

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.