MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DENGAN MENGGUNAKAN METODE TANYA JAWAB DI KELAS X SMAN 1 CISAGA

Iqra Yaomalieka Hasieba, Eni Rohaeni, Ahyo Ruhyanto

Sari


ABSTRAKIqra Yaomalieka Hasieba (2021) “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe Make a Match dengan menggunakan Metode Tanya Jawab Terhadap Hasil Belajar Siswa pada mata pelajaran Ekonomi Di Kelas X SMAN 1 CISAGA (Studi Eksperimen di Kelas X pada Kompetensi Dasar 3.7 Mendeskripsikan Konsep Manajemen di SMAN 1 CISAGA)” . Penulisan skripsi ini dibawah bimbingan Ibu Hj. Eni Rohaeni, Dra., M.M sebagai Pembimbing I dan Bapak H. Ahyo Ruhyanto, Drs., M.Pd sebagai Pembimbing II.Hasil belajar merupakan kemampuan yang diperoleh siswa setelah melalui proses belajar. Hasil belajar juga menjadi tolak ukur keberhasilan suatu pembelajaran. Rendahnya hasil belajar siswa disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya adalah kurang tepat nya penerapan model pembelajaran dengan materi yang diajarkan. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan yaitu model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu : 1) Apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match dan metode tanya jawab pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest) di kelas Eksperimen? 2) Apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan metode konvensional pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest) di kelas Kontrol? 3) Apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match dan metode tanya jawab dengan hasil belajar siswa yang menggunakan metode konvensional pada pengukuran akhir (posttest)? Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui : 1) Perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match dan metode tanya jawab pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest) di kelas Eksperimen. 2) Perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan metode konvensional pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest) di kelas Kontrol. 3) Perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match dan metode tanya jawab dengan hasil belajar siswa yang menggunakan metode konvensional pada pengukuran akhir (posttest). Metode penelitian yang digunakan yaitu metode eksperimen tipe Quasi Eksperimen. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa model pembelajaran Make a Match berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa.  Kata kunci : Model pembelajaran Make a Match, hasil belajar

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aliputri, Dhestha Hazilla. Penerapan Model Pembelajaran KooperatifTipe Make A MatchBerbantuan Kartu Bergambar UntukMeningkatkan Hasil Belajar Siswa. Vol.2 No. 1A.

Al-tabany, Trianto ibnu badar. 2014. Mendesain model pembelajaran inovatif, progresrif, dan kontekstual. Jakarta:Prenadamedia group.

Aryansyah, F. (2021). Pelaksanaan Question Student Have Method dalam Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA. J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan), 2 (1), 91-98.

Asyafah, Abas. Menimbang Model Pembelajaran (Kajian Teoretis-Kritis atas Model Pembelajaran dalam Pendidikan Islam).

Christalisana, Chandra. 2018. Pengaruh Pengalaman Dan Karakter Sumber Daya Manusia Konsultan Manajemen Konstruksi Terhadap Kualitas Pekerjaan Pada Proyek Di Kabupaten Pandeglang. Volume 7 no 1 : 91.

Febriana, ayu. 2011. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Ips Siswa Kelas V Sdn Kalibanteng Kidul 01 Kota Semarang. Volume 1 No 2 : 153-154.

Rusman. 2016. Model-model Pembelajaran mengembangkan profesinalisme guru. Jakarta: PT. Rajagrafindo persada.

_______. 2017. Belajar dan pembelajaran. Jakarta:Kencana.

Suprijono, agus. 2017. Cooperative Learning. Yogyakarta:Pustaka belajar

Sudaryono. 2016.Metode Penelitian Pendidikan.PT Kharisma Putra Utama

Sugiyono. 2016. Metode penelitian Pendidikan. Bandung:alfabeta.

_______. 2013. Metode penelitian kuantitatif kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Tim pengembang MKPD. 2015. Kurikulum dan pembelajaran. Jakarta:Rajawali Pers.

Pratiwi, Rina Hidayati. Metode Pembelajaran “Make A Match” Dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar IPA.

Sitohang, Justi. Penerapan metode tanya jawab untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa sekolah dasar.

Sukriyatun, Gunarti. Penerapan metode tanya jawab untuk meningkatkan pemahaman peserta didik pada mata pelajaran ips (sejarah) di kelas 9.1 tentang perang dunia ii, di smpn 16 kota bogor tahun pelajaran 2012 / 2013. Vol 12 no 1.

Suprapta, Dewa Nyoman. Penggunaan Model Pembelajaran Make a Match Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris Siswa. Volume 4, Number 3.

Tari, H. D ., Suwirta, U & Dedeh. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams

Games Tournament (TGT) terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Ekonomi di MAN 2 Kota Tasikmalaya. J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan) , 1 (2), 19-26.

Widodo, Lusi Widayanti. Peningkatan Aktivitas Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Dengan Metode Problem Based Learning Pada Siswa Kelas Viia Mts Negeri Donomulyo Kulon Progo Tahun Pelajaran 2012/2013.

Yeti, helda dan mulya, neni. .Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Mengembangan Motivasi Belajar Anak Usia Dini Usia 7-8 Tahun Di SD Negeri 1 Way Dadi Sukarame Bandar Lampung.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v3i1.6194

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.