PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN APLIKASI EDMODO TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Elis Marwah Fiqriah, Warsono Warsono, Toto Toto

Sari


Elis, MF. (2021).”Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Aplikasi Edmodo Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis  Siswa Pada Sub Materi Pencemaran Lingkungan di MA Al-Rahman Tasikmalaya”. Penyusunan skripsi ini di bawah bimbingan H. Warsono, Drs., MS. sebagai Pembimbing I dan Dr. H. Toto, M.Pd., sebagi Pembimbing II.Rendahnya keterampilan berpikir siswa disebabkan karena pembelajaran biologi selama ini masih menggunakan metode yang berpusat pada guru seperti ceramah. Siswa kurang dilibatkan dalam pembelajaran untuk mengembangkan sendiri pengetahuannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Problem Based Learning berbantuan aplikasi edmodo terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada sub materi pencemaran lingkungan. Penelitian ini dilaksanakan di MA Al-Rahman Tasikmalaya tahun ajaran 2020/2021 dengan menggunakan Quasi Eksperimen dan desain one group pretest-postest design. Populasi seluruh siswa kelas X hanya ada 1 kelas yang digunakan sebagai sampel dengan teknik sampling jenuh yang terdiri dari 29 siswa. Dari data yang didapat diolah secara statistik menggunakan uji z. Dari uji z tersebut diperoleh Zhitung sebesar 3,25 sedangkan Ztabel sebesar 2,33, dengan demikian Zhitung > Ztabel berarti terdapat pengaruh Model Problem Based Learning terhadap keterampilan berpikir kritis siswa, dengan tingkat pengaruh berkategori tinggi. Kata kunci: Problem Based Learning, edmodo, keterampilan berpikir kritis

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aulia, L. N., Susilo, S., & Subali, B. (2019). Upaya peningkatan kemandirian belajar siswa dengan model problem-based learning berbantuan media Edmodo. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 5(1), 69–78. https://doi.org/10.21831/jipi.v5i1.18707

Fernanda, D. A. E., & Sudarwanto, T. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Online Berbasis Edmodo Terhadap Hasil Belajar Siswa, Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) 9(2), 1195–1201.

Indrawan, I. putu E., & Anggraeni, N. luh P. Y. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Edmodo Terhadap Hasil Belajar Matematika. Widyadari. 20(1), 326–338.

Pusparini, S. T., Feronika, T., & Bahriah, E. S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Sistem Koloid. JRPK: Jurnal Riset Pendidikan Kimia, 8(1), 35–42. https://doi.org/10.21009/jrpk.081.04

Rusyana, A. (2014). Keterampilan Berpikir:Pedoman Praktis Para Peneliti Keterampilan Berpikir. Yogyakarta. Ombak.

Sudjana. (2013). Metode Statistika. Bandung. Tarsito

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung. Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung. Alfabeta.

Susetyo, B. (2014). Statistika Untuk Analisis Data Penelitian. Bandung. Refika Aditama.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v3i2.6459

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.