PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT)

Sri Sulastri, Utty Suwirta, Dedeh Dedeh

Sari


ABSTRACTThe purpose of this study was to determine: (1) Differences in student learning outcomes using the Teams Games Tournament (TGT) model in the pretest and posttest in the experimental class. (2) Differences in student learning outcomes using conventional learning methods in the initial measurement (pretest) and the final measurement (posttest) in the control class. (3) Differences in student learning outcomes using the Teams Games Tournament  and those using conventional learning methods in the experimental class and in the control class. The data analysis technique was carried out by testing the product moment correlation and then analyzing the correlation coefficient with the validity and normality test, followed by hypothesis testing using the t test formula and the N-Gain test. Based on the results of the study, it can be concluded that the implementation of the teams games tournament  in Financial Accounting subjects at SMK Al-Azhar Banjar is categorized as good. The application of teams games tournament  to student learning outcomes in Financial Accounting subjects at SMK Al-Azhar Banjar has a strong correlation and has a positive and significant influence on student learning outcomes in Financial Accounting subjects at SMK Al-Azhar Banjar. Keywords: Teams Games Tournament (TGT) Learning Model, Learning Outcomes. ABSTRAKTujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui : (1) Perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model Teams Games Tournament (TGT) pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest) di kelas eksperimen. (2) Perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran konvensional pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest) di kelas kontrol. (3)  Perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan Teams Games Tournament  dan yang menggunakan metode pembelajaran konvensional pada pengukuran akhir (posttest). Teknik analisis data dilakukan dengan uji korelasi product moment kemudian menganalisis koefisien korelasi dengan uji validitas dan normalitas, dilanjutkan dengan uji hipotesis dengan menggunakan rumus uji t dan uji N-Gain. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan teams games tournament  pada mata pelajaran Akuntansi Keuangan di SMK Al-Azhar Banjar berkategori baik. Penerapan teams games tournament  terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Akuntansi Keuangan di SMK Al-Azhar Banjar mempunyai korelasi kuat dan mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Akuntansi Keuangan di SMK Al-Azhar Banjar. Kata kunci : Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT), Hasil Belajar.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, Suharsimi. (2013) Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Djamarah, Bahri. (2014) Guru dan anak didik dalam interaksi Edukatif, Jakarta:Rineka Cipta.

Djamarah dan Zain. (2014) Strategi Belajar Mengajar. Jakarta:Rineka Cipta.

Kasmadi, Siti, Sunariah, Nia. 2016. Panduan Modern Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Letari dan Yudhanegara. (2017) Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung : PT. Refika Aditama

Maelani, G., Yanti, R. A. E & Sutendy, U. A. 2021. Pengaruh penerapan model pembelajaran project based learning (PBL) melalui penggunaan media unit kegiatan belajar mandiri (ukbm) terhadap hasil belajar siswa. J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan), 2 (2), 71-80.

Rusman. 2012. Seri Manajemen Sekolah Bermutu Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Sudjana, Nana. 2016. Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanna. 2017. Penerapan Teams Games Tournament (TGT) Melalui Media Kartu Domino Pada Materi Minyak Bumi Siswa Kelas XI MAN 4 Aceh Besar. Lantanida Journal, Vol. 5 No. 2: 93 – 196.

Tari, Hernata Diana. 2020. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ekonomi di MAN 2 Kota Tasikmalaya. J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan), Vol. 1 No. 2.

___________ _. Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Jakarta: Diperbanyak oleh PT. Emas Angkasa Jaya.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v3i1.6517

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.