PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBASIS TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA

Elis Siti Sholihah, Adun Rusyana, Toto Toto

Sari


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh dari penerapan Model Discovery Learning berbasis TPACK terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa. Metode penelitian yang dilakukan adalah eksperimen dengan One group pretest posttest design. Sampel penelitian adalah siswa kelas X IPA 2 dengan teknik purposive sampling. Rerata skor pretest yaitu 42,82. Setelah dilakukan proses pembelajaran dengan menggunakan model Discovery Learning berbasis TPACK diperoleh rerata skor posttest 62,58. Kelas X IPA 2, dilihat dari hasil uji normalitas data dan data tersebut berdistribusi normal dengan hasil 11,3. Uji Hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji Z pada taraf 1% , hasil penelitian ditunjukan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Antika, Cicilia.R. (2019).”Tingkat Keterampilan berpikir kreatif Siswa dan Implikasinya Terhadap Program Pengembangan Keterampilan berpikir kreatif”. Psikologi Pendidikan

Arikunto. (2013). “Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan”. Jakarta: PT Bumi Aksara

.

Atmojo, Idam Ragil. W. (2015). “Pengaruh Penggunaan Metode Discovery Learning Berbasis Media Realita Terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Konsep Dasar Ipa 1”. Mimbar Sekolah dasar, Vol 2(2), 130-139.

Azhari. (2013). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Siswa Melalui Pendekatan Konstruktivisme Di Kelas VII Sekolag Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Banyuasin III. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 7, No.2.

Baran, Evrim. (2011). “Tpack: An Emerging Research And Development Tool For Teacher Educators”. The Turkish Online Journal of Educational Technology, October 2011, volume 10 Issue 4.

Iskandarwassid & Dadang Sunendar. (2011). “Strategi Belajar Bahasa”. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Kemendikbud. (2013). “Kerangka Dasar Kurikulum 2013”. Kementrian Pendidikan dan kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar. Jakarta.

Kemendikbud. (2013). “Model Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning)”. Jakarta : Kemendikbud.

Lestari dan Yudhanegara. (2015). “Penelitian Pendidikan Matematika”. Bandung: Refika Aditama.

Munandar, Utami. (2017). Mengembangkan Bakat dan Kreatiivitas Anak Sekolah. Jakarta: PT.Gramedia

Nasution, P. R., Surya, E. dan Syahputra, E. (2017). “Creative Thinking (Berpikir Kreatif) Dalam Pembelajaran Matematika”.

Nasution, W R. (2017). “Mastery Of Content Representation (CoRes) Related TPACK High School Biology Teacher. Jurnal of Physics.

Nordianti,P. Supriyadi, S. dan Loliyan, L. (2018). “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhaadap Hasil Belajar Matematika SIswa Kelas 4”. Jurnal Pedagogi.

Nordin, Hasniza dan Tengku Faekah Tengku Ariffin. (2016). “Validation Of A Technological Pedagogical Content Knowledge Instrument In A Malaysian Secondary School Context”. Malaysian Journal of Learning and Instruction: Vol. 13 (2016): 1-24.

Oyanagi, Wakio., dan Yasushi Satake. (2016). “Capacity Building in Technological Pedagogical Content Knowledge for Preservice Teacher”. International Journal for Educational Media and Technology 2016, Vol.10, No. 1, pp. 33-44.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Tafli, Tugba., dan Tahir Atici. (2016). “The Opinions Of Pre-Service Biology Teachers’About The Context Of Teachers’ Skills In Technological Pedagogical Content Knowledge”. European Journal of Education Studies.Volume 2.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v4i1.8668

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.