PEMBELAJARAN SEJARAH BERBASIS NILAI-NILAI KEARIFAN LOKAL PAKENA GAWE RAHAYU PAKEUN HEUBEUL JAYA DINA BUANA PADA PRASASTI KAWALI I DI KELAS X IPS 1 SMAN 1 KAWALI

Enok Yuniar, Sri Pajriah, Aan Suryana

Sari


Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai kearifan lokal pakena gawe rahayu pakeun heubeul jaya dina buana serta implementasinya pada pembelajaran sejarah. Metode yang digunakan ialah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara studi literatur, studi lapangan, dan observasi, wawancara dengan informan, serta studi dokumentasi. Untuk mencari validitas data dilakukan triangulasi data. Analisis data yang digunakan antara lain reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan nilai-nilai kearifan yang terkandung dalam pakena gawe rahayu pakeun heubeul jaya dina buana ialah nilai kepemimpinan, nilai sejarah, nilai cinta tanah air, nilai sosial dan nilai kerja keras. Implementasi nilai-nilai kearifan lokal pakena gawe rahayu pakeun heubeul jaya dina buana dalam pembelajaran sejarah dilakukan sebanyak tiga kali pertemuan dengan mengintegrasikan materi pelajaran sejarah melalui lingkungan sekitar untuk menggali nilai-nilai kebijaksanaan demi menguatkan karakter positif peserta didik. Dari hasil pembelajaran sejarah berbasis kearifan lokal ini, dapat memberikan dampak positif bagi peserta didik agar memiliki semangat dan motivasi agar selalu berbuat baik dan melaksanakan perannya sebagai manusia untuk hidup dan bergaul sesuai aturan dan norma yang berlaku.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Afiqoh, N., Atmaja, H. T., & Saraswati, U. (2018). Penanaman Nilai Kearifan Lokal dalam Pembelajaran Sejarah Pokok Bahasan Perkembangan Islam di Indonesia Pada Siswa Kelas X IPS di SMA Negeri 1 Pamotan Tahun Ajaran 2017/2018. Indonesian Journal of History Education. 6(1), 42–53.

Alfian, M. (2011). Pendidikan Sejarah dan Permasalahan yang Dihadapi. Khazanah Pendidikan. III(2).

Astuti, W. (2016). Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Sejarah Pada Sekolah Menengah Atas (SMA) di Wilayah Pedesaan dan Perkotaan di Kabupaten Cilacap. Skripsi. Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang.

Azan, R. R. (2013). Upaya Penguatan Karakter Melalui Internalisasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal Pada Pembelajaran Sejarah Di Sma Negeri 1 Kendal Tahun Ajar 2012/2013. Skripsi. Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang.

Badeni. (2013). Kepemimpinan dan Prilaku Organisasi. Bandung: Alfabeta.

Berkah, H., Barata, Y. B., & Budiman, A. (2022). Nilai-Nilai Kearifan Lokal Tradisi Merlawu Bagi masyarakat Desa Kertabumi Kabupaten Ciamis. J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan), 3(1), 123-130.

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Ciamis. (2016). Situs Astana Gede Kawali Kabupaten Ciamis. Ciamis.

Hasanah, A., Gustini, N., & Rohaniawati, D. (2016). Nilai-Nilai Karakter Sunda (Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Sunda di Sekolah). Yogyakarta: Deepublish.

Lubis, N.H., Saringendianty, E., Darsa U., Falah, M., & Budimansyah. (2013). Sejarah Kerajaan Sunda. Bandung: Yayasan Masyarakat Sejarawan Indonesia Cabang Jawa Barat Bekerjasama dengan MGMP IPS SMP Kab. Purwakarta.

Lubis, N.H. et al. (2020). Galuh Dari Masa Ke Masa. Ciamis: Pemerintah Kabupaten Ciamis.

Novandri, B. (2013). Pengaruh Pemanfaatan Sumber Sejarah Lokal Daerah Sekitar Kota Tegal Terhadap Kesadaran Sejarah Siswa SMA Negeri Se-Kota Tegal. Skripsi. Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang.

Pajriah, S. (2013). Pengaruh Model Dual Coding Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah (Studi Penelitian Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas XI di SMAN 1 Ciamis). Tesis. Universitas Pendidikan Indonesia | repository.upi.edu | perpustakaan.upi.edu. 1–12.

Pajriah, S., & Suryana, A. (2021). Nilai-Nilai Karakter Berbasis Kearifan Lokal Pada Prasasti Kawali Dalam Pembelajaran Sejarah. Artikel (Proses terbit dalam Jurnal Paramita).

Putri, R. A., Pajriah, S., & Kusmayadi, Y. (2021). Kesenian Gembyung Sebagai Media Dalam Pembelajaran Sejarah Di SMA Negeri 1 Lumbung Kelas X Ips 1 Tahun Ajaran 2018-2019. J-KIP. 2(1), 45–52.

Rahman, L, F. (2015). Pemanfaatan Situs Astana Gede Sebagai Sumber Belajar Sejarah Siswa SMA Negeri 1 Kawali Kabupaten Ciamis Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi. Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang.

Saleh, F., Soejadi., & Lasiyo. (2013). Makna "Silas" Menurut Kearifan Budaya Sunda Perspektif Filsafat Nilai: Relevansinya Bagi Pemberdayaan Mayarakat Miskin. Sosiohumaniora. 15(2), 158-166.

Sudarto. (2021). Peningkatan Apresiasi Siswa Terhadap Nilai-Nilai Kearifan Lokal Dalam Pembelajaran Sejarah Dengan Media Tradisi Sedekah Laut Cilacap. Jurnal Artefak. 8(2), 203-212.

Suryana, A., & Ratih, D. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Situs Astana Gede Kawali Untuk Meningkatkan Ketahanan Budaya Lokal Siswa. Agastya. 11(1), 57–67.

Umamah, N., Sumardi., & Erni, S. W. (2017). Pengembangan Cerita Sejarah Gayatri Sri Rajapatni Perempuan Pembangun Imperium Majapahit Pada Mata Pelajaran Sejarah SMA. Jurnal Pendidikan dan Humaniora. 55(1), 63-68.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Widiastuti, E. H. (2018). Kearifan Lokal Dalam Pembelajaran Sejarah. Pawiyatan. 25(2), 107–113.

Yulianti, D., Soedarmo, U.R., & Sondarika W. (2022). Nilai-Nilai Kearifan Lokal Kesenian Kiliningan Di Desa Hegarmanah Kecamatan Cidolog Kabupaten Ciamis (2015-2020). J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan), 3 (1), 111-122.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v3i2.7660

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.