PERBEDAAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CIRC (COOPERATIVE READING AND COMPOSITION) DAN TPS (THINK PIRE SHARE) PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Studi Quasi Eksperimen Pada Kompetensi Dasar Mendeskripsikan Perkoperasian Dan Perekonomian Indonesia Di Sman 1 Cimaragas)
Sari
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Ekawati, R., Susetyarini, E., Pantiwati, Y., & Husamah, H. (2016). Peningkatan hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis dengan model pembelajaran cooperative integrated reading and composition (CIRC). JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 1(3)melalui(https://ejournal.umm.ac.id/index.php/jpbi/article/view/2662)
Halimah, A. (2014). Metode cooperative integrated reading and composition (circ) dalam pembelajaran membaca dan menulis di sd/mi. Auladuna, 1(1), 27-35.( jurnal METODE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (ANDI HALIMAH) 29) melalui (https://core.ac.uk/download/pdf/234746488.pdf)
Hamid Taniredja Efi Miftah Faridli, M.Pd. Drs. Sri Harmianto 2015.Model-Model Pembelajaran Inovatif dan Efektif. Bandung : ALFABETA, cv ,
Handayani, D. P., Herman, M., & Putra, R. A . (2021). Perbedaan Hasil Belajar Peserta Didik yang Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok (Group Investigation) Dengan Model Konvensional. J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan), 2 (3), 131-140
Herlianita, R., Aryansyah, F., & Arifin, N. R. (2021). Penggunaan Model Pembelajaran Quantum Learning dan Snowball Throwing Pada Mata Pelajaran Akuntansi di SMK. J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan), 2 (3), 185-196
Huda, Miftahul. 2015. Cooperative learning metode teknik struktur dan model terapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Muhammad Fahmi. (2018), Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Soal Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Bengkalis melalui (http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/IDJ/article/view/6460/3682)
Radia Savitra.(2013), Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS Terhadap Hasil Belajar Ekonomi melalui (https://media.neliti.com/media/publications/29776-ID-pengaruh-penerapan-model-pembelajaran-kooperatif-tipe-tps-terhadap-hasil-belajar.pdf
Rina Mariana Silaban,Hasruddin,Helmi Simarmata.(2017), Perbedaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Circ Dengan Tipe Tps Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Pada Materi Sistem Sirkulasi Sma Negeri 1 Siempatnempu Kabupaten Dairimelalui (https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/pelita/article/view/10502/9412)
Shoimin, Aris. 2018. 68 model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 13. Yogyakarta: Ar-Ruzz
Sugiyono. 2016 Metode Penelitian Pendidika (Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D), Bandung ; ALFABETA.
Wasyilah (2018), Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (Tps) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Gerak Lurus Di Kelas X Sma Negeri 1 Peukan Bada Aceh Besar melalui (https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3149/1/WASYILAH)
DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v3i1.6774
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.