MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PAIKEM TIPE DIRECT INSTRUCTION

Eva Nuryanti, Tati Heryati, Ilah Ilah

Sari


 Rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik merupakan permasalahan yang dihadapi dunia pendidikan (sekolah)  karena faktor ini merupakan salah satu hal yang mengakibatkan rendahnya hasil belajar,atas dasar itulah yang melatar belakangi penelitian ini ,  salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dalam rangka meningkatkan hasil belajar yaitu dengan memilih model pembelajaran dengan tipe pembelajaran yang tepat. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui 1) peningkatan hasil belajar dengan menerapkan model pembelajaran PAIKEM tipe Direct 2) peningkatan hasil belajar dengan menerapkan metode konvensional 3) peningkatan hasil belajar yang menerapkan model PAIKEM tipe Direct Intruction dengan metode konvensional. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen (quasi eksperimental ) dengan desain nonequivalentt  qontrol group desain dengan analisis data uji t. Penelitian ini menyimpulkan hasil belajar yang menerapkan  model pembelaajran PAIKEM Tipe Direct Instruction lebih tinggi dibanding dengan metode konvensioanl.Kata kunci:  Direct Instruction, Kemampuan Berpikir Kritik

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Afifah, A. N., Ilmiyati, N & Toto. (2020). Pengaruh Model Project Based Learning (PBL) dengan Pendekatan STEM Terhadap Penguasaan Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan), 1 (2), 33-40.

Aryansyah, F. (2021). Pelaksanaan Question Student Have Method Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA. J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan), 2 (1), 91-98.

Khilda, N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Aktif Inovatif Kreatif Menyenangkan (PAIKEM)

terhadap Kemampuan Berpikir Statistic Siswa”. Jurnal Of Mathematical Science And Mathematics Education, 1 (1).

Kurniastuti, D. (2018). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Prestasi Belajar Sisiwa Melalui

Penggunaan Model Pembelajaran Problem Solving Dilengkapi Dengan Smart Card Pada Materi Kelautan Dan Hasil Kali Kelautan. Jurnal Pendidikan Kimia, 1 (7).

Sidik, I & Winata, H. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerpan Model Pembelajaran Direct Instructio”. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1 (1).

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Trianto. (2011). Mendesain Modal Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Media Group.

Watanabe, M., McLaughlin, T. F., Weber, K. P., & Shank, L. (2013). The Effects of Using Direct Instruction to Teach Coin Counting and Giving. International Journal of Basic and Applied Science Vol. 02 No. 01 , 150-159.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v2i3.6280

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.