PERBEDAAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CIRC (COOPERATIVE READING AND COMPOSITION) DAN TPS (THINK PIRE SHARE) PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Studi Quasi Eksperimen Pada Kompetensi Dasar Mendeskripsikan Perkoperasian Dan Perekonomian Indonesia Di Sman 1 Cimaragas)

Mila Wulandari, Utti Suwirta, Dedeh Dedeh

Sari


Salah satu penyebab rendahnya hasil belajar peserta didik adalah kurang tepatnya penerapan model pembelajaran dengan materi yang diajarkan. Oleh karena itu, dibutuhkan alternatif untuk mengembangkan pembelajaran agar hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan  Model Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition) pada pengukuran awal (pre test) dan pengukuran akhir (post test); 2) Perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran TPS (Think Pire Share) pada pengukuran awal (pre test) dan pengukuran akhir (post test); 3) Perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition)  Dan TPS (Think Pire Share) pada pengukuran akhir (post test) pada mata pelajaran ekonomi kelas X IPS SMA Negeri 1 Cimaragas. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen jenis Quasi Eksperiment dengan menggunakan teknik sampel jenuh di kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan rumus N-Gain untuk mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian dapat disimpulkan: Pertama, terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition)  Kedua, terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran TPS (Think Pire Share). Ketiga, terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang positif dan signifikan menggunakan Model  Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition) dan TPS (Think Pire Share) pada pengukuran akhir (post test)

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ekawati, R., Susetyarini, E., Pantiwati, Y., & Husamah, H. (2016). Peningkatan hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis dengan model pembelajaran cooperative integrated reading and composition (CIRC). JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 1(3)melalui(https://ejournal.umm.ac.id/index.php/jpbi/article/view/2662)

Halimah, A. (2014). Metode cooperative integrated reading and composition (circ) dalam pembelajaran membaca dan menulis di sd/mi. Auladuna, 1(1), 27-35.( jurnal METODE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (ANDI HALIMAH) 29) melalui (https://core.ac.uk/download/pdf/234746488.pdf)

Hamid Taniredja Efi Miftah Faridli, M.Pd. Drs. Sri Harmianto 2015.Model-Model Pembelajaran Inovatif dan Efektif. Bandung : ALFABETA, cv ,

Handayani, D. P., Herman, M., & Putra, R. A . (2021). Perbedaan Hasil Belajar Peserta Didik yang Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok (Group Investigation) Dengan Model Konvensional. J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan), 2 (3), 131-140

Herlianita, R., Aryansyah, F., & Arifin, N. R. (2021). Penggunaan Model Pembelajaran Quantum Learning dan Snowball Throwing Pada Mata Pelajaran Akuntansi di SMK. J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan), 2 (3), 185-196

Huda, Miftahul. 2015. Cooperative learning metode teknik struktur dan model terapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Muhammad Fahmi. (2018), Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Soal Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Bengkalis melalui (http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/IDJ/article/view/6460/3682)

Radia Savitra.(2013), Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS Terhadap Hasil Belajar Ekonomi melalui (https://media.neliti.com/media/publications/29776-ID-pengaruh-penerapan-model-pembelajaran-kooperatif-tipe-tps-terhadap-hasil-belajar.pdf

Rina Mariana Silaban,Hasruddin,Helmi Simarmata.(2017), Perbedaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Circ Dengan Tipe Tps Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Pada Materi Sistem Sirkulasi Sma Negeri 1 Siempatnempu Kabupaten Dairimelalui (https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/pelita/article/view/10502/9412)

Shoimin, Aris. 2018. 68 model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 13. Yogyakarta: Ar-Ruzz

Sugiyono. 2016 Metode Penelitian Pendidika (Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D), Bandung ; ALFABETA.

Wasyilah (2018), Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (Tps) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Gerak Lurus Di Kelas X Sma Negeri 1 Peukan Bada Aceh Besar melalui (https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3149/1/WASYILAH)




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v3i1.6774

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.