PERBEDAAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TS-TS) DENGAN TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI)

Anita Verly Setiyoningrum, Firman Aryansyah, Ilah Ilah

Sari


ABSTRAKRendahnya hasil belajar merupakan masalah dalam penelitian ini, karena hasil belajar merupakan salah satu tolak ukur keberhasilan proses pembelajaran, maka pendidik dituntut untuk segera mencari berbagai upaya untuk mencapai keberhasilan, rendahnya hasil belajar dilatarbelakangi oleh berbagai faktor diantaranya pemilihan model pembelajaran dengan tipe yang tepat digunakan oleh pendidik, adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui 1) Perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest) di kelas eksperimen. 2) Perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest) di kelas kontrol. 3) Perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TS-TS) dengan yang menggunakan tipe Team Assisted Individualization (TAI) pada pengukuran akhir (posttest). Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan menggunakan rumus N-Gain dan uji t-test.Populasi dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas X IPS MAN 2 Cilacap dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu Non Probability Samplingberupa Sampling Porpusive.Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TS-TS) pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest) 2) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) pada pengukuran awal (pretest) dan penilaian akhir (posttest) 3) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TS-TS) dengan yang menggunakan tipe Team Assisted Individualization (TAI) pada pengukuran akhir (posttest). Kata Kunci : Two Stay Two Stray (TS-TS), Team Assisted Individualization (TAI), Hasil Belajar

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aryansyah, F. (2021). Pelaksanaan Question Student Have Method dalam Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA. J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan), 2 (1), 91-98.

Desiana, L., Patonah, R., & Ilah. (2021). Pengaruh Metode Circuit Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA, J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan), 2 (3), 69-76

Gunawan, Lalu Ardian, Sukib, & Aliefman Hakim. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Berbantuan Study Card Terhadap Hasil Belajar Kimia. Chemistry Education Practice Vol. 2, No. 2 (Online). Tersedia: https://www.researchgate.net (November 2019)

Huda, Miftahul. 2016. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Indraswari, Nur Fitriyah, Maulidatul Hikmah, & Fitriana Minggani. 2020. Perbandingan Model Pembelajaran Time Assisted Individualization Dengan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray terhadap Hasil Belajar Matematika. Musamus Journal of Mathematics Education Vol. 2, No. 2 (Online). Tersedia: http://www.ejournal.unmus.ac.id/index.php/mathematics/article/view/2648 (April 2020).

Krisma, Apria Haja, Dewi Handayani, & Nurhamidah. 2021. Perbandingan Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dan Group Investigation (GI) Terhadap Hasil Belajar Kimia. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kimia Vol. 5, No. 1 (Online). Tersedia: https://ejournal.unib.ac.id/index.php/alotropjurnal/article/view/16482 (Januari 2021).

Kusuma, Fitriana Anggar, Budiyono, & Sri Subanti. 2014. Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Pada Materi Persamaan Dan Pertidaksamaan Linier Satu Variabel Ditinjau Dari Karakteristik Cara Berpikir Siswa Kelas VII SMP Negeri di Kabupaten Pacitan. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika Vol. 2, No.4 (Online). Tersedia: http://jurnal.fkip.uns.ac.id (Juni 2014)

Latumahina, Fritz Gerald, Wilmintji Mataheru, & Novalina C Huwaa. 2020. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X IPS SMA Xaverius Ambon Dengan Menggunakan Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Pada Materi Pelajaran Trigonometri. Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 1 (Online). Tersedia: https://ojs3.ejournal.unpatti.ac.id/index.php/mathedu/article/view/1607 (Januari 2020).

Maulana, Monif, & Nur Arina Hidayat. 2017. Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TS-TS) Dan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Hasil Belajar Matematika. Seminar Nasional Pendidikan, Sains dan Teknologi. (Online). Tersedia: https://jurnal.unimus.ac.id (November 2017)

Napitupuluh, Elfrida, Rina Elvia, & Salastri Rohiat. 2021. Perbandingan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) dan Think Pair Share (TPS) Terhadap Minat dan Hasil Belajar Kimia Siswa. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kimia Vol. 5, No 1 (Online). Tersedia: https://ejournal.unib.ac.id/index.php/alotropjurnal/article/view/16478

(Januari 2021).

Nernia, La Ode Nursalam . 2017. Perbedaan Hasil Belajar Siswa Yang di Ajar Dengan Model Pembelajaran Cooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Dan di Ajar Dengan Tipe Teams Games Tournament (TGT) Pada Siswa Kelas X Di SMA Negeri 1 Wolowa. Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi Vol. 1, No. 2 (Online). Tersedia: http://ojs.uho.ac.id/index.php/ppg/article/view/2421 ( Agustus 2017).

Ningrum, Arlida Setiya, Nur Lestari, & Kusmiyati. 2018. Perbedaan Hasil Belajar IPA Biologi Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization Dengan Tipe Mind Mapping Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 19 Mataram. Jurnal Pijar MIPA Vol. 13, No. 1 (Online). Tersedia: https://jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/JPM/article/view/467

(November 2018).

Rusman. 2017. Belajar & Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana

Selvianti, M. Sidin Ali, & Helmi. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XII A SMAN Lilirilau. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika Vol 11, No. 1 (Online). Tersedia: http://ojs.uho.ic.id (April 2015)

Triana, Nila, Muhammad Ilyas, & Fahrul Basir. 2019. Komparasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII. Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika Vol. 2, No. 2 (Online). Tersedia: https://journal.uncp.ac.id (Juli 2019)

Widyastuti, Paramita Indah, & Theresia Sri Rahayu. 2021. Meta-Analisis Efektifitas Penggunaan Model Pembelajaran Tipe TPS dan TSTS Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Matematika. Jurnal Mimbar Ilmu Vol. 26, No. 1 (Online). Tersedia: https://ejournal.undiksha.ac.id (Februari 2021)




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v3i1.6406

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.