PENGARUH PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBASIS TPACK (Technological, Pedagogical, Content, Knowledge) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI (HOTS) SISWA

Putri Elhani, Taupik Sopyan, Awang Kustiawan

Sari


Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) pada siswa yang masih rendah. Higher Order Thinking Skills (HOTS) merupakan bagian dari tuntutan kurikulum 2013. Model Discovery Learning berbasis TPACK merupakan salah satu model yang sesuai dengan penerapan kurikulum 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model discovery learning berbasis TPACK (Technological, Pedagogical, Content, Knowledge) terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri 1 Sariwangi pada sub materi sistem pernapasan manusia. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 2 yang berjumlah 30 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Desain penelitian menggunakan one group pretest posttest desain. Instrumen penelitian berupa soal tes kemampuan berpikir tingkat tinggi yang meliputi analisis, evaluasi dan mencipta dalam bentuk uraian/essay. Data hasil penelitian dianalisis secara statistik menggunakan uji N-Gain, uji normalitas dan uji hipotesis dengan menggunakan uji Z. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa dinilai tinggi dengan rata-rata 0,82, data berdistribusi normal dan hipotesis diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang sangat signifikan penerapan model discovery learning berbasis TPACK (Technological, Pedagogical, Content, Knowledge) terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) siswa pada sub materi system pernapasan manusia.Kata Kunci: Higher Order Thinking Skills (HOTS). Model Discovery Learning, TPACK.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arends, R. (2008). Learning to Teach (9th ed). Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Jana, P., & Fahmawati, A. A. N. (2020). "Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan

Pemecahan Masalah". AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika. 9(1): 213

Kurnianti, D. Nugroho, A.A dan Sugiyono, T. (2021). "Peningkatan Motivasi Belajar Tema 9 Melalui Model

Discovery Learning Berbasis TPACK Pada Peserta Didik Kelas IV Semester 2 SDNegeri

Pandean Lamper 02 Semarang". Jurnal Handayam. 12 (1).

Laela, R. L. (2016). Pengaruh Penerapan Metode Guided Discovery terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif

Matematis Siswa Kelas 5 SDN 2 Mojotengah Kecamatan Kedu Kabupaten Temanggung

Semester II Tahun Pelajaran

/2016.Respository.Uksw.Edu,3.https://repository.uksw.edu/handle/12345 6789/10927

Nofiana, M. & Agus P. (2020). Pengaruh Model Guided Discovery Learning Terhadap Higher Order

Thinking Skills Siswa kelas XI. Jurnal Bio Educatio. (5) 1: 01-10

Purwaningsih, W. P. (2016). Analisis Kemampuan Guru Dalam Menerapkan Pemanfaatan Teknologi

Informasi dan Komunikasi Dalam Pembelajaran Menggunakan Kerangka TPACK (Study Kasus

SMA Negeri 1 Tengaran). Skrpsi FTI. Universitas Kristen Satya Wacana.

Sani, R. A. (2019). Pembelajaran Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills). Tanggerang. Tirta Smart

Susanto, E., & Retnawati, H. (2016). Perangkat Pembelajaran Matematika Bercirikan PBL untuk

Mengembangkan HOTS Siswa SMA. Jurnal Riset Pendidikan Matematika. 3(2): 189.

Wibawa, R. P., & Agustina, D. R. (2019). "Peran Pendidikan Berbasis". Equilibrium. 7(2): 137-141.

Winoto, Y. C., & Prasetyo, T. (2020). "Efektivitas Model Problem Based Learning Dan Discovery Learning

Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar". Jurnal Basicedu. 4(2): 228–238




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v4i1.8643

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.