PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS GOOGLE CLASSROOM PADA MATA PELAJARAN EKONOMI

Annisa Kemaladewi, Samiri Samiri, Tati Heryati

Sari


Penggunaan media pembelajaran yang kurang tepat merupakan salah satu faktor rendahnya hasil belajar peserta didik, rendahnya hasil belajar merupakan salah satu masalah dalam kegiatan belajar mengajar. Di lapangan sering dijumpai guru yang dapat menguasai materi belajar dengan baik tetapi tidak dapat melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan baik. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui: 1) Perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan e-learning berbasis google classroom pada pengukuran awal (pretes) dan pengukuran akhir (posttest) di kelas Eksperimen, 2 Perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan media pembelajaran konvensional pada pengukuran awal (pretes) dan pengukuran akhir (posttest) di kelas kontrol. Dan 3) Perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan e-learning berbasis google classroom dengan peserta didik yang menggunakan media pembelajaran konvensional pada pengukuran akhir (posttest). Metode Penelitian yang digunakan adalah quasi eksperiment design tipe nonequival control group design. Penelitian dilakukan dengan objek penelitian yang terdiri dari 2 kelas. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah uji F dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, terdapat Perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan e-learning berbasis google classroom pada pengukuran awal (pretes) dan pengukuran akhir (posttest) di kelas Eksperimen. Kedua, terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan media pembelajaran konvensional pada pengukuran awal (pretes) dan pengukuran akhir (posttest) di kelas kontrol. Dan ketiga, terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan e-learning berbasis google classroom dengan peserta didik yang menggunakan media pembelajaran konvensional pada pengukuran akhir (posttest).

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ahna, Manunal. 2017. Hubungan Media Pembelajaran Dan Sumber Belajar Terhadap Hasil Belajar

IPS Siswa Kelas V SD Gugus Gajahmada Kota Semarang. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru

Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang.

Ernawati. 2018. Pengaruh penggunaan aplikasi google classroom terhadap kualitas pembelajaran

dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi kelas XI di MAN 1 Kota

Tangerang Selatan Kurniawan, Deni. 2014. Pembelajaran Terpadu Tematik Teori Praktik dan

Penilaian. Bandung : Alfabeta.

Fendy, Pipit Yusuf. 2017. Pengembangan E-Learning Berbasis Moodle untuk Peserta Kursus Di

Swift English School Yogyakarta. Skripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri

Yogyakarta

Hapnita, Widia. Rijal Abdullah, Yuwalitas Gusmareta dan Fahmi Rizal. 2018. Faktor Internal Dan

Eksternal yang Dominan Mempengaruhi Hasil Belajar Menggambar dengan Perangkat Lunak

Siswa Kelas XI Teknik Gambar Bangunan SMK N 1 Padang Tahun 2016/2017. Jurnal Program

Studi Pendidikan Teknik Bangunan, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang. Vol 05 No 01

Marasmita, Dewi. 2019. Pengembangan media pembelajaran e-learning berbasis google classroom

untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi kelas X di

SMA Negeri 1 Nogosari.

Mulyani, Wiwi. 2013. Pengaruh pembelajaran berbasis e-learning terhadap hasil belajar peserta

didik pada konsep impuls dan momentum.

Rusman. 2014. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru edisi kedua.

Jakarta: PT. Raja Grafindo Pressindo.

Saleh, Nuraini dkk. 2012. Penerapan Pembelajaran Picture and Picture Untuk meningkatkan Hasil

Belajar IPA Kelas IV SDN 27 Pontianak. Jurnal Pendidikan SD. Slameto. 2010. Belajar dan

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R & D. Bandung:

Alfabeta.

Susanto, Joko. 2012. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Lesson Study dengan

Kooperatif Tipe Numbered Head Together Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA

di SD. Jurnal Pendidikan Primer. (Volume 02).

Varera, Linna. 2018. Pengaruh Faktor Internal dan Eksternal Siswa terhadap Prestasi Belajar pada

Mata Pelajaran Pengetahuan Bahan Tekstil Kelas X Busana SMK Islam Moyudan. Skripsi.Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v3i2.6358

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.