PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBASIS BLENDED LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA

Ami Meilani, Toto Toto, Jeti Rachmawati

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri berbasis blended learning terhadap motivasi belajar siswa pada sub materi pencemaran lingkungan. Motivasi belajar adalah salah satu dari banyak faktor yang mempengaruhi dalam keberhasilan belajar. Sementara motivasi belajar dapat dipengaruhi oleh model pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran. Oleh sebab itu perlu memilih dan menerapkan model pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April-Mei 2022. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X IPA SMA Negeri 1 Baregbeg sebanyak 2 (dua) kelas. Sedangkan sampel yang digunakan sebanyak 1 (satu) kelas yaitu kelas X IPA 2 yang dipilih dari populasi dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pertimbangan pemilihan sampel tersebut berdasarkan informasi dari guru biologi bahwa kelas X IPA 2 memiliki motivasi belajar paling rendah dibandingkan dengan kelas X IPA 1. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre-Eksperimental dengan jenis penelitian One-Group Pretest-Posttest Design. Pengumpulan data menggunakan angket motivasi belajar. Data hasil penelitian dianalisis secara statistik meliputi perhitungan N-Gain dan Uji Z. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan penggunaan model inkuiri berbasis blended learning terhadap motivasi belajar siswa pada sub materi pencemaran lingkungan.Kata Kunci: Inkuiri, Blended learning,   Inkuiri berbasis Blended learning, Motivasi Belajar Siswa

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdullah, W. (2013). MODEL BLENDED LEARNING DALAM MENINGKATKAN EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN. FIKROTUNA. Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam, 7(1).

Budiyanto, A.K. (2016). SINTAKS 45 Metode Pembelajaran Dalam Student Centered Learning (SCL). Malang: UMM Press.

Damayanti, I., dan Mintohari. (2014). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA SEKOLAH DASAR. Jurnal PGSD, 2(3).

Emda, A. (2017). KEDUDUKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN. In Lantanida Journal (Vol. 5, Issue 2).

Ginanjar, A. (2015). PENGARUH METODE INKUIRI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP. Jurnal Kependidikan, 45(2).

Laka, B.M., Burdam, J., dan Kafiar, E. (2020). ROLE OF PARENTS IN IMPROVING GEOGRAPHY LEARNING MOTIVATION IN IMMANUEL AGUNG SAMOFA HIGH SCHOOL. Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(2).

Nasution, N., Jalinus, N. dan Syahril. (2019). Buku Model Blended Learning. Riau: Anugrah Jaya.

Nurdyansyah & Fahyuni, E.F. (2016). Inovasi Model Pembelajaran. Sidoarjo: Nizamia Learning Center. (n.d.).

Sandi, G. (2012). PENGARUH BLENDED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA DITINJAU DARI KEMANDIRIAN SISWA. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 45(3).

Sinuraya, J., Motlan. dan Tarigan, R. (2012). Inovasi Strategi Pembelajaran Berbasis Metode Inkuiri dan Blended Learning Prodi Pendidikan Fisika FMIPA UNIMED. Jurnal Online Pendidikan Fisika, 1(1).

Syarif, I. (2012). PENGARUH MODEL BLENDED LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMK THE INFLUENCE OF BLENDED LEARNING MODEL ON MOTIVATION AND ACHIEVEMENT OF VOCATIONAL SCHOOL STUDENT. Jurnal Pendidikan Vokasi .(Vol. 2, Issue 2).




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v3i3.8589

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.