HUBUNGAN DISPOSISI MATEMATIS TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP PADA POKOK BAHASAN SPLDV

Lena Rahmawati, Adang Effendi, Asep Amam

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa kuat hubungan disposisi matematis terhadap indikator kemampuan komunikasi matematis siswa SMP pada pokok bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Penelitian ini menggunakan metode survei dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A-VIII D SMP Negeri 3 Banjar Tahun Pelajaran 2020/2021. Teknik sampling  penelitian ini adalah Probability Sampling dengan menggunakan Cluster Random Sampling, sehingga terpilih sampel sebanyak 55 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan mengisi angket disposisi matematis sebanyak 24 butir pernyataan dan melakukan tes kemampuan komunikasi matematis berupa 3 butir soal uraian pada pokok pembahasan SPLDV. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji linearitas dan uji korelasi. Hasil dari penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara disposisi matematis terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Diperoleh nilai korelasi sebesar 0,863 yang artinya memiliki hubungan yang kuat dan menunjukkan arah hubungan yang positif.Kata Kunci: Disposisi matematis, kemampuan komunikasi matematis, SPLDV

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Diningrum, P. R., Azhar, E., & Faradillah, A. (2018). Hubungan Disposisi Matematis Terhadap Kemampuan. Pendidikan Matematika, 01, 352–364.

Hamidah, M. T., & Prabawati, M. N. (2019). Analisis Disposisi Matematika Peserta Didik dalam Pembelajaran Matematika Pada Materi Statistika Di MTSN 11 Tasikmalaya. Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Siliwangi, 373–380.

Hanipa, A., & Sari, V. T. A. (2017). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Pada Siswa Kelas VIII MTs dI Kabupaten Bandung Barat. Jurnal On Education, 01(02), 15–22.

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika: Panduan Praktis Menyusun Skripsi, Tesis, dan Laporan Penelitian dengan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi Disertai dengan Model Pembelajaran dan Kemampuan Matematis (Anna (ed.)). PT Refika Aditama.

NCTM. (2000). Principles and Standards with The Learning Mathematics From Assesment Materials. NCTM. Inc.

Nurdika, S. A. (2019). Pengaruh Disposisi Matematis Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII SMP N 1 Paguyangan Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2018/2019. 1–62.

Nurrizbaeni, N., & Zanthy, L. S. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematik dan Disposisi Matematik Siswa Mts Nurul Hatta Kelas VII Pada Materi Himpunan. Journal On Education, 01(03), 29–36.

Rahmawati, N. S., Bernard, M., & Akbar, P. (2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa Smk Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV). Journal On Education, 1(2), 344–352.

Solihah, S., Amam, A., & Zakiah, N. E. (2021). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Serta Self Confidence Siswa Dengan Menggunakan Model Brain-Based Learning. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 6(1), 48. https://doi.org/10.25157/teorema.v6i1.4490

Syarifah, F. S. D., Nuraidah, S., Riajanto, M. L. E. J., & Maya, R. (2018). Analisis Pengaruh Disposisi Matematis terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(4), 547. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i4.p547-558

Wijayanto, A. D., Fajriah, S. N., & Anita, I. W. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Smp Pada Materi Segitiga Dan Segiempat. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 97–104. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.36




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v3i2.6704

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.