PEMBELAJARAN SEJARAH BERBASIS NILAI-NILAI KEARIFAN LOKAL PAKENA GAWE RAHAYU PAKEUN HEUBEUL JAYA DINA BUANA PADA PRASASTI KAWALI I DI KELAS X IPS 1 SMAN 1 KAWALI
Sari
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Afiqoh, N., Atmaja, H. T., & Saraswati, U. (2018). Penanaman Nilai Kearifan Lokal dalam Pembelajaran Sejarah Pokok Bahasan Perkembangan Islam di Indonesia Pada Siswa Kelas X IPS di SMA Negeri 1 Pamotan Tahun Ajaran 2017/2018. Indonesian Journal of History Education. 6(1), 42–53.
Alfian, M. (2011). Pendidikan Sejarah dan Permasalahan yang Dihadapi. Khazanah Pendidikan. III(2).
Astuti, W. (2016). Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Sejarah Pada Sekolah Menengah Atas (SMA) di Wilayah Pedesaan dan Perkotaan di Kabupaten Cilacap. Skripsi. Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang.
Azan, R. R. (2013). Upaya Penguatan Karakter Melalui Internalisasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal Pada Pembelajaran Sejarah Di Sma Negeri 1 Kendal Tahun Ajar 2012/2013. Skripsi. Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang.
Badeni. (2013). Kepemimpinan dan Prilaku Organisasi. Bandung: Alfabeta.
Berkah, H., Barata, Y. B., & Budiman, A. (2022). Nilai-Nilai Kearifan Lokal Tradisi Merlawu Bagi masyarakat Desa Kertabumi Kabupaten Ciamis. J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan), 3(1), 123-130.
Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Ciamis. (2016). Situs Astana Gede Kawali Kabupaten Ciamis. Ciamis.
Hasanah, A., Gustini, N., & Rohaniawati, D. (2016). Nilai-Nilai Karakter Sunda (Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Sunda di Sekolah). Yogyakarta: Deepublish.
Lubis, N.H., Saringendianty, E., Darsa U., Falah, M., & Budimansyah. (2013). Sejarah Kerajaan Sunda. Bandung: Yayasan Masyarakat Sejarawan Indonesia Cabang Jawa Barat Bekerjasama dengan MGMP IPS SMP Kab. Purwakarta.
Lubis, N.H. et al. (2020). Galuh Dari Masa Ke Masa. Ciamis: Pemerintah Kabupaten Ciamis.
Novandri, B. (2013). Pengaruh Pemanfaatan Sumber Sejarah Lokal Daerah Sekitar Kota Tegal Terhadap Kesadaran Sejarah Siswa SMA Negeri Se-Kota Tegal. Skripsi. Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang.
Pajriah, S. (2013). Pengaruh Model Dual Coding Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah (Studi Penelitian Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas XI di SMAN 1 Ciamis). Tesis. Universitas Pendidikan Indonesia | repository.upi.edu | perpustakaan.upi.edu. 1–12.
Pajriah, S., & Suryana, A. (2021). Nilai-Nilai Karakter Berbasis Kearifan Lokal Pada Prasasti Kawali Dalam Pembelajaran Sejarah. Artikel (Proses terbit dalam Jurnal Paramita).
Putri, R. A., Pajriah, S., & Kusmayadi, Y. (2021). Kesenian Gembyung Sebagai Media Dalam Pembelajaran Sejarah Di SMA Negeri 1 Lumbung Kelas X Ips 1 Tahun Ajaran 2018-2019. J-KIP. 2(1), 45–52.
Rahman, L, F. (2015). Pemanfaatan Situs Astana Gede Sebagai Sumber Belajar Sejarah Siswa SMA Negeri 1 Kawali Kabupaten Ciamis Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi. Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang.
Saleh, F., Soejadi., & Lasiyo. (2013). Makna "Silas" Menurut Kearifan Budaya Sunda Perspektif Filsafat Nilai: Relevansinya Bagi Pemberdayaan Mayarakat Miskin. Sosiohumaniora. 15(2), 158-166.
Sudarto. (2021). Peningkatan Apresiasi Siswa Terhadap Nilai-Nilai Kearifan Lokal Dalam Pembelajaran Sejarah Dengan Media Tradisi Sedekah Laut Cilacap. Jurnal Artefak. 8(2), 203-212.
Suryana, A., & Ratih, D. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Situs Astana Gede Kawali Untuk Meningkatkan Ketahanan Budaya Lokal Siswa. Agastya. 11(1), 57–67.
Umamah, N., Sumardi., & Erni, S. W. (2017). Pengembangan Cerita Sejarah Gayatri Sri Rajapatni Perempuan Pembangun Imperium Majapahit Pada Mata Pelajaran Sejarah SMA. Jurnal Pendidikan dan Humaniora. 55(1), 63-68.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Widiastuti, E. H. (2018). Kearifan Lokal Dalam Pembelajaran Sejarah. Pawiyatan. 25(2), 107–113.
Yulianti, D., Soedarmo, U.R., & Sondarika W. (2022). Nilai-Nilai Kearifan Lokal Kesenian Kiliningan Di Desa Hegarmanah Kecamatan Cidolog Kabupaten Ciamis (2015-2020). J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan), 3 (1), 111-122.
DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v3i2.7660
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.